Penyakit-Penyakit yang Disebabkan Makanan & Minuman pada Anak Cetak E-mail
(1 vote)

Makanan dan Minuman Pemicu Penyakit Anak

Penyakit-Penyakit yang Disebabkan Makanan & Minuman pada AnakUngkapan, perut sumber berbagai penyakit, terkait erat dengan fungsi perut selaku penampung dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Oleh karena itu, kita dituntut untuk selalu seleksi dalam soal makanan dan minuman. Kalau tidak ingin terserang berbagai penyakit, jangan jadikan perut sekedar tempat penumpukan “sampah dan limbah” dari berbagai makanan dan minuman yang tidak mudah terserap tubuh, yang hanya akan menggangu sistem percernaan.

Tentu hal ini akan mudah dimengerti oleh orang dewasa, tapi tidak pada anak-anak. Mereka hanya tahu makanan itu sangat mereka sukai. Di sinilah kontrol orang tua berperan. Bukan melarang namun memberi kadar yang menyehatkan. Karena, bentuk cinta orang tua yang benar tentu dengan menjamin kesehatan sang buah hati, bukan memberi segala yang di inginkan mereka. Buku ini menyuguhkan banyak informasi penting tentang bahaya makanan yang mengancam kesehatan serta cara penanggulangan, penanganganan sampai pengobatannya.

Salah satu penyakit yang dipicu makanan anak adalah batuk. Batuk merupakan reaksi alami terhadap adanya zat yang menggangu ditenggorokan yang disebabkan infeksi. Sedang batuk pada balita bisa ditimbulkan oleh adanya infeksi saluran pernaasan dan alergi atau bisa juga disebabkan masuknya cairan atau benda asing ke paru-paru.

Karena, daya tubuh mereka masih lemah, balita memiliki resiko tinggi terserang batuk rejan Bila jenis batuk ini tidak segera ditangani dengan baik dikhawatirkan akan terjadi komplikasi dan menular. Tentang gejala penyakit batuk secara umum mudah dipahami, misalnya mengalami batuk trus-menerus, sesak nafas, demam bersin, nyeri otot, nafsu makan turun, dll.

Yang perlu diperhatikan, bahwa batuk tak lepas dari berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi anak. Terutama es krim dan makanan berminyak. Sebetulnya, menurut ilmu kedokteran, tidak ada hubungannya antara flu dan makan es krim. Sejauh kandungan es krim menyehatkan bagi anak, sah-sah saja untuk dikonsumsi. Namun, untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, orang tua harus mengontrol kadar es krim yang dikonsumsi mereka. Selain dua faktor penyebab di atas, batuk pada anak juga bisa dipicu oleh beberapa faktor lain, di antaranya alergi, infeksi, asma, kurang istirahat, atau karena hal lain seperti asap rokok.

Melihat penyebab-penyebab tersebut tindakan pencegahannya adalah dengan mengontrol makan, terutama pada es krim dan makanan berminyak serta memberi lingkungan sehat. Namun saat batuk sudah terlanjur, banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasinya. Di antaranya dengan memberi anak cairan yang cukup, menjemur anak pada matahari pagi, yakni sekitar jam 07.00, atau dengan memberi madu sebelum tidur, bisa  juga dengan memberi sup hangat. (hal. 24-34)

Selain batuk, muntaber juga merupakan satu penyakit yang dipicu oleh makanan. Anak yang menderita penyakit ini akan banyak kehilangan cairan tubuh. Sehingga, sebelum dibawa ke dokter, orang tua harus memberikan cairan yang cukup banyak pada anak. Penyebab utama penyakit yang juga dikenal sebagai flu perut ini tak lain adalah makanan dan minuman. Bakteri yang terdapat pada makanan atau minuman membuat perut anak menjadi terasa nyeri, perih, mual-mual, hingga muntah. Nyeri di perut biasanya timbul pada perut bagian bawah disertai kejang otot. Adapun makanan yang mudah terkontaminasi bakteri, antara lain daging setengah matang, kerang dan tram, ikan tuna, tomat, telur, es krim, dll.

Untuk masalah penanganan adalah dengan memberi cairan, yakni dengan member ASI pada bayi dan oralit pada anak. Takarannya adalah seperempat sampai setengah gelas setiap 30 menit sampai satu jam untuk anak berusia dua tahun dan setengan sampai satu gelas untuk anak di atas dua tahun. Berikan sedikit demi sedikit dan naikkanlah jumlahnyan setiap kali anak tidak muntah.

Selain cara di atas, muntaber juga bisa diatasi dengan berbagai ramun tradisional. Salah satunya dengan ramuan yang terdiri dari 7 lembar daun jambu biji, 1 buah pisang biji yang masih muda, 1 sendok makan teh, dan air secukupnya. Cara membuatnya; setelah semua bahan dicuci bersih lalu dihaluskan dan disaring untuk diambil sarinya lalu diminumkan pada anak dengan takaran 3-4 kali sehari. (hal. 88-96)

Masih banyak penyakit-penyakit lain yang ditimbulkan oleh makanan atau minuman, seperti alergi, cacingan, diare, sembelit, sakit gigi, pilek sampai penyakit obesitas dan diabetes.

Tidak ada yang lebih bijak menghadapi penyakit selain dengan cara menanggulangi. Dan tidak ada penangulangan yang lebih efektif selain dengan menjaga pola makan dan gaya hidup. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Penyakit-Penyakit yang Disebabkan Makanan & Minuman pada Anak

Penulis

: Adi D. Tilong

Penerbit 

: Laksana

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan Anak

Tebal

: 161 Halaman

ISBN

: 978-6022-791-37-9

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN ANAK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29367084

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit