Habibie; Tak Boleh Lelah dan Kalah Cetak E-mail
(1 vote)

Mengenal Lebih Dekat Sosok Habibie

Habibie; Tak Boleh Lelah dan Kalah“Hidup adalah perjuangan. Jangan mudah lelah dan kalah!” Kalimat itulah yang tersirat dalam buku Habibie: Tak Boleh Lelah dan Kalah karya Fachmy Casofa. Buku ini memuat kisah perjalanan hidup laki-laki yang pernah menjadi wakil presiden di masa orde baru.

Habibie adalah sosok anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Prestasi dan kecerdasannya berhasil mengangkat martabat bangsa, terutama di bidang teknologi. Sudah kita ketahui bahwa, Habibie adalah salah seorang insinyur yang mampu membuat pesawat dan berhasil melewati uji coba, lalu menerbangkannya. Habibie ingin menunjukkan bahwa, Indonesia juga bisa bersaing dalam dunia teknologi.

N-250/Gatotkaca adalah nama pesawat yang dibuat Habibie dan segenap insinyur IPTN. Pada 10 Agustus 1995 uji coba itu berhasil dilakukan dengan menerbangkannya ke udara di Lapangan Udara Husein Sastranegara, Bandung. Waktu itu ribuan bahkan jutaan pasang mata dari rakyat Indonesia berbinar terang menyaksikan keberhasilan putra bangsa dengan terciptanya N-250/Gatotkaca.

Ucapan selamat pun mengalir deras dari beberapa pihak, terutama dari Presiden Soeharto dan Ibu negara yang menyatakan kebanggaannya. Namun, Habibie tetap rendah hati. Seolah, Habibie hendak menyatakan bahwa takkan bisa diraih kesuksesan besar apa pun untuk negara tanpa kerja sama yang apik nan harmonis semua pihak berlandaskan visi yang sama (halaman 5).

Kecerdasan Habibie memang nampak sejak kecil. Semasa belianya, selain menggemari naik kuda, kegemaran mengagumkan lainnya dari Habibie adalah membaca buku. Hebatnya, saking getolnya menggali ilmu dari buku, selalu membuat kakaknya, Tri Sri Sulaksmi, kesulitan mengajak Habibie bermain di luar. Bahkan, bila akhirnya sudah berhasil membujuknya bermain di luar pun, Habibie selalu ada saja cara untuk kemudian balik ke rumah, lalu menenggelamkan diri dalam lautan ilmu dengan membaca buku-buku.

Sejak kecil Habibie memang bercita-cita ingin menjadi insinyur. Mungkin karena efek seringnya membaca buku. Waktu itu Habibie sudah tahu gelora apa yang menggedor-gedor dalam dirinya, ke mana ia menyalurkan hasrat intelektualnya dan hendak menjadi apa ia kelak.

Di sekolah, ketika guru tengah membincang cita-cita yang menjadi gelora para muridnya, dengan begitu tegas dan mantapnya Habibie melantangkannya: insinyur! (halaman 20).

Sejak usia 14 tahun Habibie sudah digembleng untuk menjadi anak yang mandiri. Pasca kematian ayahnya, sang ibu berinisiatif mengirim Habibie ke Jakarta untuk menempuh pendidikan. Alasan pemindahan tempat belajar Habibie ke Jakarta adalah karena kurangnya jumlah guru di Makassar. Di Jakarta, Habibie tinggal dengan pamannya. Tetapi, karena kondisi rumah pamannya yang banyak anak, Habibie hanya bisa tidur di ruang tamu.

Tetapi, di Jakarta Habibie tidak betah. Dia mengeluh pada ibunya karena cuaca di Jakarta sangat panas. Ibundanya pun memahami dan menyarankan Habibie untuk pindah ke Bandung dan tinggal dengan keluarga Syamsuddin, kepala Kantor Tera untuk Indonesia di Bandung, teman baik Alwi Abdul Jalil, almarhum sang ayah (halaman 23).

Buku ini selain berisi kisah hidup Habibie, baik semasa kecil, masa pendidikan, hingga kenangan hidup bersama almarhumah istrinya yang dilengkapi banyak foto, juga berisi gagasan-gagasan cerdas yang mampu membangkitkan semangat generasi muda. Gagasan-gasagan dalam buku ini akan melecut semangat para pemuda yang notabene adalah penerus bangsa.

Menurut Habibie, yang terpenting dalam kehidupan ini adalah karya nyata, bukan sekadar citra yang hanya membuat kita lengah dan pongah dengan citra yang kita tampakkan. Sebab, citra merupakan kulitnya saja, sedangkan karya adalah isi yang berupa kemampuan dan prestasi nyata yang dapat dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat (halaman 68).

Dari buku 236 halaman ini pembaca bisa belajar banyak hal dari sosok Habibie. Bagaimana kegigihannya dalam belajar dan berjuang, sehingga berhasil menggapai cita-cita yang dari dulu diidam-idamkan. Semangat dan perjuangan hidup Habibie patut menjadi contoh, sehingga kelak generasi muda tidak mudah mengeluh, lelah dan merasa kalah sebelum berjuang. (Untung Wahyudi)

 

Judul

: Habibie; Tak Boleh Lelah dan Kalah

Penulis

: Fachmi Casofa

Penerbit 

: Metagraf

Tahun

: 2014

Genre 

: Biografi

Tebal

: 236 Halaman

ISBN

: 978-6029-212-90-7

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
BIOGRAFI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215264

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit