Buku Pintar Membuat S.O.P Cetak E-mail
(1 vote)

Arti Penting S.O.P  Bagi Kemajuan Usaha

Buku Pintar Membuat S.O.PDi era modern, persaingaan usaha bukan pada murahnya harga, tapi lebih pada sistem yang dipakai. Sistem itulah yang akan memberikan kenyamanan dan kemudahan pada pembeli. Sehingga, menjalankan usaha dengan sistem tradisional seperti toko kelontong hanya menyiapkan diri untuk segera tergilas oleh mini market yang dijalankan dengan sistem modern.

Dengan menggunakan sistem modern, ada banyak manfaat yang bisa dipetik oleh pihak pengusaha, diantaranya lebih rapi, mudah mengontrol, lebih kompetitif, lebih menjanjikan secara laba, dll. Dengan system ini konsumen pun akan dimanjakan dengan berbagai kenyamanan, seperti kualitas barang lebih terjamin, pelayanan lebih memuaskan, lebih efesien waktu, serta pembayaran yang tepat, dll.

Nah, di titik inilah pentingnya SOP dalam sebuah bisnis. Dengan adanya SOP bisnis akan tetap berjalan meski tak dipantau setiap hari. Sayang, dalam kenyataan banyak orang yang sudah sadar akan pentingnya SOP tapi tidak didukung pemahaman dan pengetahuan yang memadai. Apa yang mereka buat pun tidak tepat sasaran dan kurang bermanfaat. Buku yang membahas tentang seluk-beluk SOP; baik pengertian, pentingnya SOP bagi bisnis, sampai masalah tata cara atau prosedur penyusunannya ini akan membantu pengusaha membenahi sistem usahanya.

Standard Operating Procedure (SOP) adalah satu set intruksi tertulis yang digunakan untuk kegiatan rutin atau aktivitas yang berulangkali dilakukan oleh sebuah organisasi. Istilah SOP terkadang memunculkan pemahanan yang berbeda, tapi pada prinsipnya, SOP adalah sebuah acuan kerja yang dapat mempermudah dalam mengontrol dan mengendalikan kegiatan operasional. Sementara SOP dalam sistem manajemen disebut sebagai pedoman, prosedur, dan intruksi  kerja (hal.35-35)

Dari pengertian di atas, dalam sebuah organisasi, termasuk bisnis terlihat beberapa tujuan yang hendak dicapai dari penyusunan SOP, di antaranya agar karyawan dapat menjaga kinerja, agar mengerti dengan jelas peran dan fungsi tiap posisi dalam organisasi, memperjelas alur tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari tiap karyawan, melindungi organisasi/karyawan dari kesalahan administrasi, serta untuk menghindari kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi. (hal.38-39)

Penyusunan SOP secara umum dilakukan oleh orang-orang yang berada dalam perusahan tersebut dengan membuat suatu tim yang terdiri dari beberapa personil yang mewakili bidang tugas masing-masing. Namun begitu, perusahaan juga bisa memanfaatkan jasa konsultan, yang dibantu oleh tim tersebut.

Yang perlu diperhatikan, dalam tim penyusunan SOP harus melibatkan penuh para kepala divisi dan harus disusun sesuai dengan jenis dan budaya perusahaan tersebut. Menurut Suryo Ekotomo, jika SOP mengandung proses kerja yang bersifat rahasia dalam bidang produksi, metode pengolahan, penjualan, atau informasi lain yang memiliki nilai ekonomis yang tidak boleh diketahui masyarakat umum, maka itu bisa didaftarkan di Ditjen HAKI depkumham untuk mendapatkan hak rahasia dagang. (hal.41)

Mengingat SOP merupakan pedoman untuk melakukan tugas  kerja sesuai dengan fungsi, sekaligus sebagai alat penilaian, sejauh mana perusahaan itu bisa berjalan  dengan profesional, efektif, dan efesien, sehingga dalam penyusunannya tidak boleh sembarangan. Harus memiliki prinsip kemudahan dan kejelasan, efesiensi, efektivitas, keselarasan, keterukuran, dinamis, berorentasi pada pengguna, kepatuhan hukum, dan kepastian hukum. (hal.72)

Selanjutnya, pekerjaan pertama yang mesti dilakukan tim dalam mengembangkan SOP adalah mengumpulkan berbagai informasi yang diperlukan dalam penyusunan SOP, lalu informasi tersebut diidentifikasi antara informasi yang dicari dari sumber primer dengan yang dicari dari sumber sekunder. Langkah selanjutnya adalah memastikan teknik yang akan dipakai dalam pengumpulan informasi tersebut. Ada banyak teknik yang bisa dipilih, antara lain teknik brainstorming, focus group discussion, wawancara, survei, dan masih banyak teknik lain. Teknik mana yang akan dipergunakan sangat terkait erat dengan instrumen pengumpulan informasinya. (hal.88-94)

Selanjutnya, untuk memastikan bahwa SOP yang telah berhasil disusun tersebut nantinya betul-betul memenuhi aspek atau prinsip penyusunan yang benar, sebelum diterapkan, SOP tersebut harus melalui tahap pengujian dan review terlebih dulu. (hal.105)

Ulasan buku setebal 196 halaman ini menegaskan, sistem memiliki andil besar dalam menentukan maju atau tidaknya sebuah usaha atau pun perusahaan. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Buku Pintar Membuat S.O.P

Penulis

: Indah Puji Hartatik, S.E

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Manajemen Bisnis

Tebal

: 196 Halaman

ISBN

: 978-6022-791-33-1

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MANAJEMEN BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225620

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit