Forever Sunset; Cinta yang Tak Pernah Mati Cetak E-mail
(1 vote)

Perjodohan yang Berakhir Fatal

Forever Sunset; Cinta yang Tak Pernah MatiBagi sebagian orang, perjodohan adalah hal klise dalam kehidupan modern seperti saat ini. Tetapi, perjodohan sampai saat ini memang masih ada. Banyak dari keluarga terpandang yang memilih menjodohkan anak-anaknya dengan keluarga relasi, atau dengan famili-famili mereka sendiri. Alasannya pun bermacam-macam. Dari masalah gengsi, hingga yang ingin mempertahankan warisan agar tidak jatuh pada pihak lain.

Dalam roman klasik kita mengenal Siti Nurbaya karya pengarang ternama Marah Rusli. Roman ini mengisahkan perjodohan yang dilakukan orangtua Siti Nurbaya dengan laki-laki tua bernama Datuk Maringgih. Karena terbelit utang, orangtua Siti Nurbaya rela “menyerahkan” anaknya pada orang kaya tersebut.

Lewat kisah klasik yang sampai sekarang menjadi rujukan dan bacaan pecinta sastra itu, Marah Rusli ingin menegaskan bahwa perjodohan adalah hal yang lazim terjadi dalam kehidupan manusia. Meskipun, pada akhirnya, perjodohan itu lebih sering merugikan pihak pengantin karena merasa terpaksa untuk menjalani kehidupan rumah tangga.

Stanley Meulen dalam Forever Sunset juga mengisahkan tentang perjodohan yang dilakukan orangtua Dinda yang berasal dari keluarga ningrat dan terpandang. Demi menyelamatkan bisnis keluarga, orangtua Dinda menjodohkan anaknya dengan Gary, putra dari relasi bisnisnya.

Dinda merasa hidupnya benar-benar terpuruk. Dia tidak bisa berbuat apa-apa dengan keputusan ayahnya. Padahal, belum lama ini dia telah mengikat janji bersama Zora, laki-laki yang sudah empat tahun menjadi pacarnya. Meskipun orangtuanya tidak pernah setuju dengan hubungan Dinda dan Zora, tetapi Dinda berjanji akan berusaha agar orangtuanya menyetujui hubungan mereka (halaman 17).

Namun, di saat Dinda hendak menyampaikan rencananya, orangtuanya sudah lebih dulu menyampaikan kabar buruk tentang perjodohan itu. Rencana pernikahan itu sudah dirancang sedemikian rupa. Dalam waktu dekat, pihak keluarga Gary akan datang melamar Dinda. Selama beberapa hari Dinda menangis dan mengurung diri di kamar. Dia benar-benar menyesali kenapa terlahir dari keluarga yang kaku dan tidak demokratis itu. Apa-apa selalu diatur. Padahal, sebagai anak, Dinda juga punya hak untuk memilih dengan siapa kelak akan hidup berumahtangga (halaman 93).

Dinda tak kuasa untuk menyampaikan kabar buruk itu kepada Zora yang sedang bertugas di NTB. Zora bekerja sebagai seorang fotografer sebuah majalah ibu kota. Hobi fotografi yang digelutinya mengantarkannya pada dunia kerja yang setiap hari bersentuhan dengan kamera. Ia sering dapat tugas untuk hunting foto-foto menarik ke tempat-tempat eksotis seperti Bali, NTB dan beberapa tempat indah lainnya.

Dengan terpaksa Dinda menghubungi Zora. Namun, kabar yang dibawa Dinda ternyata kabar lain. Zora masih tidak percaya. Bagaimana mungkin itu terjadi? Benarkan Dinda akan dinikahkan dengan orang lain? Dan, hari pernikahan itu sudah sangat dekat. Tanpa berpikir panjang, Zora langsung mengemas barangnya. Semua pekerjaan yang belum selesai ia serahkan pada rekan-rekannya. Mereka paham dengan keadaan Zora yang saat itu sedang galau berat dan harus menyelamatkan cintanya.

Pernikahan Dinda dan Gary pun digelar. Setahun berjalan, Dinda tidak merasakan kebahagiaan yang seharusnya dirasakan oleh seorang istri. Kehidupan rumah tangga yang dijalani Dinda tidak sesuai dengan harapannya. Dia sudah berusaha untuk menerima Gary, meskipun sebelumnya dia sama sekali tidak mencintai Gary. Dalam kehidupan rumah tangganya, Gary selalu menampakkan sifat aslinya. Gary suka mabuk dan main perempuan. Bahkan, Gary sering melakukan pesta narkoba bersama teman-temannya.

Dinda sering menjadi korban kekerasan dan kemarahan Gary. Lelaki itu selalu menuduh Dinda, bahwa Dinda masih belum bisa melupakan Zora, kekasihnya. Sehingga, Gary berang dan selalu melampiaskan kemarahannya dengan memukul dan menendang Dinda. Ternyata, di mata Dinda, Gary bukanlah laki-laki seperti yang dikatakan orangtuanya. Gary adalah laki-laki bajingan yang tidak berperikemanusiaan (halaman 270).

Kisah yang dituturkan Stanley dalam Forever Sunset ini merupakan kisah cinta yang penuh kegetiran dan kesedihan. Berbagai “adegan” dramatis bisa kita lihat dalam beberapa bagian novel setebal 372 halaman ini. Alurnya yang cukup filmis membuat pembaca penasaran untuk menyelesaikan bab demi bab novel ini. Membacanya kita seolah-olah menyaksikan bagaimana penderitaan sang tokoh dengan berbagai masalah hidup yang dialaminya.

Yang menarik, novel ini banyak mengeksplorasi eksotisme Pulau Dewata Bali yang memang menjadi setting utama novel, selain Jakarta. Pengarang berhasil menggambarkan keindahan Bali dengan beberapa pantainya yang terkenal seperti Kuta, Dreamland dan beberapa tempat eksotis lain yang menjadi daya tarik utama novel ini.  (Untung Wahyudi)

 

Judul

: Forever Sunset; Cinta yang Tak Pernah Mati

Penulis

: Stanley Meulen

Penerbit 

: Moka Media

Tahun

: 2014

Genre 

: Novel Drama

Tebal

: 372 Halaman

ISBN

: 979-795-804-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL DRAMA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215305

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit