Reminds Me of You; Ajarkan Aku Cara Menghapusmu Cetak E-mail
(4 votes)

Ketika Bahasa Cinta Tak Terpahami

Reminds Me of You; Ajarkan Aku Cara MenghapusmuNovel ini dimulai ketika Yuuji dengan sengaja menorehkan luka di hati Shena, yang notabene menganggapnya sebagai kakak, atas cinta yang dianggap menyimpang. Atas perbuatan itu, pernikahan Shena dengan Daniel pun terpaksa dibatalkan sepihak oleh Shena. Daniel pun merasa terkhianati, apalagi setelah kiriman foto mesra Shena dengan lelaki lain, di terang jendela apartemennya kemudian juga terlihat bayang Shena yang terlihat ‘bercumbu’ dengan sosok lain. Sempurnalah kebencian Daniel terhadap kekasihnya tersebut. Padahal kemudian, di sebuah panti asuhan di sudut Venesia, Shena  harus melawan rasa traumanya kepada setiap lelaki yang menyentuhnya.

Konflik kemudian mengembang ketika Daniel melampiaskan rasa frustasinya kepada siapapun perempuan yang sedia diajaknya tidur bersama. Clarin, sahabat setia yang sebenarnya menaruh hati dengan Daniel pun menjadi ‘korban suka sama suka’ atas kelabilan ini. Bahkan hingga kemudian gadis cantik yang seorang model itu diketahui hamil. Ketika sadar dengan kesalahannya tersebut, Daniel pun terjebak dalam dilema perasaan, antara memilih cinta Clarin ataukah kembali kepada Shena yang kemudian diketahuinya tengah mengalami konflik batin akibat perbuatan bejat seorang lelaki yang belum ia ketahui siapa orangnya.

Pada bagian cerita yang lain, Yuuji sang antagonis dalam cerita ini masih juga mengejar-ngejar keberadaan Shena, dan berusaha meyakinkan bahwa perasaannya tulus. Ketulusan itu ia tampakkan sedemikian rupa, meski terasa agak memaksa. Di hadapan Shena ia bahkan terang-terangan menolak Kyle yang jatuh hati kepadanya.

Alur novel ini mulai terasa suspensenya ketika Daniel berusaha menyembuhkan trauma Shena dengan terapi dokter, namun harus dibayang-bayangi dengan keberadaan Yuuji yang tak mau menyerah dengan usahanya mendekati Shena kembali. Meski penggalian karakter Shena seharusnya bisa diperdalam lagi agar konflik batin terasa menggigit, namun pembaca pasti juga akan merasa sesak ketika Shena akhirnya memberikan kesempatan kedua kepada Yuuji walau hanya sebatas sebagai kenalan biasa. Saat Clarin mengalami keguguran, sebagai pembaca saya juga merasa bahwa penulis kurang berani ‘tega’ memperuncing konflik sehingga Daniel bisa bergerak aman untuk kembali mendekati Shena. Tentu saja, itu hanyalah interpretasi saya pribadi, meski dilema Daniel saat melepaskan Clarin kemudian pun turut mewarnai alur cerita ini.

Digarap dengan alur rapat yang nyaris tak menyediakan ruang jeda agar pembaca bisa bernapas sejenak saat menikmati cerita. Dengan mengambil setting Paris dan Venesia, seharusnya novel ini bisa dipoles dengan lebih manis lagi agar terasa kuat aroma melodramanya. Sayangnya penggarapan setting terkesan hanya sepintas lalu saja. Penulis kurang mampu memanfaatkan setting kota yang kerap diidentikkan dengan lambang keromantisan itu. Hanya ada beberapa scene yang menampakkan setting khas kota tersebut, dan selebihnya adalah adegan indoor yang tentu saja itu bisa terjadi di kota mana saja. Kelemahan yang kerap terjadi pada penulis-penulis yang (kemungkinan besar) belum pernah mencium aroma secara langsung kota yang menjadi setting cerita rajutan mereka. Yang menarik dari novel ini adalah, meski para tokoh tergambarkan dengan jelas hitam putihnya, namun pesan tentang cinta tergambarkan tanpa menggurui. Percakapan antartokoh terasa alami. Gaya bahasanya pun terasa enak.

Lihatlah konflik Daniel ketika harus menjelaskan duduk masalah yang menjeratnya kepada Clarin, atau selami pula ketika Yuuji curhat tentang perasaannya atas Shena di hadapan Kyle. Tampaknya posisi dilematis itulah yang sengaja dijadikan penulis untuk meremas-remas emosi pembaca ketika mengikuti ceritanya. Ketika bahasa cinta tak terpahami, konflik pasti akan muncul mengaduk-aduk hati. Siapakah yang kemudian beruntung mendapatkan cinta tulus dari Shena? Mari ikuti kisahnya! *

(Adi Zam-Zam)

 

Judul

: Reminds Me of You; Ajarkan Aku Cara Menghapusmu

Penulis

: Retno Handini

Penerbit 

: Mazola

Tahun

: 2014

Genre 

: Novel Romantis

Tebal

: 291 Halaman

ISBN

: 978-602-7968-59-2

 

 

, Retno Handini (2014), "Reminds Me of You; Ajarkan Aku Cara Menghapusmu", Mazola, 978-6027-968-59-2: 291 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL ROMANTIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203383

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit