Kiat Sehat dengan dan Tanpa Obat Cetak E-mail
(1 vote)

Memahami Kinerja Sistem Tubuh

Kiat Sehat dengan dan Tanpa ObatTubuh sehat ibarat negeri yang kuat. Untuk memeliharanya tentu dibutuhkan sistem pertahanan yang tangguh. Dibutuhkan pos-pos pengamanan di berbagai area, dibutuhkan patroli yang senantiasa mengawasi, yang didukunng oleh sistem komunikasi yang canggih, dan sebagainya. Tak hanya sarana, sistem keamanan pun diterapkan secara berlapis

Begitu gambaran sistem keamanan tubuh dalam menghadang dan menangkal setiap ancaman yang dilancarkan oleh “musuh”. Tentu telah banyak buku yang mengupas cara kerja imunitas tubuh. Buku ini beda. Dengan pendekatan pertempuran antara musuh dengan imun, dr. Nurul Inayah dan dr. Giky Karwiky berhasil menyederhanakan kerumitan tentang penyakit dan sistem imunitas. Apa yang disampaikan pun bisa diterima oleh siapa saja.

Secara garis besar, penyakit terbagi menjadi dua, penyakit non infeksi yang tidak menular dan penyakit infeksi yang menular. Pembahasan buku ini akan fokus pada golongan penyakit menular seperti pes, influenza, dan lepra. Karena penyakit ini merupakan penyebab terbesar kematian umat manusia. Keruntuhan Dinasti Han di China misalnya adalah karena penyakit pes yang mewabah.

Secara umum, penyakit infeksi adalah gangguan keseimbangan tubuh yang diakibatkan oleh mikroorganisme. Namun, tak semua mikroorganisme yang ada di tubuh menggangu, bahkan tidak sedikit yang menguntungkan. Yang merugikan disebut “agen musuh” yang terdiri dari bakteri, jamur, virus, dan parasit. Sedang yang menguntungkan disebut flora normal. Flora normal ini bagai predator atau anjing penjaga bagi agen musuh.  

Untuk menangkal agen musuh tersebut garda keamanan terdepan adalah kulit. Kulit memiliki selaput lendir atau mukosa yang ditempatkan di rongga mulut, liang telinga, bola mata, saluran pernapasan, saluran percernaan, dan alat kelamin. Ia bagai lumpur jebakan atau lem tikus yang menyulitkan agen musuh untuk menyusup ke tubuh. Selain itu, kulit pun dilengkapi rambut-rambut dan keringat. Selain untuk menjaga kelembaban, rambut-rambut ini berperan sebagai filter yang dibekali detektor, ibarat ranjau otomatis yang terhubung langsung ke otak atau tangan. Agen musuh pun  masih dihadang oleh jebakan beracun dari cairan lambung yang disebut lisozim. (hal.13)

Seandainya semua sistem keamanan luar bisa diterobos, agen-agen musuh masih harus menghadapi tenaga-tenaga keamanan khusus yang siap dikerahkan untuk menghadang tiap bentuk ancaman bagi keamanan dan kedamaian negeri tubuh. Pasukan keamanan tubuh ini adalah sel darah putih. Ia bertugas membunuh musuh. (hal.16)

Sel darah putih atau leokosit terbagi dalam 2 regu. Regu pertama disebut fagosit yang bertugas melakukan patroli secara umum, bertugas menyerang agen musuh yang berhasil lolos. Tim fagosit sendiri terbagi menjadi dua kelompok, yaitu neutrofil yang memiliki kemampuan membunuh, dan makrofag yang bertugas mengirim pesan pada pasukan lain bila neutrofil ternyata terdesak. (hal.18-19)

Setelah ada pesan dari makrofag, turunlah pasukan kedua, limfosit, pasukan pemburu. Mereka bisa memburu musuh hingga area di luar sel atau wilayah cair dan di area dalam sel itu sendiri. Pasukan ini terbagi menjadi dua, pasukan katak (limfosit-B) yang memburu di daerah cair dan pasukan kuda (limfosit-T) yang memburu di darat. Sebagai pasukan yang bertempur di  perairan, limfosit-B dilengkapi antibodi dan komplemen. Antibodi yang berupa senyawa protein yang larut dalam cairan bermanfaat untuk membunuh dan juga bisa menetralisir racun yang terkadang dikeluarkan pihak musuh. Sedang senyawa komplemen ibarat bom, dibuat dari bahan-bahan subtansi protein dalam darah lalu “dirakit” hingga menjadi senyawa yang siap meledakkan musuh.

Yang istimewa, bila limfosit tersebut akhirnya memenangkan pertempuran akan pulang dengan membawa catatan penting tentang agen-agen musuh yang menyerang. Para veteran ini lalu disebut sel memori. (hal.34) Sebetulnya sistem imun masih memiliki satu tentara elit, yakni sel NK yang bertugas menangani musuh-musuh berat, baik karena telah bermutasi atau keberadaannya di tubuh telah berhasil menginfeksi.

Dalam “buku peperangan” ini masih banyak hal lain yang dibahas. Diantaranya tentang manfaat ASI bagi imunitas bayi dan plus minusnya penggunaan obat antibiotik dalam membasmi agen-agen musuh.

Buku ini memberi pelajaran bahwa sejumlah keadaan, tindakaan atau pun perilaku tertentu sangat berkontribusi bagi kondisi imu tubuh seseorang –memperkuat, melemahkan, memberatkan ataupun meringankan. Sehingga, kuat dan lemahnya sistem imum tubuh seseorang sangat bergantung pada gaya hidup dan asupan gizi. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Kiat Sehat dengan dan Tanpa Obat

Penulis

: dr. Nurul Inayah & dr. Giky Karwiky

Penerbit 

: Qanita

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan

Tebal

: 136 Halaman

ISBN

: 978-6021-637-24-1

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215239

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit