Perang-Perang Dalam Sejarah Islam Cetak E-mail
(6 votes)

Mengurai Hikmah di Balik Peperangan dalam Islam

Perang-Perang Dalam Sejarah IslamMempelajari beragam kisah sejarah dapat memperluas cakrawala pengetahuan kita, sehingga kita dapat lebih bijaksana dalam menyikapi hidup ini. Buku setebal 193 halaman ini mencoba mengurai hikmah di balik kisah-kisah peperangan dalam sejarah agama Islam yang pernah terjadi pada masa lampau. Sebagaimana diketahui, bahwa kelahiran agama Islam tak terlepas dari berbagai konflik, khususnya konflik fisik (peperangan).

Perang Badar adalah perang besar pertama yang dilalui umat Islam di kota Madinah. Disebut peristiwa besar karena Perang Badar merupakan awal perhelatan senjata dalam kapasitas besar yang terjadi antara pasukan muslim dan kaum kafir Quraisy. Dalam catatan Wikipedia, Perang Badar terjadi pada 17 maret 624 Masehi (17 Ramadhan 2 Hijriah).

Dalam Perang Badar, jumlah pasukan muslim hanya 313 orang, sementara pasukan kafir Quraisy dari Makkah sebanyak 1.000 orang. Perbandingan jumlah yang sangat tidak seimbang dan jika dipikir secara logika, tentu sangat mustahil kaum muslim bisa memenangkan peperangan tersebut. Akan tetapi atas izin Allah Swt., setelah bertempur habis-habisan sekitar 2 jam, akhirnya pasukan muslim berhasil menghancurkan barisan pertahanan pasukan Quraisy yang memilih mundur dalam kondisi kacau balau.    

Perang Badar terjadi setelah hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah bersama para sahabat dan diterima dengan baik oleh orang-orang Anshar. Islam telah berkembang, tersebar luas, dan diterima oleh banyak kabilah Arab. Kekuatan dan ekonomi di Madinah telah kokoh. Karena beberapa alasan itulah, orang-orang kafir Quraisy merasa tidak senang terhadap kemajuan dakwah Rasulullah Saw. dan umatnya, sehingga mereka menyimpan rasa dendam hingga berujung pada peperangan.

Banyak hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa Perang Badar. Antara lain; Perang Badar semakin memperkuat eksistensi agama Islam, menjadikan umat Islam lebih disegani dan ditakuti oleh para kabilah Arab yang lain termasuk kaum Yahudi dan kaum munafik di Madinah, menyebabkan merosotnya pengaruh kaum kafir Quraisy di Makkah, dan lain-lain (halaman 11-32).   

Perang Uhud merupakan perang besar kedua bagi kaum muslim setelah Perang Badar. Berbeda dengan Perang Badar, pada perang kali ini, kaum muslim berhasil dipukul mundur oleh kaum kafir Quraisy yang menuntut balas atas kekalahan mereka dalam Perang Badar yang menewaskan 70 orang pemimpin terkemuka mereka dan 70 orang lainnya ditangkap. Sementara di pihak kaum muslim hanya 14 orang yang meninggal dunia. Di sinilah, kaum muslim menderita kekalahan besar dengan gugurnya sejumlah syuhada dan para tokoh berpengaruh di kalangan umat Islam waktu itu (halaman 33).

Secara umum, ada 3 faktor yang menjadi penyebab berubahnya kemenangan menjadi kekalahan bagi kaum muslim, yaitu; pelanggaran terhadap perintah Rasulullah Saw. oleh pasukan pemanah, adanya berita wafatnya Rasulullah yang secara otomatis melemahkan semangat umat Islam dan terjadinya selisih paham di medan perang tentang perintah Rasulullah Saw. (halaman 43).

Perang-perang selanjutnya dalam sejarah Islam yang dihadirkan dalam buku ini antara lain Perang Khandaq, Perang Khaibar, Perang Mut’ah, Perang Hunain, Perang Tha’if, Perang Tabuk, Perang Yamamah, dan lain-lain. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul

: Perang-Perang Dalam Sejarah Islam

Penulis

: Sitiatava Rizema Putra

Penerbit 

: IRCiSoD

Tahun

: 2014

Genre 

: Sejarah Islam

Tebal

: 193 Halaman

ISBN

: 978-6027-968-45-5

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
SEJARAH ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203357

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit