Hamil Sehat dengan Beragam Olahraga Ibu Hamil Cetak E-mail
(9 votes)

Olahraga Khusus untuk Ibu Hamil

Hamil Sehat dengan Beragam Olahraga Ibu HamilKehamilan merupakan sebuah peristiwa alamiah yang mau tidak mau akan dialami oleh setiap wanita. Sebagian besar wanita bisa dengan mudah memperoleh kehamilan, akan tetapi tidak semua wanita dapat melewati kehamilannya dengan mudah dan nyaman tanpa keluhan. Banyak temuan para ahli yang mampu membantu wanita melewati kehamilannya dengan mudah sampai tahap melahirkan. Salah satunya dengan melakukan olahraga hamil.

Ada beragam jenis olahraga yang dapat diikuti oleh ibu hamil. Senam hamil adalah salah satunya. Senam hamil merupakan bentuk latihan tubuh paling baik untuk memperoleh manfaat secara menyeluruh bagi ibu dan janin. Saat ini telah berkembang program olahraga ibu hamil, baik senam hamil maupun senam yoga dengan beragam fasilitas yang ditawarkan.

Senam hamil merupakan program olahraga ringan yang latihannya menggabungkan berbagai gerakan senam guna memberikan kelenturan, kekuatan tubuh, dan pengaturan pernapasan. Senam hamil membuat tubuh ibu menjadi lentur, terutama pada otot-otot jalan lahir. Kelenturan otot tersebut sangat dibutuhkan, sebab saat menghadapi persalinan, biasanya ibu dilanda kepanikan atau kecemasan yang menyebabkan otot menjadi tegang.

Selain itu, berbagai gerakan dalam olahraga hamil juga membantu ibu mencapai konsentrasi dan meningkatkan intuisi terhadap kondisi tubuh serta menyelaraskan jiwa dan raga sehingga menjadi lebih sempurna dan seimbang. Jika ketenangan hati dan pikiran telah tercapai maka secara otomatis akan menular pada janin (hal 9-10).

Dalam melakukan senam hamil, prasyarat tempat sangat menentukan. Misalnya, berada di area yang cukup luas, terang, berudara segar, lantai dilapisi karpet, dinding ruangan bagian dalam dilapisi cermin secukupnya guna membantu ibu agar lebih konsentrasi sekaligus memberi kesempatan untuk mengoreksi gerakan-gerakan dalam senam tersebut, dll.

Para ahli kesehatan membagi tujuan olahraga hamil menjadi dua; tujuan umum dan khusus. Tujuan umum olahraga hamil adalah menjaga kondisi otot-otot dan persendian yang berperan dalam mekanisme persalinan, mempertinggi kesehatan fisik dan psikis, meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri, dan membimbing menuju suatu persalinan yang fisiologis.

Sedangkan tujuan khususnya antara lain memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, otot-otot dasar panggul, melenturkan persendian-persendian yang berhubungan dengan proses persalinan, membentuk sikap tubuh prima, memperbaiki letak janin dan menguasai teknik-teknik pernapasan dalam persalinan sehingga dapat mengatur diri pada ketenangan (hal 13).

Senam hamil merupakan gerakan relaksasi. Melalui senam, rasa stres ibu selama menjalani kehamilan dan menghadapi persalinan akan berkurang. Namun sebelum mengikuti olahraga hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Antara lain meminta persetujuan terlebih dulu dari dokter yang bersangkutan, mengenakan pakaian olahraga yang sesuai (tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar) sehingga memudahkan dalam bergerak, mengonsumsi makanan cukup kalori agar memperoleh tenaga tambahan yang dibutuhkan selama berolahraga (hal 16-17).

Senam hamil terbagi dua bagian, yakni latihan umum yang boleh dilakukan oleh ibu hamil dengan usia kehamilan kurang dari 23 minggu dan latihan khusus untuk usia kehamilan 23-40 minggu (hal 18). Pada fase pertama (kehamilan 23-28 minggu) ada beberapa tahapan senam yang dapat dilakukan, yakni latihan pernapasan, latihan gerak leher, bahu, pinggul, paha, betis, kaki dan melakukan relaksasi atau pendinginan (hal 19).

Fase kedua (kehamilan 28-36 minggu) tahapan-tahapan senam yang dilakukan sama dengan fase pertama, ditambah latihan gerakan perut dan panggul yang berfungsi memperkuat otot-otot sekitar perut dan panggul. Dan fase ketiga (kehamilan 36 minggu-melahirkan) tahapan-tahapan yang dilakukan sama dengan fase kedua, ditambah latihan mengejan dengan cara pengaturan pernapasan (hal 20).

Meski senam hamil sangat dianjurkan, akan tetapi terdapat beberapa kontra indikasi yang tidak membolehkan seorang ibu hamil mengikutinya. Antara lain kontra indikasi absolut dan relative. Kontra indikasi absolut, apabila ibu hamil memunyai penyakit jantung, paru, kehamilan kembar, dll. Kontra indikasi relative, apabila ibu hamil menderita anemia berat, detak jantung tidak teratur, memiliki riwayat penyakit diabetes mellitus, obesitas, dll. Beberapa tanda dan gejala yang menyebabkan senam hamil harus segera dihentikan antara lain jika timbul rasa nyeri (terutama nyeri dada, kepala, dan persendian), terjadi pendarahan, dll.

Pada halaman berikut, dijelaskan secara komprehensif berbagai gerakan dalam senam hamil yang bisa diterapkan, dilengkapi ilustrasi sehingga memudahkan ibu hamil mempraktikannya. (Sam Edy Yuswanto).

***

 

Judul

: Hamil Sehat dengan Beragam Olahraga Ibu Hamil

Penulis

: Aulia, A.Md.Keb.

Penerbit 

: Buku Biru

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan

Tebal

: 142 Halaman

ISBN

: 978-6022-554-54-7

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225467

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit