The Ice Cream Maker; Bangkitkan Bisnis Anda Dengan Jurus Es Krim Cetak E-mail
(2 votes)

Menyelamatkan Bisnis yang Nyaris Kolaps

The Ice Cream Maker; Bangkitkan Bisnis Anda Dengan Jurus Es KrimMembangun sebuah bisnis bisa dibilang mudah, terutama bagi yang mempunyai modal dan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa diandalkan. Tetapi, yang justru sangat sulit adalah mempertahankan bisnis yang sudah berjalan dan menyelamatkannya dari bencana krisis. Karena, tidak menutup kemungkinan, sebuah usaha akan mengalami masa-masa sulit yang menuntut sang manajer melakukan berbagai inovasi demi masa depan perusahaan.

Melalui buku The Ice Cream Maker: Bangkitkan Bisnis Anda dengan Jurus Es Krim, Subir Chowdury yang selama ini dikenal sebagai pakar kualitas dan CEO ASI Consulting Group akan berbagi motivasi serta ide bagaimana menyelamatkan sebuah perusahaan dari kebangkrutan. Buku motivasi bisnis ini dikemas dalam bentuk kisah inspiratif yang menggugah semangat wirausaha dengan cara berkaca pada perusahaan yang lebih maju.

Dalam buku ini Chowdury mengisahkan tentang kegelisahan Peter Delvecchio, manajer perusahaan es krim regional, Dairy Cream. Selama ini perusahaan yang dipimpin Peter mengalami kemerosotan, terutama dari segi penjualan. Bagian marketing sering gagal menawarkan produk ke beberapa distributor dan toko es krim, termasuk pada Natural Foods, retailer yang selama ini menjual berbagai produk makanan.

Bos dan pemilik perusahaan Dairy Cream, Malcolm Jones, mengungkapkan kekecewaannya mengenai minimnya pertumbuhan penjualan. Margin keuntungan perusahaan itu semakin menciut. Malcolm mewanti-wanti, jika situasi tidak segera membaik, Peter harus melakukan perubahan serius. Salah satu solusi adalah mempekerjakan tim manajemen baru. Atau, dia terpaksa harus menjual pabrik langsung ke manufaktur nasional (halaman 3).

Peter benar-benar harus memutar otak agar perusahaan itu tetap bertahan. Dia tidak mau perusahaan itu tutup. Karena, jika itu benar-benar terjadi, bukan hanya dia yang akan kehilangan pekerjaan, tetapi semua karyawan juga akan dirumahkan. Peter akhirnya mencoba berkunjung ke Natural Foods, retailer yang menolak kerjasama yang ditawarkan Dairy Cream. Dia bermaksud bertemu Mike, sang manajer.

Mike ternyata memahami aura wajah Peter. Tanpa basa-basi, Mike langsung menebak bahwa Peter, yang juga tetangganya itu, sedang dirundung masalah. Dengan sedikit canggung, Peter menceritakan semua masalah perusahaannya. Tentang pendapatan yang menurun, serta kondisi manajemen yang memang dirasakannya mengalami stagnan.

Dalam perbincangan lepas dengan Mike, Peter belajar bagaimana retailer yang dipimpin Mike tersebut mencapai kesuksesan yang luar biasa, baik dalam jasa yang disediakan ataupun produk yang dihasilkan dan dijualnya.

Mike menjelaskan, bahwa seorang manajer seharusnya bisa memotivasi bawahannya. Seorang manajer harus meyakinkan bawahannya untuk menginvestasikan diri pada pekerjaan sebaik yang mereka lakukan pada hobi mereka. Caranya adalah harus memulai dari atas, dari sang manajer sendiri.

Lebih lanjut Mike menguraikan, bahwa langkah pertama untuk memotivasi karyawan adalah mengubah sesuatu yang harus kita lakukan menjadi sesuatu yang ingin kita lakukan. Sesuatu yang kita lakukan dengan senang hati (halaman 37).

Sejak pertemuannya dengan Mike, akhirnya Peter mulai menemukan semangat baru untuk menyelamatkan nasib perusahaanya. Dia mulai membuka diri. Dia yang selama ini merahasiakan masalah perusahaan tempatnya bekerja pada istrinya, akhirnya mulai berbagi kisah. Awalnya istrinya shok mendengar kabar itu. Tetapi, akhirnya juga memahami dan ikut mendukung suaminya.

Peter juga mulai memberitahu bawahannya dari kelompok shift 1 dan shift 2, tentang nasib perusahannya jika tetap tidak mengalami kemajuan. Peter mulai mempraktikkan saran Mike bahwa sebagai manajer dia harus mau mendengarkan keluh kesah bawahannya, juga permasalahan yang mereka alami selama bekerja di Dairy Cream. Alhasil, Peter benar-benar menemukan suasana baru setelah para karyawannya menceritakan masalahnya masing-masing. Mereka bersedia membantu apa yang akan dilakukan Peter demi menyelamatkan Dairy Cream agar tidak kolaps (halaman 55).

Buku 168 halaman yang ditulis berdasarkan pengalaman Chowdury memberikan motivasi dan konsultasi di berbagai perusahaan global dan organisasi-organisasi kecil di sektor negeri sekaligus swasta ini, menawarkan pelajaran yang penting dan universal tentang salah satu tantangan utama perusahaan melalui gaya yang memikat. Bagi manajer dan eksekutif, bisnis kecil dan entrepreneur, The Ice Cream Maker adalah panduan yang menggugah dan membuka mata terhadap cara paling efektif untuk meraih keunggulan dan menjadi pemimpin pasar di panggung global. (Untung Wahyudi)

 

Judul

: The Ice Cream Maker; Bangkitkan Bisnis Anda Dengan Jurus Es Krim

Penulis

: Subir Chowdury

Penerbit 

: MIC Publishing

Tahun

: 2014

Genre 

: Wirausaha

Tebal

: 168 Halaman

ISBN

: 978-6028-482-82-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
WIRAUSAHA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236835

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit