Like a Virgin Cetak E-mail
(2 votes)

Manajemen Bisnis ala Virgin

Like a VirginSiapa tak kenal Richard Branson, sang pendiri Virgin company yang merupakan satu-satunya dari dua puluh merek top yang telah berdiversifikasi ke beragam aktivitas bisnis dari penerbangan, kereta api, liburan, telepon seluler, media, internet, jasa keuangan, hingga perawatan kesehatan? Melalui buku ini, dia mengajarkan banyak jurus bisnis yang tak diajarkan di sekolah manapun. Dengan gaya bahasa lugas dan analogi ringan, membaca buku ini Anda akan seperti bercakap-cakap langsung dengan bos yang satu ini. Sejak proses pertama kali ia mendirikan usaha dan kemudian memilih nama Virgin sebagai brand, hingga kemudian bisnisnya itu menggurita di beberapa negara.

Dimulai dari lima rahasia ketika membangun kerajaan bisnisnya, Richard memberikan saran jangan melakukan sebuah bisnis jika kita tak bisa menikmatinya. Logis benar alasannya, sebab butuh kerja keras dan waktu yang luar biasa banyak untuk memulai sebuah bisnis. Tak ada guna berbisnis jika bisnis tersebut tak menyenangkan pelaku, apalagi bagi orang lain yang akan menikmati hasil pelayanan kita. Membangun hubungan sehat jauh lebih menguntungkan daripada menerjunkan diri dalam pertempuran abadi (hal. 32). Inovatif atau membuat perbedaan menjadi kunci selanjutnya, sebelum apa yang kita bangun itu menjadi kebanggan bersama yang menghasilkan keajaiban. Dan, cara memimpin yang benar pun kemudian harus dipelajari dengan sungguh, sebelum  memperlihatkan ‘apa yang kita bangun’ itu kepada dunia (hal. 19).

Menganalogikannya dengan sebuah pesawat, Richard beranggapan bahwa yang membedakan sebuah maskapai dengan kalangannya adalah awak pesawatnya, bagaimana mereka bersikap terhadap penumpang. Di garis depan bisnis, mereka dapat membangun atau menghancurkan perusahaan. Layanan yang hebat dapat mengubah sesuatu yang negatif menjadi positif (hal. 25-35).

Tak lupa, Richard juga membagikan beberapa filosofi yang dianutnya ketika menjadi seorang pemula. Dalam bisnis dibutuhkan keberanian. Orang berani mungkin tak hidup selamanya, tapi yang berhati-hati takkan hidup sama sekali. Jangan pula terus tenggelam dalam sebuah penyesalan atas sebuah keputusan yang sudah terjadi. Terus maju menuju hal-hal positif adalah jalan satu-satunya untuk memperbaiki diri. Setiap entrepreneur  setingkat Daud yang berani menantang Goliath dengan ketapel dan kerikil.  Penawaran yang tepat dapat menjadi daya tarik tersendiri atas usaha yang sedang kita bangun (hal. 38-56).

Richard juga membeberkan rahasianya perihal cara dalam menghadapi risiko, apa saja yang dilakukan ‘Virgin’ saat menilai sebuah peluang bisnis baru. Bagaimana cara dalam menjaga image sebuah brand. Bagaimana cara mengajari karyawan agar mereka bisa berkata ‘kami’ atas nama perusahaan, bukannya ‘mereka’ saat menyebut rekan-rekan seperusahaan yang dinilainya tak beres dalam menjalankan tugas masing-masing. Masalah komunikasi menjadi hal yang urgen dalam hal pelayanan terhadap konsumen. Menegur dia yang menganggap dirinya telah melakukan sesuatu dengan sempurna, sebab ketika meyakininya, kebanyakan orang cenderung duduk bersantai menikmati kemenangan saat yang lain bersusah payah memperbaiki pekerjaan mereka. Bagaimana cara tak takut pada kegagalan dan justru memanfaatkannya sebagai alat memotivasi dan pembelajaran, menyalurkan perasaan negatif menjadi tindakan positif (hal. 60-75).

Di ‘Virgin’, konsumen menempati peringkat pertama atas hal apa saja yang wajib didahulukan setelah karyawan sebagai mitra kerja. Seni dalam melayani konsumen merupakan kunci berikutnya, yang membutuhkan sinergi antara dua unsur, kepiawaian karyawan serta opini konsumen.  Hal tersebut akan melahirkan brand awareness, yang merupakan jaminan bahwa Anda akan mendapatkan pelayanan yang baik, mendapatkan produk berkualitas tinggi yang takkan mengagetkan rekening bank Anda sebagai konsumen (hal. 79-100).

Seni dalam menjadi seorang pemimpin juga amat menentukan perkembangan perusahaan. Butuh kesabaran dan kerja keras ketika seorang manajer senior dituntut harus mengetahui segala hal yang masuk dan keluar di seluruh sudut perusahaan, serta mampu memberikan solusi praktis berdasar pengalaman langsung ketika menghadapi orang yang datang membawa masalah. Tak hanya itu, dalam buku ini masih ada banyak jurus lain yang diberikan Richard bagi seorang entrepreneur muda untuk mengatur gerbong perusahaan yang hendak diangkutnya. Sub-sub bab penyajiannya yang detil namun lugas akan membuat Anda mengerti dan mengangguk, seperti itulah rupanya ‘Virgin’ dibesarkan oleh bapaknya.* (Adi Zam-Zam)

 

Judul

: Like a Virgin

Penulis

: Richard Branson

Penerbit 

: Penerbit Kaifa (PT. Mizan Pustaka)

Tahun

: 2014

Genre 

: Bisnis

Tebal

: 358 Halaman

ISBN

: 978-602-7870-19-2

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230022

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit