Tangkal Diabetes & Tumpas Racun dalam Tubuh dengan Khasiat Mentimun Cetak E-mail
(1 vote)

Hidup Sehat Penuh Senyum Dengan Mentimun

Tangkal Diabetes & Tumpas Racun dalam Tubuh dengan Khasiat MentimunMentimun. Sayur yang lebih identik sebagai lalap ini, ternyata mengandung khasiat dahsyat bagi kesehatan. Bahkan dari berbagai penelitian diketahui bahwa buah ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Ini tak lepas dari kandungan gizinya yang cukup tinggi, seperti mengandung serat, potasium, dan magnesium yang semua itu baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi maupun rendah.

Pemanfaatan mentimun bagi kesehatan sebenarnya bukan hal baru. Menurut catatan sejarah, orang Romawi kuno sudah memanfaatkannya untuk mengobati gigitan kalajengking dan mengompres mata yang lelah. Memang kandungan gizinya cukup tinggi, yakni 0,65% protein, 0,1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Selain itu, mentimun juga megandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C (hal.33-34).

Sejalan dengan berkembangnya penelitian dalam dunia pengobatan, penyakit-penyakit yang bisa diatasi dengan mentimun pun kian banyak. Salah satunya yang dibahasa dalam buku ini adalah penyakit diabetes. Kemampuan menangkal diabetes terkait dengan hormon insulin yang terkandung di dalamnya. Hah itu dikarenakan mentimun mengandung mineral Mangan yang dibutuhkan dalam sintesis insulin alami. Dan para peneliti menemukan bahwa kandungan yang bernama sterol pada mentimun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Meskipun secara medis diabetes tidak dapat disembuhkan, tapi dengan rutin berolah raga, menjaga pola makan dan menganut pola hidup sehat, serta ditunjang dengan obat-obat herbal, salah satunya mentimun, kesembuhan diabetes bukan suatu yang mustahil. Karena, khasiat antidiabetik pada tanaman herbal ini telah dibuktikan secara ilmiah maupun empiris.

Untuk mencegah diabetes, kita cukup menyediakan mentimun segar (150-200 gram) yang sudah dicuci bersih lalu diparut dan hasil parutanya diperas dan disaring untuk diambil airnya lalu diminum secara langsung dua kali sehari. Selain itu, bisa juga dengan dijus (hal. 55).

Mentimun juga mampu menumpas racun dalam tubuh. Antioksidan yang ada pada buah mentimun ternyata mampu menyeimbangkan efek natrium dan zat besi pada daging yang berpotensi meningkatkan racun dalam tubuh. Dr. Saptawati Badosono, Dokter gizi yang mengingatkan untuk selalu mengiringi mengonsumsi sayur dan buah, temasuk mentimun sesudah makan daging.

Racun masuk dalam tubuh, selain bersama makanan, bisa juga bersama obat, udara yang terhirup, bahkan diri kita sendiri pun memproduksi racun atau zat-zat buangan (waste). Melalui proses metabolisme dan biokimia, melalui proses penciptaan dan pergantian sel-sel tubuh, atau melalui kegiatan organ-organ, tubuh kita menghasilkan radikal bebas, yaitu zat, atau racun yang harus dibuang. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan proses eliminasi racun.

Untuk melakukan proses eliminasi racun, ada banyak cara efektif, di antaranya dengan melakukan pijat aroma terapi, memperbanyak minum air putih, olahraga secara teratur, menguyah dengan pelan, rajin minum vitmin C, dan banyak makan sayur dan buah, salah satunya mentimun.

Fungsi mentimun bagi pembasmi racun dalam tubuh tak lepas dari besarnya kandungan air di dalamnya. Dalam satu buah mentimun saja terkandung 90% air. Untuk menangkal racun, mentimun cukup diblender dengan 75 g seledri dan 5 g jahe lalu diminum. Selain itu, kita juga bisa memblender dengan sayuran mentah segar semisal bayam, kubis, dan bit (hal.66).

Selain mengupas tentang khasiat mentimun untuk menangkal diabetes dan menumpas racun, buku ini juga menyajikan resep-resep untuk mengobati beragam penyakit lainnya. Misalnya untuk mengobati radang telinga, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah satu buah mentimun, 30 g rambut jagung, 30 g jombang, dan air 400 cc. Cara meramunya; rambut jangung dengan jombang direbus, mentimun diblender dengan air rebusan tersebut. Kemudian air hasil blenderan diminum 2 kali sehari (hal.74).

Sedang untuk membasmi panu yang perlu disiapkan adalah mentimun secukupnya, daun kemangi, kapur sirih, dan belerang secukupnya. Setelah dicuci bersih, semua bahan itu ditumbuk sampai halus, lalu oleskan dan gosokkan pada kulit yang terkena panu secara rutin (hal.130).

Selain murah dan mudah didapat, ternyata mentimun juga benar-benar memberi senyum pada kehidupan kita. (Moh. Romadlon)



Judul

: Tangkal Diabetes & Tumpas Racun dalam Tubuh dengan Khasiat Mentimun

Penulis

: Sheila Wijaya

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan

Tebal

: 140 Halaman

ISBN

: 978-6022-555-14-8

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447817

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit