Bulan Madu Sepanjang Waktu Cetak E-mail
(1 vote)

Keharmonisan Rumah Tangga untuk Selamanya

Bulan Madu Sepanjang WaktuIstilah honeymoon diterjemahkan dengan “bulan madu”. Ini mungkin langsung diasosiasikan pada suasana romantis penuh kemesraan pengantin baru. Hari-hari terasa demikian indah. Setiap saat selalu tergelar senyum hangat, sapaan lembut, dan gurauan manis yang menggetarkan perasaan.

Sayangnya, suasana kemesraan kerap tak bertahan lama. Buku ini berdimensi perenungan dan penyadaran, kemesraan dan romantisme semestinya langgeng. Dalam konsep kristiani, yang telah dipersatukan Tuhan tidak dapat diceraikan manusia.

Maka, sangat menyedihkan setiap ada perceraian dalam perkawinan yang baru beberapa waktu seperti pada kalangan selebritas. Terkadang sebabnya hanya persoalan remeh-temeh. Belum genap setahun, mereka bercerai. Ada pula pasangan yang terlihat begitu harmonis bertahun-tahun, akhirnya berantakan juga.

Padahal, ketika menikah telah ada janji dan komitmen. Pernikahan adalah perjanjian agung untuk menyatukan dua hati dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Masa-masa awal pernikahan, bulan madu, memang indah.

Akan tetapi, banyak di antara pasangan yang gagal mempertahankan setelah menapaki kehidupan rumah tangga yang sesungguhnya. Tidak sedikit yang gagal membina keharmonisan rumah tangga. Ada pasangan yang terlibat pertengkaran, tidak bisa didamaikan. Mereka seakan lupa bahwa dulu pernah bulan madu bersama (hal 13).

Untuk membina kehidupan rumah tangga bahagia, tak mungkin menuntut kesempurnaan dari pasangan. Suami tak mungkin begitu sempurna di hadapan istri, begitu pula sebaliknya. Dengan pernikahan, justru keduanya harus saling melengkapi dan membantu dalam kebaikan. Ibarat sebuah jalan, kehidupan rumah tangga selalu dipenuhi tanjakan, kerikil, dan duri-duri siap mengoyak (hal 27).

Dalam buku ini, rumah tangga beberapa tokoh bisa dijadikan cermin. Gus Dur dan Shinta Nuriyah terus langgeng dan mesra sepanjang waktu. Saat Shinta Nuriyah les bahasa Inggris, Gus Dur selalu mengantar dan menjemput. Sederhana memang, tetapi itulah sebentuk perhatian.

Memberi perhatian kepada seorang istri tak harus dengan sesuatu yang besar. Dengan hal kecil pun bisa menjadi jalan meraih kebahagiaan dan keharmonisan, sejauh dilakukan penuh ketulusan. Sepanjang usia pernikahan, Gus Dur dan istrinya saling memperhatikan. Ini membuat mereka tak kehilangan romantisme, betapapun banyak keterbatasan (hal 208-209).

BJ Habibie juga dikenal sebagai sosok suami setia dan sangat perhatian pada istrinya, Hasri Ainun. Mereka memulai rumah tangga dengan perjuangan dan pengorbanan tidak mudah di Jerman. Namun, mereka saling menopang dan menguatkan. Mereka bersama dalam suka dan duka. Kisah kedua pasangan tadi menarik disimak dan diteladani. Betapa mesranya mereka sehingga tak heran bila Habibie seperti kehilangan separo jiwa ketika istrinya meninggal dunia (hal 213-216).

Kisah-kisah keluarga lainnya dapat diikuti dan diambil hikmah pada bagian kedua buku ini, yakni romantisme keluarga. Ibarat butiran mutiara, kehidupan rumah tangga niscaya dijaga dan terus direkatkan dengan bulan madu setiap hari. Sejatinya, pernikahan bukan sekadar janji tiap pribadi karena melibatkan Tuhan. Pernikahan harus berjalan harmonis di dalam kekuatan Tuhan yang mempersatukan keduanya. (Rr S Ng Budhi Dariyah Astuti - sumber: www.koran-jakarta.com)
 

 
 

Judul

: Bulan Madu Sepanjang Waktu

Penulis

: Salman Rusydie Ar dan Nurlaela

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2013

Genre 

: Pernikahan

Tebal

: 232 Halaman

ISBN

: 978-6022-553-29

 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PERNIKAHAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31883678

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit