Pacaran After Merid Cetak E-mail
(17 votes)

Indahnya Pacaran Setelah Menikah

Pacaran After MeridMenikah, seperti halnya cinta, merupakan fitrah manusia. Pernikahan dan cinta ibarat 2 tiang penentu yang akan menjadi penyangga kebahagiaan lahir dan batin bagi setiap pasangan. Menikah tanpa cinta, ibarat kendaraan tanpa pengemudi yang mumpuni (ia tak ingin atau tak bisa mengemudi, tapi dipaksa untuk mengemudi). Sehingga kendaraan (pernikahan) itu akan oleng, tak seimbang, dan rentan terjadi kecelakaan (pertengkaran bahkan perceraian).

Banyak orang salah paham bahwa hukum menikah adalah sunnah. Padahal, tidak setiap pernikahan itu dihukumi sunnah. Menurut catatan blog Irfan Addriadi, hukum menikah itu ada 5 macam; wajib, sunnah, makruh, khilaful aula, dan haram. Hukum wajib menikah ditujukan (misalnya) kepada orang-orang yang memiliki libido tinggi dan sulit menahan gelora nafsunya sehingga jika tak cepat-cepat menikah dikhawatirkan akan terjerumus kepada perzinahan.

Hukum menikah menjadi sunnah jika dia memiliki 2 syarat. Pertama, memiliki keinginan untuk menikah. Kedua, telah mengantongi bekal yang cukup untuk menikah, meliputi nafkah lahir serta batin. Makruh menikah bagi mereka yang belum memenuhi 2 persyaratan tersebut (belum ingin menikah dan belum memiliki bekal yang cukup). Menikah dapat dihukumi khilaful aula jika hanya memiliki salah satu syarat di atas). Definisi khilaful aula adalah; sesuatu yang dianjurkan untuk ditinggalkan namun tidak berdasarkan larangan secara jelas. Ada juga ulama yang berpendapat bahwa khilaful aula sama artinya dengan makruh.

Pernikahan menjadi hal yang diharamkan bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk melaksanakan hak-haknya. Misalnya bagi lelaki yang lemah syahwat atau tidak memiliki hasrat kepada lain jenis. Contoh lain, haram hukumnya menikahi saudara sekandung, atau bagi mereka yang memiliki tujuan tidak baik, misalnya menikahi seseorang dengan tujuan meraup harta kekayaannya saja atau untuk menyakiti pasangannya.

Kelima hukum pernikahan tersebut memberikan sebuah pemahaman kepada kita semua untuk lebih arif dan bijaksana ketika berhadapan dengan orang yang belum menikah. Jangan sampai kita menghakimi mereka, apalagi sampai mengklaim bahwa mereka yang belum menikah bukan tergolong umatnya Rasulullah Saw. Karena kualitas hidup seseorang ditentukan dari ketakwaannya kepada Allah Swt., bukan dari statusnya yang masih lajang atau telah menikah.

Buku berjudul ‘Pacaran After Merid’ ini mengurai seputar indahnya menjalani hidup melalui sebuah bingkai pernikahan. Buku ini bagus dijadikan bacaan buat para pasangan yang hendak menikah, bahkan bagus pula dibaca mereka yang telah menikah. Sayangnya, pemahaman penulis terkait pernikahan masih agak dangkal, sehingga penulis hanya memaparkan bahwa hukum menikah hanya sebatas sunnah. Namun, di balik kekurangan buku ini, terselip hikmah bahwa menikah itu seharusnya dipercepat bagi mereka yang telah mampu secara lahir dan batin.

Pernikahan tentu saja lebih aman dan indah prosesnya bila dibandingkan dengan cara-cara nyelonong (melakukan hal-hal tak senonoh) sebagaimana banyak kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Seseorang yang telah menikah, tentu akan lebih leluasa melakukan hal-hal yang sebelum menikah dilarang oleh syariat. Dalam hal ini, Allah berjanji akan memberikan beragam keberkahan hidup di dunia dan akhirat bagi mereka yang melabuhkan cinta pada ikatan pernikahan.

Akan tetapi, hal tak kalah penting yang harus dilakukan oleh seseorang yang memutuskan untuk menikah adalah; belajar ilmu tentang pernikahan, sehingga masing-masing pasangan dapat memahami dan melakukan hal-hal yang memang telah menjadi kewajibannya. Jangan sampai melakukan hal yang tak dilandasi ilmu pengetahuan, sebab beramal tanpa didasari ilmu pengetahuan maka tak akan diterima amalannya.

Rasulullah Saw., pernah bersabda, “Hai para pemuda, barang siapa di antara kamu yang sudah mampu menikah, maka nikahlah, karena sesungguhnya nikah itu lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih dapat menjaga kemaluan. Dan barang siapa yang belum mampu, maka hendaklah ia berpuasa, karena berpuasa itu baginya (menjadi) pengekang syahwat.”

Ya. Bagi sebagian orang, pernikahan merupakan sebuah proses pendewasaan sekaligus perjalanan hidup paling seru dan indah. Cinta yang sebenarnya itu baru akan terbentuk pada saat pernikahan itu telah terjadi. Seromantis apa pun seseorang terhadap pasangannya, jika belum menikah maka romantisme itu hanya omong kosong belaka. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul

: Pacaran After Merid

Penulis

: @Zizi_Hefni

Penerbit 

: de TEENS

Tahun

: 2014

Genre 

: Pernikahan

Tebal

: 236 Halaman

ISBN

: 978-6027-968-33-2

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PERNIKAHAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225512

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit