Uhibbuka Fillah; Aku Mencintaimu Karena Allah Cetak E-mail
(23 votes)

Cinta Tak Selalu Harus Memiliki

Uhibbuka Fillah; Aku Mencintaimu Karena AllahRasa cinta merupakan anugerah Tuhan yang harus senantiasa kita syukuri. Sejak zamannya Nabi Muhammad Saw. begitu banyak kisah cinta yang dapat dijadikan sebagai teladan hidup. Salah satunya adalah kisah cinta yang dialami oleh Salman al-Farishi yang begitu menyedihkan, mengharukan, sekaligus menggambarkan kekuatan seorang lelaki yang tengah patah hati.

Sungguh, alangkah indahnya hidup ini bagi para pasangan yang akhirnya dapat menyatukan cinta sejati mereka hingga ke kursi pelaminan dan hidup berbahagia hingga akhir hayat. Dan betapa begitu menderitanya bagi mereka yang harus mengekang rasa cintanya, bersebab orang yang selama ini dicintai ternyata tak memiliki rasa senada seirama.

Cinta sejati memang tak selalu harus memiliki. Namun yang terpenting adalah, bagaimana kita berusaha mengelola hati agar hidup yang kita jalani tetap baik-baik saja dan berada di dalam garis syariat ketika cinta yang kita rasakan ternyata bertepuk sebelah tangan. Sebagaimana Salman al-Farishi yang tetap move on saat hatinya remuk redam melihat gadis yang dicintainya menolak mentah-mentah cintanya. Dan yang lebih menyakitkan justru gadis itu malah memilih Abu Darda’, sahabat sekaligus saudaranya sendiri. Hebatnya, selain berusaha merelakan dengan ikhlas hati, Salman juga menyiapkan mahar serta nafkah kepada Abu Darda’ bahkan ia dengan lapang hati mau mendatangi pernikahan mereka.

Salman al-Farishi adalah contoh seorang pencinta sejati. Ia tak mau membalas dendam kepada orang yang telah membuatnya sakit hati. Justru ia malah membalasnya dengan kebaikan. Inilah yang seharusnya kita teladani. Sebab, pada hakikatnya, segala sesuatu di dunia ini tak ada yang berhak kita miliki. Jangankan calon istri atau suami, bahkan nyawa pun bukan milik kita, tetapi milik Allah semata.

Uhibbuka Fillah; Aku Mencintaimu Karena Allah merupakan novel religius yang bertutur tentang kisah cinta sejati mengharukan yang sedikit mirip dengan kisah cinta yang pernah dialami oleh Salman al-Farishi. Adalah Dana, pemuda yang telah lama mengagumi pesona kecantikan Aini, sahabat satu kos sekaligus satu sekolah di sebuah SMA unggulan di daerah Kediri Jawa Timur.

Bukan hanya paras Aini yang memesona. Akan tetapi perangainya juga mencerminkan wanita salihah yang selalu berusaha menjaga pergaulan dengan lawan jenis. Dana yang dulu urakan dan bengal, sejak mengenal Aini, sikapnya perlahan berubah. Kekuatan cinta memang begitu hebat dan dahsyat, mampu mengubah seseorang menjadi lebih baik, sebagaimana yang terjadi pada sosok Dana.

Bahkan tak hanya Dana, Rini teman karib Aini yang sebelumnya ragu-ragu untuk berhijab pun akhirnya memantapkan diri berhijab. Itu semua berkat Aini yang selalu memberikan support kepada Rini bahwa mengenakan hijab adalah sebuah keniscayaan bagi wanita muslimah untuk menjaga kehormatan dan pergaulan.

Selama tiga tahun, Dana mampu menahan perasaannya pada Aini. Tak berani ia nembak atau menyatakan rasa suka sebagaimana umumnya remaja saat ini. Bahkan dengan Syaqim, teman karibnya, ia cukup tertutup, tak berani menceritakan bahwa diam-diam ia mengagumi dan mencintai Aini. Hingga akhirnya masa kelulusan SMA pun tiba.

Aini memilih melanjutkan kuliah di salah satu universitas di Malang, Jawa Timur bersama Rini, sahabatnya. Sementara Dana dan Syaqim, kuliah di Surabaya. Meski keempat sahabat itu cukup berjauhan, akan tetapi terkadang Dana dan Syaqim menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Malang, menjumpai Aini dan Rini.

Hingga pada suatu hari, Dana memutuskan untuk menyatakan isi hatinya kepada Aini. Tak hanya menyatakan isi hati, tapi Dana benar-benar serius ingin menjalin hubungan hingga ke jenjang yang diridhoi Tuhan yakni pernikahan. Namun, ternyata Aini menolak. Aini tak bisa menerima Dana sebab hatinya tak memendam rasa suka padanya. Ia hanya menganggap Dana sebagai seorang sahabat. Dan sebuah rahasia pun terkuak. Ternyata selama ini, Aini telah memiliki tambatan hati. Aini diam-diam tengah menunggu pemuda cinta sejatinya yang keberadaannya kini entah di mana.

Adalah Hasan, pemuda yang sangat disetiai Aini yang merupakan teman SMP-nya dulu. Namun sejak tamat SMP, keduanya terpisah oleh jarak dan waktu. Hanya surat-surat yang secara rutin dikirimkan Hasan kepada Aini sebagai alat komunikasi. Namun, entah mengapa, komunikasi via surat itu akhirnya terputus. Namun, Aini tetap memeram keyakinan dan menjaga rasa cintanya pada Hasan. Ia yakin suatu saat Hasan akan kembali dan membuktikan keseriusannya untuk melamar dan menikahinya.

Meski menanggung rasa sakit dan patah hati tak terperi, namun Dana berusaha tak membenci Aini. Ia berusaha menghormati perasaan Aini yang tak mencintainya. Bahkan, Dana akhirnya memutuskan untuk membantu Aini mencari keberadaan Hasan agar cinta keduanya bisa segera dipersatukan dalam sebuah bingkai pernikahan.

Dan betapa terluka dan kecewanya Aini setelah begitu lama menunggu, sosok lelaki yang selama ini dinanti ternyata telah mendua hati. Hasan telah menemukan tambatan hati yang baru. Bahkan Hasan dan Atiqa, nama gadis yang dicintainya itu, tak lama lagi akan segera melangsungkan pernikahan. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul

: Uhibbuka Fillah; Aku Mencintaimu Karena Allah

Penulis

: Ririn Rahayu Astuti Ningrum

Penerbit 

: Wahyu Qolbu

Tahun

: 2014

Genre 

: Novel Islami

Tebal

: 304 Halaman

ISBN

: 979-795-825-6

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL ISLAMI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203372

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit