Guide Book for Scholarship Hunter Cetak E-mail
(1 vote)

Rahasia Mengakrabi Wawancara Beasiswa

Guide Book for Scholarship HunterIbarat pertandingan, bagi calon penerima beasiswa sesi wawancara adalah laga final. Merupakan titik klimaks atau penentu antara diterima atau gagal. Piala sudah di depan mata, semua persiapan dan amunisi adalah sebuah keniscayaan.  .

Buku ini secara khusus membahas tetek-bengek mengenai wawancara beasiswa berdasar pengalaman yang diserap penulis ketika berhasil melewati sesi wawancara atau pun yang diserap dari teman dekat dan para gurunya.

Wawancara adalah sebuah aktivitas yang sangat spesial dan unik, karena dalam sesi ini sering muncul sisi-sisi yang tak terpikirkan. Oleh karena dari awal harus matang mempersiapkan masalah teknis, mental, dan masalah wawasan (hal. 9) Sedang dalam pemahaman umum wawancara bisa diartikan sebagai salah satu bentuk komunikasi interpersonal yang paling dinamis (hal. 23). 

Sesi wawancara secara prinsip bertujuan menggali secara riil dan detail tentang diri seseorang yang bisa dirinci dalam beberapa poin. Pertama, mencari orang yang cocok dan pas, baik dari tingkat kecerdasan, sifat, dan kepribadian. Kedua, menggali data yang tidak ada dalam CV ataupun keterangan tambahan dalam esai. Oleh karena itu, calon harus siap bahwa pewawancara akan menanyakan banyak hal di luar keterangan yang sudah disiapkan. Misalnya, suka menonton film apa? Kapan menikah? Apa judul skripsi dan berapa nilai yang didapat? dan banyak hal lain. Ketiga, untuk membuat keputusan. (hal.29-35)

    Seorang calon harus menghapus prasangka terhadap tim panelis. Harus disadari, selama sesi wawancara, tim panelis akan selalu bersikap netral. Maka, calon tidak perlu mendebat secara berlebih, menantang sikap, pendirian, atau pun emosi-emosi mereka. (hal. 39).

Selanjutnya, calon penerima beasiswa juga harus mengakrabi situasi wawancara. Ada beberapa poin penting yang cukup efektif tentang bagaimana berlatih dan membiasakan diri dengan wawancara. Pertama, menguasai pertanyaan-pertanyaan standar. Menurut Bernando, cara etis mengakrabi wawancara adalah dengan mengakrabkan diri dengan pertanyaan demi pertanyaan yang jamak muncul.

Kedua, simulasi wawancara. Meski tidak betulan, tapi simulasi akan membantu calon berlatih mengutarakan ide dan pemikiran yang sudah tertulis dalam formulir aplikasi. Selain itu, juga bisa untuk menggali dan mengukur kira-kira pertanyaan apa yang mugkin ditanyakan. (hal. 52-53). Cara lainnya adalah belajar dari orang yang sudah berpengalaman dan belajar memilih kalimat.

Selain penguasaan teknis dan wawasan, kesiapan mental juga merupakan hal mutlak dalam wawancara. Ingat, keberhasilan wawancara 75% dipengaruhi mental dan 25% sisanya merupakan kemampuan mengaitkan setiap pertanyaan dengan pengalaman yang pernah dialami peserta beasiswa. Rasa percaya diri bisa dibangun dengan menfokuskan diri pada persiapan dan banyak membaca tips-tips wawancara. (hal. 69)

Dalam sesi wawancara mental betul-betul diuji dengan berbagai pertanyaan ataupun bahasa tubuh yang ditunjukan pewawancara. Terkadang mereka menanyakal hal-hal yang sifatnya tidak penting, bahkan tidak masuk akal. Atau mereka melakukan aksi-aksi tak terduga, semisal sibuk membaca koran atau asyik menulis catatan dan membiarkan peserta berdiam diri. Hal itu guna menguji mental.

Bekal mental dan percaya diri akan menentukan sikap dan posisi peserta kala berada di meja wawancara. Banyak ahli menilai, percaya diri merupakan faktor penting yang akan memberikan perbedaan besar antara sukses dan gagal.

Sementara kematangan dalam persiapan teknis wawancara, seperti penampilan, dan kehadiran on-time, -meskipun tidak membuat seseorang berubah, tapi akan bisa membantu membangun rasa percaya diri. (hal. 84-85)

Selain itu rasa percaya diri juga bisa dibangun dengan cara mendengarkan pesan-pesan atau ceramah motivasi dari orang lain, selalu duduk di deret terdepan, berusaha berjalan dengan cepat, belajar mengungkapkan pikiran dengan perkataan, dan bersyukur (hal. 86-90)

Selanjutnya, Bernando J Sujibto mengupas tentang beragam teknis wawancara yang mesti diperhatikan, seperti masalah penampilan, sikap menjelang dan sedang wawancara, suara dalam menjawab pertanyaan, dll. Buku ini ditutup penulis dengan membedah kemungkinan pertanyaan yang sering ditanyakan panelis dalam sesi wawancara beasiswa.

Banyak orang dengan kecerdasan di atas rata-rata gagal mendapatkan beasiswa hanya karena tak lihai melewati sesi wawancara yang sangat unpredictable dan penuh jebakan ini. Tak ada kunci melewatinya selain persiapan matang dan penampilan yang meyakinkan. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Guide Book for Scholarship Hunter

Penulis

: Bernando J Sujibto

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2014

Genre 

: Pendidikan

Tebal

: 230 Halaman

ISBN

: 978-602-255-437-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENDIDIKAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225608

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit