Sejarah Lengkap Kota Makkah dan Madinah Cetak E-mail
(35 votes)

Sejarah Luar Biasa 2 Kota Islam

Sejarah Lengkap Kota Makkah dan MadinahMakkah dan Madinah merupakan 2 kota terpenting dalam sejarah Islam. Di kedua kota itulah, Islam lahir dan berkembang hingga ke seantero pelosok dunia. Kota Makkah menyimpan banyak sekali keistimewaan sekaligus keutamaan bagi umat Islam yang pernah (atau akan) mengunjunginya. Makkah adalah sebuah kota utama di Arab Saudi dan kota penting bagi umat Islam di seluruh dunia karena kota ini menjadi tujuan utama kaum muslimin dalam menunaikan ibadah haji.

Di Makkah, terdapat bangunan utama yang bernama Masjidil Haram dengan Ka’bah berada di dalamnya. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa keberadaan Ka’bah adalah sebagai patokan arah kiblat untuk ibadah shalat umat Islam di berbagai penjuru dunia ini. Makkah juga merupakan kota suci dan tempat lahirnya Nabi Muhammad Saw. (hal 14-16).

Di bidang pemerintahan, sistem administrasi pemerintahan Kota Makkah dipimpin oleh seorang wali kota (amir) yang ditunjuk oleh pemerintah Arab Saudi dan dibantu majelis dewan kota yang dipilih oleh masyarakat setempat sebanyak 14 orang. Di sektor ekonomi, Makkah dikenal sebagai kota dagang. Pada zaman dulu, kota ini dikenal dengan jalur perdagangan antara Yaman-Makkah-Madinah-Damsyiq (Damaskus) dengan penghasilan sekali pemberangkatan kafilah mencapai 600.000 pound (hal 30).

Sementara itu, di sektor pendidikan, Kota Makkah merupakan pusat agama Islam. Pendidikan formal telah mulai dikembangkan sejak akhir periode Utsmani yang terus berlangsung sampai tahun 1912. Pada tahun tersebut, Muhammad Ali Zainal Ridha, pedagang dari Jeddah, mendirikan Madrasah al-Falah di Makkah. Sampai tahun 2005, di Makkah terdapat 532 sekolah umum untuk pria dan 681 sekolah umum untuk kaum wanita (hal 31).

Kota Makkah memiliki banyak sekali keistimewaan. Di antaranya, kota Makkah (dan Madinah) merupakan 2 kota yang tidak akan didatangi oleh Dajjal, setiap amal kebaikan yang dilakukan di kota tersebut akan dilipatgandakan, shalat di Masjidil Haram lebih utama 100 ribu kali daripada shalat yang dilakukan di masjid-masjid lainnya, Makkah merupakan kota yang paling disayangi Allah, dan masih ada beberapa keistimewaan lainnya yang dijabarkan dalam bab ini (hal 32-38).

Selain membahas tentang sejarah Kota Makkah, buku ini juga mengulas sejarah Kota Madinah. Madinah merupakan kota suci kedua umat Islam setelah Makkah, yang dikunjungi oleh para jamaah haji dari seluruh penjuru dunia. Kota ini terletak di tengah-tengah daratan negara Arab Saudi. Jarak antara Kota Makkah dan Kota Madinah kurang lebih 450 km (hal 159).

Kota Madinah, sebelum datangnya agama Islam, bernama Yatsrib. Sebutan Madinah dikenal setelah masuknya agama Islam ke kota ini. Madinah juga dikenal dengan sebutan Madinatun Nabi (Kota Nabi) atau Madinah al-Munawarah (Kota yang Bercahaya). Kondisi sosial masyarakat Yatsrib sebelum datangnya Nabi Muhammad membawa ajaran Islam, mirip dengan kondisi Kota Makkah. Suku-suku dan kelompok masyarakat yang tinggal di sana berperang satu sama lain. Tidak ada suatu model pemerintahan yang mengatur kehidupan masyarakatnya, seperti halnya kerajaan. Kekuasaan berada di tangan suku-suku atau kelompok tertentu secara bergantian. Bergantung kepada siapa yang paling kuat di antara mereka (hal 172).

Buku yang dicetak secara ekslusif ini terbilang lengkap dan cukup detail dalam memaparkan sejarah Kota Makkah dan Madinah. Mulai dari awal (pra-Islam) hingga modern (saat ini), lengkap dengan letak geografisnya. Tempat-tempat bersejarah yang memiliki nilai tinggi bagi umat Islam juga diungkap penulis dalam buku ini.

Bagi umat Islam yang tahun ini akan menunaikan ibadah haji atau umrah, buku ini bisa dijadikan sebagai referensi penting untuk memahami sejarah Kota Makkah dan Madinah. Dengan memahami sejarah sekaligus keistimewaan 2 kota tersebut, diharapkan dapat membantu kekhusyukan umat Islam ketika tengah menunaikan ibadah haji dan umrah. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul

: Sejarah Lengkap Kota Makkah dan Madinah

Penulis

: Abdul Hadi Zakaria

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2014

Genre 

: Sejarah Islam

Tebal

: 270 Halaman

ISBN

: 978-6022-554-11-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
SEJARAH ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203254

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit