Mengatasi Pikiran Negatif Cetak E-mail
(2 votes)

Dampak Pikiran Negatif Bagi Kesehatan dan Karir

Mengatasi Pikiran NegatifPikiran dan otak merupakan titik pembeda antara manusia dan makhluk Tuhan lainnya. Dengan pikiran, manusia bisa lebih mulya dari mahluk yang paling suci, tapi dengan pikiran juga manusia bisa menjadi lebih buruk dari hewan terjelek sekali pun. Lebih jauh, jika diarahkan untuk kebaikan, pikiran akan memberi keberuntungan. Sebaliknya jika disalahgunakan akan mendatangkan keburukan dan petaka. Fenomena itu yang menegaskan adanya pikiran positif dan negatif

Tentu setiap orang ingin menjadi manusia baik yang selalu memiliki keberuntungan, kesuksesan dan kebahagian dalam hidup. Tapi bagi sebagian orang, mengendalikan pikiran tampaknya menjadi persoalan serius.

Sebetulnya, secara prinsip mengendalikan pikiran tidak begitu rumit karena berpikir positif itu pun cukup sederhana. Sebagaimana dikatakan dalam sebuah sumber, pikiran positif, adalah sikap mental yang melibatkan proses memasukkan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang membangun bagi perkembangan pikiran (hal. 11).

Orang yang  berpikir positif, yang berusaha memandang sesuatu dengan logis  akan selalu memandang masalah sebagai tantangan, berusaha menikmati hidup, lebih terbuka terhadap masukan dan kritikan, menyukuri apa yang ada, lebih banyak bertindak dari pada bicara, dan ciri-ciri positif lainya (hal. 18-21). Sedangkan ketika seseorang pikiranya sudah tidak logis, terkikis oleh beragam persepsi dan prasangka buruk, maka dipastikan ia sudah terjungkal dalam pikiran negatif.

Pikiran negatif sebetulnya bukan hal yang timbul begitu saja, melainkan dipengaruhi banyak hal. Salah satunya kurang wawasan keagamaan. Pasalnya, setiap agama tentu mengajarkan umatnya untuk selalu berpikir logis. Misalnya, dalam menghadapi nasib buruk. Orang yang luas wawasan agamanya akan menganggap musibah sebagai sebuah hal yang mesti dipecahkan, bukan untuk dipermasalahkan. Sedang bagi orang yang pemahaman agamanya kurang, nasib sial bukan dianggap sebagai medan untuk memperbaiki diri, tapi malah dibawa ke ranah yang lebih buruk lagi (hal. 31-32). Selain itu, pikiran negatif bisa timbul karena jauh dari Tuhan, pengaruh lingkungan dan keluarga, memiliki rutinitas negatif, semangat yang lemah, persahabat yang tidak baik, dll.

Buku ini juga membicarakan dampak buruk dari pikiran negatif. Satu alasan mengapa agama sangat melarang berpikir negatif, karena sangat merugikan bagi kesehatan dan kehidupannya. Berdasarkan penenelitian 75% dari masalah penyakit fisik manusia diakibatkan oleh gangguan mental dan emosi yang semuanya berasal dari pikiran. Dibalik itu, menurut satu penelitian lain, otak juga dapat mengatur produksi berbagai senyawa kimia yang mampu memulihkan kesehatan dari kondisi apa pun (hal. 59-60).  

Sementara menurut Masaru Emoto, pikiran negatif yang berlangsung lama akan mempengaruhi organ-organ tubuh tertentu yang pada akhirnya membuatnya tidak bisa bekerja maksimal, karena organ-organ tersebut mengalami penurunan kualitas. Akibatnya, muncullah berbagai penyakit degeneratif, baik ringan maupun berat.

Dari rasa cemas misalnya bisa menimbulkan gangguan atau penyakit fisik dan psikis. Gangguan psikis yang ditimbulkan anatara lain, psikoneurosa, hysteria, somnabulisme, fobia, dll. Di mana semua gangguan psikis itu tentu akan menjalar pada penyakit fisik (hal. 64-66). Semisal dari stress berkepanjangan akan menyebabkan daya tahan menurun sehingga mudah sakit, meningkatkan resiko serangan jantung, obesitas, depresi, dan juga dapat mengganggu siklus haid (hal. 72-74).

Pikiran negatif tidak hanya menggangu kesehatan fisik, namun juga mempengaruhi kualitas hidup. Orang yang terbiasa melihat segala hal dari sisi negatif akan mudah bimbang. Merasa selalu diombang-ambingkan oleh ketakutan dan kecemasan pada hal-hal yang sebetulnya belum tentu ada. Selain itu, orang tersebut juga mudah putus asa, sulit berprestasi dan sulit menemukan dan mengembangkan potensi diri secara maksimal.

 Buku ini juga menyajikan pembahasan tentang tips-tips cerdik untuk membebaskan otak dari perangkap pikiran negatif, di antaranya mengubah cara pandang, menganggap diri dengan hal-hal positif, bersyukur, ikhlas menerima segala sesuatu, mengurangi konsumsi berita berbau negatif, dll

Pikiran merupakan titik sentral dari segala aktifitas badan dan jiwa seseorang. Maka, bilamana seseorang mau merubah hidupnya menuju ke arah lebih baik, cukuplah dengan merubah pikiran negatif menjadi positif.  (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Mengatasi Pikiran Negatif

Penulis

: Moh. Akhyak

Penerbit 

: Laksana

Tahun

: 2014

Genre 

: Pengembangan Diri

Tebal

: 173 Halaman

ISBN

: 978-6022-554-93-6

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236778

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit