Buku Pintar Beracara Cetak E-mail
(4 votes)

Panduan Seputar Masalah Hukum

Buku Pintar BeracaraDalam hidup ini, kita harus berusaha menjaga hubungan baik dengan Allah (hablum minalloh) dan sesama manusia (hablum minannaas). Hubungan baik kepada Sang Maha Pencipta tak hanya sekadar meyakini keimanan di dalam lubuk hati, akan tetapi juga harus dibuktikan dengan tindakan nyata misalnya berusaha selalu menaati segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Sementara hubungan baik dengan sesama manusia banyak sekali contohnya, misalnya saling menghormati dan menghargai perbedaan, menjalin kerjasama (bisnis) dengan baik sesuai ketentuan syariat, menghindari hal-hal yang dapat memicu pertikaian, dan lain sebagainya.

Sebagai makhluk sosial, kita tentu tidak bisa terlepas untuk berinteraksi dengan orang lain. Dalam tatanan organisasi masyarakat dan negara, setiap orang dapat dipastikan memiliki kepentingan. Namun di tengah beragam kepentingan tersebut, terkadang kita sulit menghindari benturan dengan orang lain sehingga memicu ketidakharmonisan atau perselisihan. Nah, untuk mengantisispasi berbagai hal yang tak diinginkan itulah, maka diperlukan suatu tatanan atau hukum agar tercipta ketertiban sekaligus ketentraman (halaman 8).

Hukum, sebagai pranata sosial, memiliki peranan penting dalam masyarakat. Selain itu, hukum juga mencakup berbagai aspek yang ada di dalam masyarakat, termasuk administrasi, persoalan kenegaraan, buruh, dan lain-lain. Namun dari sekian banyak cakupan hukum, hukum privat dan hukum publik adalah yang paling bersinggungan dengan setiap individu serta kepentingan umum. Atau, dengan kata lain, hukum publik biasa disebut ‘hukum pidana’, dan hukum privat disebut ‘hukum perdata’.

Hukum pidana adalah hukum yang mengatur antara anggota masyarakat sebagai warga negara dengan negara sebagai penguasa tata tertib masyarakat (hubungan yang mengatur antara orang dan negara). Sedangkan yang dimaskud hukum perdata adalah hukum yang mengatur individu dengan individu atau yang mengatur hubungan perorangan (halaman 9).

Dalam ranah hukum publik, proses perkara pidana dan perdata memiliki tahapan yang berbeda. Meskipun pada akhirnya akan bermuara pada pengadilan yang sama atau setingkat. Dalam aturan hukum di negeri ini, setiap orang yang berperkara hukum, harus terlebih dahulu melaporkan ke pihak yang berwajib. Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Perdana (KUHP) bahwa pelapor, yaitu setiap orang yang mengalami, melihat, menyaksikan dan atau menjadi korban peristiwa yang merupakan tindak pidana, berhak mengajukan laporan atau pengaduan kepada penyelidik atau penyidik, baik secara lisan maupun tertulis (halaman 18).

Untuk mempermudah kinerja kepolisian, wilayah perkara dibagi berdasarkan wilayah administrasi kepolisian. Wilayah hukum kepolisian meliputi; daerah hukum kepolisian markas besar (mabes) Polri untuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, daerah hukum kepolisian daerah (Polda) untuk wilayah provinsi (misalnya D.I. Yogyakarta), daerah hukum kepolisian resort (polres) untuk wilayah kabupaten/kota, daerah hukum kepolisian sektor (polsek) untuk wilayah kecamatan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) apabila berkaitan dengan tindak pidana korupsi dan tindak pidana suap, atau pos polisi terdekat yang saat ini sudah banyak dibangun di sudut-sudut kota jika memang perkaranya darurat (halaman 19).

Berdasarkan pengertian di atas, maka ketika kita hendak melaporkan sebuah kasus, maka harus dipahami terlebih dahulu di mana wilayah kasus tersebut terjadi, agar perkaranya bisa direspon dengan baik oleh aparat yang berwenang. Terkait hal ini, kita bertindak sebagai pelapor. Sedangkan pihak-pihak yang dilaporkan dalam perkara tersebut dinamakan terlapor.

Buku ini akan memandu kita untuk lebih memahami konteks perkara hukum yang berlaku di negeri ini yang meliputi; bagaimana mekanisme dalam beracara pidana dan perdata mulai dari tahap pelaporan hingga proses perkara di pengadilan, bagaimana cara meminta bantuan hukum dan pendampingan hukum, dan lain sebagainya. (Sam Edy Yuswanto).

***

  

Judul

: Buku Pintar Beracara

Penulis

: Lukman Santoso Az.

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Hukum

Tebal

: 232 Halaman

ISBN

: 978-6022-554-85-1

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
HUKUM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230038

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit