Panduan Terlengkap Pramuka Cetak E-mail
(2 votes)

Memahami Seluk-Beluk Dunia Pramuka

Panduan Terlengkap PramukaBerbicara tentang pramuka, tentu kita tidak bisa lepas dari nama Sir Robert Baden-Powel yang merupakan pendiri Kepanduan Pramuka. Gerakan ini didirikan di Inggris tahun 1907, yang program dasar gerakannya diilhami oleh dua organisasi remaja yang telah lebih dahulu terbentuk: Sons of Daniel Boone, didirikan oleh Daniel Carter Beard, seorang naturalis-illustrator, dan Woodcraft Indian, yang dipelopori oleh Ernest Thompson Seton, seorang penulis Inggris kelahiran Kanada.

Sejak dibentuk oleh Sir Robert Baden-Powell di Inggris, maka, berdiri pula organisasi-organisasi kepanduan di banyak negara, seperti di Amerika Serikat pada tahun 1910. Setiap pandu mengucapkan sumpah pandu, dan berusaha menjadi seorang yang “kuat jasmaninya, kuat mentalnya, dan bermoral baik.” Sementara kepramukaan masuk ke Indonesia (pada waktu itu masih Hindia Belanda, karena negara kita sedang dijajah orang Belanda) pertama-tama dibawa oleh orang Belanda. Organisasinya bernama Nederland Indische Padvinders Vereniging (NIPV) yang artinya dalah Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda.

Bangsa kita pun mulai tertarik pada organisasi tersebut, dan karena sifatnya yang universal, maka, organisasi kepanduan dapat dengan cepat diterima oleh bangsa kita. Apalagi, kondisi pada waktu itu sangat memungkinkan. Para remaja dan pemuda kita membutuhkan suatu organisasi yang dapat menampung aspirasi mereka terhadap tanah airnya.

Dalam buku Panduan Terlengkap Pramuka, Lukman Santoso coba menguraikan berbagai hal berkenaan dengan dunia kepanduan atau pramuka. Mulai dari sejarah, hingga perkembangan pramuka, baik di Indonesia, lebih-lebih di dunia.

Gerakan pramuka atau kepanduan, dirumuskan oleh pendirinya sebagai media untuk meningkatkan karakter anak-anak dan remaja, serta melatih mereka agar mampu bertanggungjawab dan mandiri saat dewasa nanti.

Kini, kepanduan telah berkembang pesat di lebih dari 150 negara di dunia. Dalam forum internasional, organisasi pramuka masing-masing negara berdiri secara independen, namun memiliki forum pertemuan rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali dalam Boy Scouts (The Boy Scouts Bureau) yang berada di Jenewa, Switzerland (Swiss), yang berfungsi sebagai sekretariat organisasi. Kegiatan pertemuan besar internasional, yang disebut Jambore, dilaksanakan setiap empat tahun sekali (halaman 19).

Buku ini bisa dibilang buku yang lengkap mengupas kepramukaan. Karena, di dalamnya juga membahas tentang keanggotaan, makna kiasan dan pramuka garuda. Selain itu, di buku ini juga dijelaskan tentang keorganisasian dalam pramuka, hingga tentang tata cara berpakaian pramuka terbaru yang lazim dipakai oleh anggota pramuka.

Buku ini sangat bermanfaat bagi pembina pramuka, guru, atau anak didik pramuka untuk mengetahui seluk-beluk kepramukaan yang saat ini sudah menjadi kegiatan penting. Apalagi saat ini kegiatan pramuka sekarang sudah masuk kurikulum di sekolah-sekolah. Di setiap sekolah sudah diwajibkan untuk menyelenggarakan pramuka. Hal itu menunjukkan, betapa penting dan banyaknya manfaat kepramukaan bagi anak muda. (Untung Wahyudi)

 

 

Judul

: Panduan Terlengkap Pramuka

Penulis

: Lukman Santoso Az.

Penerbit 

: BukuBiru

Tahun

: 2014

Genre 

: Pramuka

Tebal

: 304 Halaman

ISBN

: 978-6022-790-92-1

 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215221

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit