Rainy’s Days Cetak E-mail
(1 vote)

Belajar Memahami Cinta

Rainy’s DaysSetiap orang memiliki ekspektasi dalam hidup. Sebuah target yang lazim dimiliki oleh semua orang yang mempunyai mimpi dan cita-cita. Namun, terkadang antara harapan anak dan orangtua tidak pernah sama. Sehingga, orangtua cenderung memaksakan kehendak kepada anak agar bisa mencapai apa yang diharapkannya.

Demikianlah yang dialami Rainy, seorang gadis pendiam dan pemurung oleh karena kehendak orangtua yang tidak sama dengan keinginannya. Ibunya ingin Rainy menjadi seorang top model terkenal dengan segala kelebihan yang kelak bisa membuat orang terkagum-kagum. Rainy pun menuruti keinginan orangtuanya dengan menjadi seorang model. Berbagai cara dilakukan ibu Rainy agar anaknya tetap tampil cantik. Termasuk dengan cara diet dan mengatur pola makannya.

Rainy pun melakukannya dengan terpaksa. Rainy selalu menekan keinginannya untuk memakan makanan yang sering membuatnya ngiler dan tergiur. Sehingga, dari hari ke hari kesehatan Rainy mulai terganggu. Perutnya mulai sering menolak makanan yang coba dimakannya. Apa yang dilakukan ibunya benar-benar telah membuat Rainy kehilangan kepercayaan diri (halaman 58).

Namun, di antara orang yang paling membuat hidup Rainy terganggu adalah Ben. Cowok yang selama ini menjadi pacarnya itu belakangan sering membuat Rainy menangis. Ben berubah menjadi sosok yang sangat menjengkelkan. Dia suka marah-marah tidak jelas, kasar, bahkan suka merendahkan harga diri Rainy. Makanya, Rainy lebih memilih pindah kos. Dia sudah tidak kuat dengan tingkah laku Ben yang sudah keterlaluan.

Dibantu Ghea, teman dekatnya, akhirnya Rainy pindah dari kos ke sebuah apartemen sederhana yang tidak begitu jauh dari kampus. Untuk ke kampus Rainy hanya perlu jalan kaki, tanpa harus naik angkutan umum atau taksi. Di apartemen yang ditempatinya itu Rainy bertemu dengan cowok yang di matanya selalu sok perhatian dan cenderung ingin tahu urusan orang. Cowok yang mengenalkan diri sebagai Kian itu tinggal di sebelah apartemen Rainy. Dia sering melihat Kian ngobrol bersama seorang gadis yang cukup cantik. Tapi, gelagat mereka cukup aneh. Rainy melihat di antara mereka tidak ada romantis-romantisnya. Dari gelagatnya, sepertinya Kian berusaha mengelak dan menghindari gadis itu (halaman 66).

Rainy berusaha menepis dan tidak ingin mengganggu urusan orang lain. Dia tidak peduli tetangganya itu mau bergaul dengan siapa di apartemen ini. Yang penting sekarang, dia hanya ingin menjauh dari kehidupan Ben yang brengsek itu. Ghea selalu berusaha menenangkan Rainy agar tidak perlu takut dan sembunyi-sembunyi seperti sekarang. Ghea merasa, lambat laun Ben akan tahu jejak Rainy. Jadi, menurut Ghea, lebih baik Rainy menjelaskan yang sebenarnya agar Ben tidak berusaha mengejar-ngejarnya lagi. Namun, Rainy tetap menghindar. Setiap ada telepon masuk ke ponselnya, dia selalu khawatir itu dari Ben. Berbagai macam cara pasti akan dilakukan Ben untuk mencari keberadaanya.

Rainy’s Days karya Fita Chakra ini merupakan novel pemenang dalam ajang lomba yang diselenggarakan oleh Ice Cube Publisher. Novel ini mengisahkan perjalanan seorang gadis dalam meraih cita-citanya. Dalam bab-bab awal novel ini, pembaca disuguhkan adegan-adegan murung yang menggambarkan suasana hati dan perasaan sang tokoh utama. Seperti halnya judul novel ini, kisah dalam novel ini juga melukiskan sebuah kemurungan dan kesedihan. Pengarang seolah-olah ingin menampilkan kisah yang serba dramatis dengan alur kisah yang membuat pembaca penasaran, apa sebenarnya yang ingin dicapai oleh tokoh utama.

Konflik utama dalam novel ini menitikberatkan pada kisah Rainy dan Ben, pacarnya. Dari konflik itulah kemudian alur novel ini bergulir hingga tokoh utama bertemu dengan Kian yang diam-diam mengagumi kecantikan dan sifat Rainy yang dilihatnya selalu murung dan cenderung bersikap dingin setiap bertemu dengannya (halaman 51).

Dalam novel ini pengarang menyelipkan pelajaran kemandirian pada pembaca. Melalui kisah hidup Rainy yang cenderung murung dan selalu dikepung kesedihan, pembaca juga diajak melihat bahwa tokoh utama, meskipun berasal dari keluarga berada, tetapi tidak memanfaatkan kekayaan orangtuanya. Rainy berusaha hidup mandiri dengan bekerja paruh waktu di sebuah kafe yang tak begitu jauh dari kampusnya.

Novel ini layak diapresiasi karena di dalamnya tidak hanya bercerita tentang kisah cinta yang cengeng, tetapi juga mengajarkan banyak hal tentang bagaimana memaknai cinta yang sebenarnya. Bagaimana hubungan anak dengan orangtua, hingga bagaimana seharusnya menghadapi masalah yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia. Kegigihan Rainy menjalani hidup serta kesederhanaannya mengajarkan pembaca bahwa hidup harus diperjuangkan. Sepelik apa pun masalah yang dihadapi, pasti akan ada jalan keluar untuk menyelesaikannya. (Untung Wahyudi)

 

Judul

: Rainy’s Days

Penulis

: Fita Chakra

Penerbit 

: Ice Cube-KPG

Tahun

: 2014

Genre 

: Novel Drama

Tebal

: 227 Halaman

ISBN

: 978-979-91-0652-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL DRAMA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215198

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit