Buku Lengkap Imunisasi Alami Untuk Anak Cetak E-mail
(1 vote)

Memahami Kekebalan Tubuh Alami Bagi Anak

Buku Lengkap Imunisasi Alami Untuk AnakSecara umum, kekebalan anak berhubungan dengan imunisasi lewat suntikan berisi vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh. Namun sebetulnya kekebalan tidak selalu diperoleh dari suntikan. Sebab di dalam tubuh manusia sudah tersedia imunisasi alami yang membentuk kekebalan.

Penelitian menunjukkan, kendati kita selalu berusaha menerapkan pola hidup sehat dan tinggal di lingkungan bersih, tetap saja ada mikroorganisme yang mengancam tubuh kita. Agar tubuh kita dilengkapi dengan sistem kekebalan alami, maka upaya untuk memperkokoh kekebalan tubuh merupakan bagian penting dalam membangun kebugaran tubuh.

Kekebalan tubuh alami memiliki sistem pertahanan berlapis. Pada garis terdepan disebut sebagai sistem nonspesifik dan garis kedua disebut sistem pertahanan spesifik. Untuk pertahanan nonspesifik dibagi menjadi eksternal yang berupa kulit, membrane mukosa, sekresi dari kulit, dan mukosa, dan internal yang berupa fagositosis oleh sel darah putih, protein antimikroba, dan respon peradangan. (hal.33)

Sementara membangun kekebalan tubuh pada anak tentu memerlukan upaya dan pengetahuan yang memadai. Kekebalan tubuh yang dimiliki bayi sejak di dalam rahim ibu hingga 6 bulan kelahirannya, merupakan kekebalan pasif yang diterima dari transfer antibodi sang ibu, yakni melalui plasenta sewaktu di dalam rahim dan melalui ASI setelah lahir.

ASI selain mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi pertumbuhan juga mengandung zat kekebalan tubuh yang mampu melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi, bakteri, virus, serta jamur, khususnya pada saluran percernaan dan pernafasan. Bahkan ASI pun akan menyediakan lingkungan ramah bagi bakteri menguntungkan, yang disebut flora normal. (hal.71-72)

Baru setelah lepas dari perlindungan kekebalan pasif tersebut, seorang bayi dihadapkan pada peperangan sebenarnya. Saat itu tugas orang tua adalah mengawal perjalanan proses penguatan sistem kekebalan tubuhnya. Tentu caranya bukan dengan memberi proteksi super eksklusif kepada mereka, melainkan dengan memberikan penguatan, salah satunya dengan memberikan asupan gizi yang cukup dan berimbang. Tindakan over protektif justru akan memberikan hasil tidak baik atas system kekebalan tubuh, mengingat sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat melalui pembelajaran. Selain itu, pola hidup bersih juga harus diterapan (hal.51-52)

Mengingat bayi dan anak berada dalam masa pertumbuhan badan yang cukup pesat, sehingga memerlukan zat-zat gizi yang cukup tinggi. Selain itu, kuman-kuman yang sebetulnya tidak terlalu bahaya bagi anak-anak dengan gizi baik, bisa menyebabkan kematian pada anak-anak dengan gizi buruk. Ada beberapa jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan anak, yakni karbohidrat, protein, lemak, magnesium, kalsium, dll. (hal.104)

Meskipun secara alami dalam tubuh telah terbentuk benteng pertahanan yang cukup kokoh dan efektif untuk menanggulangi ragam penyakit, tapi mengingat kekebalan tubuh alami itu bersifat fluktuatif, sementara serangan akan berbagai jenis penyakit tidak ada jedanya, maka imunisasi lewat suntikan juga memiliki peran penting. Terlebih, pembentukan kekebalan tubuh dari bahan-bahan alami ini hanya bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh secara umum. Tidak seperti imunisasi yang diberikan lewat suntikan yang merangsang pembentukan antibodi dan kekebalan seluler terhadap kuman-kuman tertentu, sehingga bekerja lebih cepat, efektif, dan efisien.

Vaksin dalam imunisasi bekerja mempersiapkan tubuh anak untuk memerangi penyakit, yakni dengan membuat antibodi yang mengenali bagian-bagian kuman secara spesifik. Misalnya, pada imunisasi polio, akan diberi virus polio yang dilumpukan.

Buku ini juga memaparkan berbagai makanan alami yang bisa digunakan untuk memperkokoh ketahanan tubuh, di antaranya madu dan kunyit. Madu misalnya. Pada dasarnya, madu merupakan campuran dari monosakarida dengan aktivitas air yang rendah. Hal ini membuat madu menjadi media yang tidak bagus bagi mikroorganisme untuk berkembang biak.

Tugas orang tua adalah mengawal dan memperkokoh benteng pertahanan tubuh anak dari segala ancaman penyakit. Uraian buku setebal 164 ini akan membantu mereka dalam memahami mengenai beragam hal tentang pembentukan kekebalan tubuh pada anak, baik yang terbentuk secara alami maupun buatan.

(Moh. Romadlon)
 

 

Judul

: Buku Lengkap Imunisasi Alami Untuk Anak

Penulis

: Aep Syarif Hamidi

Penerbit 

: Saufa

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan Anak

Tebal

: 164 Halaman

ISBN

: 978-6022-254-70-7

 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN ANAK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215241

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit