Segala Dosa Besar dan Kecil Penyebab Siksa Kubur Cetak E-mail
(2 votes)

Dosa Penyebab Siksa Kubur

Segala Dosa Besar dan Kecil Penyebab Siksa KuburSering kali kita memahami bahwa kematian adalah akhir dari segalanya. Urusan kita anggap telah selesai jika ajal telah menjemput. Itulah yang sering terjadi pada orang-orang yang putus asa dalam menghadapi masalah hidup, mereka mengambil jalan pintas dengan menghilangkan nyawa sendiri secara tidak wajar. Padahal, kematian adalah baru awal menuju kehidupan yang sebenarnya.

Alam kubur adalah tempat pertama dimana kita akan mempertanggung jawabkan perbuatan selama hidup di dunia. Semua orang akan menerima balasan akan amal dan dosa yang telah diperbuat. Jika amalnya banyak, maka ia akan merasa bahagia. Sebaliknya, jika dosanya yang lebih banyak, maka siksa kubur akan membuatnya menderita.

Buku Segala Dosa Besar dan Kecil Penyebab Siksa Kubur, karya Najamuddin Muhammad ini layak untuk kita baca. Buku setebal 206 halaman ini akan mengupas secara panjang lebar tentang perbuatan apa saja yang bisa mendatangkan siksa kubur kepada para pelakunya.

Siksa kubur itu nyata dan bukan sekedar bualan untuk menakut-nakuti manusia. Alam kubur pasti dilewati oleh setiap manusia. Tak seorangpun dapat mengingkarinya ketika sudah meninggal dunia. Alam kubur bisa jadi sangat menyeramkan, gelap dan menakutkan bagi orang yang tidak beriman dan bergelimang dosa di dunia. (hal. 6).

Untuk menghindari dan berlindung dari siksa  kubur, kita harus menjauhi dan meninggalkan beberapa perbuatan dosa yang dijelaskan penulis lewat buku ini. Di antaranya adalah melalaikan shalat lima waktu.

Shalat adalah salah satu ibadah yang paling mendasar dalam agama Islam. Begitu utamanya, sehingga perintah shalat langsung disampaikan Allah kepada Rasulullah ketika peristiwa isra’ mi’raj. Shalat merupakan tiang agama yang memperkokoh bangunan ibadah lainnya. Jika shalatnya baik, maka ibadah yang lain juga dianggap baik, begitu juga sebaliknya.

Melalaikan shalat bisa diartikan mengerjakan shalat tanpa memperhatikan syarat dan rukun yang telah ditentukan, mengerjakan shalat tanpa diringi kekhusyukan serta merenungi maknanya, dan yang terakhir adalah orang yang menunda-nunda shalat atau mengerjakannya ketika waktu shalat sudah hampir berakhir. (hal. 14). Orang-orang seperti ini, yang lalai akan shalatnya akan mendapat siksa kubur kelak.

Tidak menjaga diri dari air kencing ternyata bisa mendatangkan siksa kubur. Hal ini memang tampak sepele, tetapi ternyata berdampak besar bagi pelakunya. Kencing sembarangan tanpa ada tabir yang menghalangi dan tanpa bersuci sekan hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang di zaman sekarang ini. Dua bentuk kesalahan inilah yang mengakibatkan pelakunya mendapat siksa kubur. (hal. 33).

Perbuatan lain yang mendatangkan siksa kubur adalah khianat terhadap amanah. Banyak orang yang ingin jadi pemimpin. Tapi, ketika berhasil meraih tampuk kekuasaan yang sangat didambakannya, mereka malah berkhianat. Menjadi pemimpin seakan hanya sebagai kendaraan untuk meraup keuntungan, kesempatan mengumpulkan harta, serta hidup bermewah-mewah. Mereka lupa akan janji-janji dulu untuk mensejahterakan rakyatnya. Padahal kepemimpinannya akan dipertanggung jawabkan dikemudian hari. (hal. 83).

Tindakan lain seperti munafik, sombong, tidak membayar zakat, ghibah, memakan riba, berzina, durhaka pada orangtua, meninggalkan utang, membuka aurat, juga akan dijelaskan secara rinci dalam buku ini.

Buku ini bagus untuk kita simak sebagai cambuk hati dan kesadaran keimanan manusia untuk tidak main-main dalam melakukan perbuatan yang bisa menyengsarakan di akhirat kelak. Pada akhirnya, semua akan kembali pada diri masing-masing bagaimana menjalani hidup di dunia agar terhindar dari siksa-siksa kubur kelak.

Kita diharapkan lebih hati-hati dalam bertindak setelah merenungi isi buku ini. Meraih surga adalah impian, dan semua tentu hanya bisa diraih dengan amal baik dan ridha Allah Swt. (Muhammad Saleh)

 

Judul

: Segala Dosa Besar dan Kecil Penyebab Siksa Kubur

Penulis

: Najamuddin Muhammad

Penerbit 

: Najah (DIVA Press)

Tahun

: 2013

Genre 

: Islam

Tebal

: 206 Halaman

ISBN

: 978-6022-553-18-2

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 26323298

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit