Perangi Diabetes Mellitus dengan Menu Sehat Setiap Hari Cetak E-mail
(1 vote)

Mengenal dan Mewaspadai Penyakit Diabetes

Perangi Diabetes Mellitus dengan Menu Sehat Setiap HariDiabetes mellitus atau yang biasa dikenal dengan kencing manis adalah penyakit yang bisa dibilang berbahaya. Tidak sedikit orang yang menderita penyakit ini berakhir dengan kematian. Sesuatu yang tentu sangat tidak diharapkan oleh semua orang. Namun, bukan berarti para penderita diabetes harus pesimis menjalani hari-harinya. Seorang penderita diabetes seharusnya bisa “berdamai” dengan cara mengenal dan mempraktikkan tip dan trik bagaimana menjaga pola makan yang baik dan sehat.

Diabetes bukan penyakit baru. Penyakit ini sudah dikenal dengan istilah Poliura sejak 1552 SM. Nama “penyakit kencing madu” kemudian dicetuskan oleh seorang penulis India, Sushratha, pada 400 SM. Sementara, nama diabetes mellitus (diabetes = mengalir terus, mellitus = manis) diberikan oleh Aretaeus sekitar 200 SM (halaman 7).

Tanda-tanda yang menyertai kehadiran penyakit diabetes adalah sering buang air kecil dalam jumlah banyak serta penurunan berat badan yang drastis. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka penderita akan kehilangan kesempatan untuk beraktivitas dan berkarya. Bagian tubuh yang terluka akan sulit untuk sembuh dan semakin menggerogoti bagian lain. Ironis dan mengenaskan. Dampak lebih buruk akan terjadi apabila penderita tidak mau berdamai dengan penyakit ini, terlebih enggan sabar merawat dan mengubah pola makan serta pola hidup.

Buku Perangi Diabetes Mellitus dengan Menu Sehat Setiap Hari yang disusun oleh Tim Afin dan Tim PPLH Seloliman ini akan membantu pembaca mengenal seluk beluk penyakit diabetes, sekaligus bagaimana mewaspadai penyakit tersebut dengan memerhatikan menu sehat yang harus dikonsumsi setiap hari.

Penyakit diabetes tidak hanya diderita oleh kelompok usia baya dan manula. Penyakit diabetes juga mulai menyerang anak, remaja, dan warga kurang mampu. Penyebabnya antara lain bisa jadi karena kurang gerak dan menu makan yang tidak sehat. Tapi, penderita diabetes tidak perlu cemas. Kendati tidak bisa sembuh total, penderita diabetes sebenarnya bisa hidup normal. Caranya, sekali lagi, dengan mengontrol penyakit ini dengan memerhatikan kadar gula darah disertai diet dan olahraga teratur. Konsultasi ke dokter dan cek ke laboratorium secara teratur untuk mengontrol gula darah, serta lekas bertindak apabila ada indikasi kekurangan kadar gula darah (halaman 8).

Penyakit diabetes sebenarnya bisa dicegah dan diantisipasi sejak dini. Karena, setiap orang memiliki kemungkinan terserang penyakit ini apabila tidak bisa menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat. Diabetes juga termasuk penyakit keturunan. Bagi mereka yang orangtuanya menderita diabetes, kemungkinan terserang bisa dua kali lipat lebih besar.

Adapun pola hidup dan pola makan yang sehat untuk mencegah diabetes antara lain: beraktivitas dalam keseharian dengan penuh semangat; tidak merokok; cukup istirahat, delapan jam tidur di malam hari; makan dengan menu seimbang, membatasi asupan lemak jenuh dan gula dengan bijak sesuai kebutuhan; menghindari stres; dan mengedepankan rasa syukur atas segala yang telah dialami dalam kehidupan (halaman 9).

Jadi, siapa pun perlu mengadaptasi pola hidup dan pola makan sehat agar tidak terserang penyakit diabetes. Hanya saja, apabila telah terserang, usaha berikutnya adalah mencari penanganan yang tepat ke dokter dan terus menjaga pola hidup dan pola makan sehat.

Ada beberapa jenis makanan yang diperbolehkan dikonsumsi dengan jumlah sangat terbatas oleh para penderita diabetes, antara lain: segala bentuk olahan beras (nasi, lontong, bubur) maksimal 100 gram matang per sekali makan; ubi jalar, singkong, talas, kentang, dan sagu maksimal 100 gram matang per sekali makan; sayuran jenis A maksimal 100 gram per sekali makan, seperti daun pepaya, daun beluntas, kacang panjang, bayam, jagung muda, daun singkong, daun melinjo, buncis dan yang lainnya.

Sementara itu, makanan yang perlu dihindari adalah: berbagai jenis gula murni, seperti gula pasir, gula aren, gula merah, gula batu, dan gula palem; berbagai jenis permen atau gula-gula; berbagai jenis sirop, limun, orson, dan softdrink; susu kental manis, es krim; kue manis, cake, tart, dan sejenisnya (halaman 14).

Buku 108 halaman full color ini juga dilengkapi tip memilih bahan baku yang segar dan sehat, resep masakan dan minuman sehat bagi penderita diabetes, serta bagaimana cara memasaknya yang baik. Lewat buku ini pembaca diharapkan bisa menemukan berbagai tip serta solusi bagaimana menghadapi penyakit diabetes yang telanjur diderita. Serta, bisa membantu dan menginspirasi para penderita penyakit diabetes dan keluarganya untuk tetap bersemangat mengatur pola makan dan pola hidup sehat, demi kualitas diri yang lebih baik. (Untung Wahyudi)

 

Judul

: Perangi Diabetes Mellitus dengan Menu Sehat Setiap Hari

Penulis

: Tim Afin and Friends, dkk

Penerbit 

: Grid Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan

Tebal

: 108 Halaman

ISBN

: 978-6022-081-26-5

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215223

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit