Misteri Hilangnya Batu Delima Biru Cetak E-mail
(5 votes)

Kasus Kriminal Di Tangan Detektif Antik

Misteri Hilangnya Batu Delima BiruNovel ini berisi tiga cerita detektif Sherlock Holmes, karya Sir Arthur Conan Doyle.  Karya sang dokter sekaligus penulis termasyhur dari Skotlandia ini disebut-sebut sebagai tonggak pertama dalam penulisan kisah fiksi kriminal dunia.

Menurut catatan sejarah kisah detektif swasta yang membuka praktek di London diterbitkan pertama kali pada tahun 1887 dalam novel A Study in Scarlet. Kisahnya kemudian dimuat oleh The Strand Magazine dalam format cerita pendek berseri pada tahun 1891.

Kekuatan cerita dalam novel ini bukan saja pada tema atau kasus kriminal yang menjadi pokok cerita, namun pada karakter Sherlock Holmes yang sangat kuat dan nyentrik. Terlebih sang detektif selalu berhasil mengkonstruksi dan membongkar setiap kasus dengan kaca mata yang tak terbayang oleh pembaca, namun masuk akal, sehinga menghasilkan ending yang mengejutkan.

Kasus hilangnya Batu Delima Biru adalah kasus kriminal pertama dalam novel yang akhirnya berhasil dibongkar oleh Sherlock Holmes. Kasus ini bermula dari sebuah batu delima biru yang ditemukan dalam tembolok seekor angsa yang sedang dipanggang untuk perayaan natal. Siapa pemiliknya dan bagaimana batu mulia yang sangat mahal itu bisa tertelan oleh angsa, tidak ada orang yang tahu. Satu-satu petunjuk hanyalah bahwa angsa itu milik seseorang yang menjatuhkan sebuah topi buluk ditengah jalan.

Kelihatanya sepele, hanya dengan mencari sang pemilik topi. Tapi ternyata dibalik kasus sederhana itu terdapat sederet skenario tindak kriminal yang akhirnya menyeret satu nama yang tidak diperkirakan sama sekali.

Batu permata biru itu tenyata milik Lady Morcar yang hilang saat ia menginap di sebuah kamar hotel. Ada seorang pegawai hotel yang mendalangi atas hilangnya permata itu, pertanyaannya tentu mengapa batu itu sampai masuk ke dalam tembolok angsa. Pertanyaan besar ini yang menantang sang detektif untuk menyelidiki dan mengurai kasus itu dari awal hingga menemukan titik terang yang sangat mengejutkan. (hal. 5-55)

Kasus ke-dua menyangkut peristiwa yang dialami oleh sebuah keluarga Robert Ferguson. Ia menerima laporan yang sangat mengejutkan dari sang pembantu. Pembantu itu melihat dengan kepala sendiri, kalau istri sang tuan rumah memukuli putra pertama Ferguson, yang nota bene adalah anak tiri dari sang istri. Lebih mengguncang lagi, pembantu menjumpai sang istri terlihat sedang dalam posisi mencekik anak kedua Ferguson yang masih bayi.

Atas tindakan itu, demi mengamankan nyawa anak-anak, Ferguson pun memutuskan mengurung sang istri. Istri pun sangat terguncang jiwanya. Tak mau makan dan tak mau bertemu sang suami. Ferguson pun meminta bantuan Holmes untuk membantu menuntaskan kasus ini. Dan, memastikan apakah sang istri benar-benar seorang vampir seperti yang ia duga.

Kasus terakhir terkait ketakutan yang mendadak dialami oleh beberapa saudara yang sedang main kartu. Ketakutan yang mendadak terjadi itu sangat dahsyat sehingga membuat mereka ada yang mati seketika dan ada yang hanya gila.

Tentu ini rumit, karena hampir tidak ada petunjuk sama sekali. Tapi bukan Holmes kalau tidak bisa mengungkapnya. Bukan karena hantu, seperti banyak yang menduga, tapi tenyata ketakutan itu berhembus dari sebuah racun yang menjalar lewat nyala perapian. Motif dibalik tindakan keji itu yang akhirnya terbongkar sang detektif.

Membaca kisah kepiawaian Holmes dalam memecah dan megurai kasus menegaskan betapa kelihaian sang penulis dalam menyulam kisah-kisah itu sehingga menghasilkan jalinan cerita yang cerdas. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Misteri Hilangnya Batu Delima Biru

Penulis

: Sir Arthur Conan Doyle

Penerbit 

: Laksana

Tahun

: 2014

Genre 

: Novel Misteri

Tebal

: 215 Halaman

ISBN

: 978-6022-554-73-8

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (1)add comment

HororLover said:

 
wah wah... ini cerita nan klasik bgt smilies/grin.gif
April 17, 2014

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL MISTERI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25208731

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit