Meditasi; Penyembuhan dari Dalam Cetak E-mail
(20 votes)

Peran Meditasi Bagi Kehidupan

Meditasi; Penyembuhan dari DalamMeditasi bukanlah hal baru dalam sejarah peradaban manusia. Sejak ratusan tahun silam, meditasi telah dikenal luas di pelbagai negeri, seperti Mesir, China, dan India. Berdasarkan berbagai penelitian, orang yang rutin melakukan meditasi dalam kehidupan sehari-hari, ia akan terlihat lebih percaya diri dan berwibawa. Bahkan secara ilmiah, meditasi bisa membantu menyeimbangkan otak kiri dan kanan manusia. Sebagaimana dipahami bersama, bahwa otak kiri lebih banyak digunakan untuk berpikir, berbicara dan menulis. Sementara otak kanan lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang melibatkan imanjinasi, perasaan, dan kreativitas.

Meditasi adalah latihan olah jiwa yang dapat menyeimbangkan fisik, emosi, mental dan spiritual seseorang (hal 5). Para ilmuwan Barat meyakini bahwa meditasi dapat dijadikan metode efektif untuk membantu proses penyembuhan penyakit dari dalam. Dengan meditasi, penyakit yang kebanyakan bermula dari pikiran, dapat dikontrol dengan baik. Sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan damai (hal 8).

Yang harus dipahami bersama bahwa meditasi bukanlah sebuah agama dan tidak menuntut seseorang untuk mengubah keyakinan yang telah ada. Dengan melakukan meditasi, seseorang dapat lebih dekat dengan Sang Khaliq. Dan yang perlu digarisbawahi, dalam melakukan meditasi, seseorang tidak membutuhkan seorang tokoh yang harus dianut secara pribadi. Tujuan meditasi di antaranya adalah untuk memperlambat dan menenangkan pikiran sealigus menyehatkan tubuh (hal 23-24).

Tujuan meditasi yang lain adalah untuk mencapai penyatuan kembali dengan Sang Maha Pencipta. Meskipun dalam ajaran agama mana pun tidak diterangkan secara spesifik tentang ajaran meditasi, tetapi dalam sebuah ajaran agama diajarkan suatu permenungan yang fungsinya memiliki kemiripan dengan meditasi. Misalnya, dalam agama Islam kita diajarkan untuk melakukan iktikaf ( duduk berdiam diri di dalam masjid sambil berzikir). Fungsi iktikaf adalah untuk mengingat dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. (hal 26).

Pada bab selanjutnya, akan dijelaskan tentang praktik meditasi. Meliputi; persiapan meditasi, postur tubuh saat meditasi, tips meditasi untuk pemula, dan lain-lain. Sementara bab terakhir buku ini, akan mengulas jenis-jenis penyakit dan metode pengobatannya melalui meditasi.

Di antara penyakit yang dapat diatasi dengan meditasi adalah stres. Stres merupakan salah satu penyakit kejiwaan yang kerap terjadi pada setiap manusia. Kegelisahan yang kerap dirasakan banyak orang, bisa berdampak pada stres berkepanjangan. Stres menunjukkan adanya tekanan atau ketegangan pada tubuh. Stres merupakan suatu reaksi adatif dan bersifat sangat individual, sehingga suatu stres bagai seseorang belum tentu sama tanggapannya bagi orang lain. Hal ini sangat dipengaruhi oleh tingkat kematangan berpikir, tingkat pendidikan, dan kemampuan adaptasi seseorang terhadap lingkungannya (hal 73-74).

Manusia hidup di dunia ini ibarat sebuah kapal yang tengah berlayar di tengah luasnya lautan. Setiap waktu ada kemungkinan kapal tersebut diterjang ombak, dan sesekali waktu dihantam badai. Jika kapal tersebut tidak kuat dan sang nahkodanya kurang terampil, maka kapal dapat tenggelam oleh hantaman ombak dan badai tersebut. Sama halnya dengan manusia, bila beragam masalah dalam kehidupan ini tidak dapat terselesaikan dengan baik dan bijaksana, maka dapat berakibat stres berkepanjangan (hal 75).

Buku sederhana ini memang masih jauh dari kata ‘sempurna’. Akan tetapi, di balik kelebihan dan kekurangannya, buku ini patut mendapat apresiasi sebagai bagian dari disiplin ilmu pengetahuan yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. (Sam Edy Yuswanto). 

***

Judul

: Meditasi; Penyembuhan dari Dalam

Penulis

: Budi Prayitno

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2013

Genre 

: Meditasi

Tebal

: 186 Halaman

ISBN

: 978-6022-555-05-6

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447773

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit