Menjadi Suami Yang Melengkapi Kekurangan Istri Cetak E-mail
(2 votes)

Memahami Kewajiban Suami yang Menjadi Hak Istri

Menjadi Suami Yang Melengkapi Kekurangan IstriSuami adalah nahkoda. Dipundaknya tersampir sebuah kewajiban atau tanggung jawab besar, yakni membawa “ kapal” rumah tangga mengarungi ombak dan badai dunia sekaligus menjamin kebahagiaan seluruh penumpangnya hingga selamat sampai “pulau” akherat.

Buku ini akan memaparkan beragam tugas, peran, dan kewajiban suami, selaku nahkoda yang merupakan hak dari seorang istri dan anak-anaknya. Kewajiban suami tersebut juga sekaligus merupakan penyulam segala kekurangan sang istri.

Untuk bisa menunaikan kewajibannya dengan maksimal, ada beberapa peran penting yang mesti dilakukan suami. Salah satunya adalah menjadi imam yang sempurna. Disadari atau tidak, suami dalam rumah tangga adalah imam atau pimpinan. Tapi itu bukan berarti suami bisa bertindak semaunya, dan istri berada di posisi yang lemah dan rendah. Memang banyak anggapan istri tercipta dari tulang rusuk suami, yang diartikan sebagai kaum lemah dan lebih rendah derajatnya. Tapi, kenyataannya bukan demikian. Fakta itu merupakan suatu kekeliruan teologis. (hal.12-13) Menurut Abu as Su’ud, secara umum pengutamaan kaum laki-laki atas perempuan itu karena kesempurnaan akal, bagusnya pengaturan, kesungguhan pandangan, dan kelebihan kekuatan. (hal.15).

Al-Qur’an sendiri telah menjelaskan mengenai sosok pimpinan keluarga yang ideal, salah satunya dalam surat an-Nissa ayat 34. Ia adalah laki-laki yang menjadi pemimpin dalam arti sebenarnya, yakni mengatur urusan istri dan anak-anak, memberi nafkah, mendidik dan membimbing dalam kebaikan, serta meluruskan penyimpangan. (hal.23).

Peran penting lainnya adalah memenuhi kebutuhan keluarga atau memberi nafkah. Pada dasarnya, kebutuhan keluarga yang paling mendasar adalah nafkah. Sejauh ini, pengertian nafkah hanya berkait materi, padahal memliki cakupan yang lebih luas dari itu. Menurut Ibnu Qudamah, temasuk nafkah wajib meliputi kebutuhan primer lengkap dengan sarana-sarana dan peralatan yang dibutuhkan istri untuk memenuhi kebutuhan primer tersebut, juga pemenuhan kebutuhan biologis. (hal.52). Sedang masalah teknis pemberian nafkah istri dapat dilaksanakan secara fleksibel sesuai kebutuhan keluarganya. Dalam arti, suami dapat memenuhi kebutuhan tersebut secara per hari, per pekan, atau per bulan, dengan kadar dan tenggang waktu yang disepakati. Lalu menyangkut kadar nafkah harus disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebiasaan setempat, disamping kemampuan suami tentunya.  (hal.56).

Mengingat memberi nafkah merupakan tugas pokok suami sekaligus kebutuhan penting bagi istri, maka takkala suami tidak lagi mampu atau pun mampu tapi tidak mau memberikan nafkah, ada beberapa sikap yang bisa diambil oleh istri. Menurut sebagian ulama, istri tidak berhak menuntut perpisahan, melainkan harus bersabar dan suami harus berusaha maksimal walaupun harus berhutang. Sementara menurut pendapat ulama lain, sang istri berhak memilih antara bersabar atau menuntut perpisahan. (hal.64)

Kewajiban pokok suami selanjutnya adalah mendidik dengan benar. Bila istri telah pandai, tentu bukan menjadi soal. Tapi bila istri belum mengusai, maka menjadi kewajiban suami untuk memberi pelajaran tentang pengetahuan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, tentang tauhid, bahaya syirik, maksiat, penyakit hati, dan hal-hal lain menyangkut agama, seperti cara bersuci dan beribadah. Sayang, sebagian suami kurang memperhatikan ini. Mereka hanya tahu bahwa kewajibannya hanya sebatas pemenuhan materi. Padahal pemenuhan kebutuhan pendidikan merupakan hal sangat penting karena menyangkut urusan dunia dan akherat. (hal. 83-84). Dan, untuk bisa melaksanakan kewajiban tersebut, menurut Imam Al-Ghozali, “Lelaki beristri perlu mempelajari hal-hal yang wajib ia waspadai berupa permasalahan haid dan hukum-hukumnya, beserta shalat-shalat yang wajib diqadha.…” (hal.90)

Nah, jika suami tidak sanggup mengajarkan itu semua, ia harus mengajak istri dan anak-anaknya untuk bersama-sama menghadiri pengajian atau menghadap langsung kepada seorang guru. Selajutnya, suami juga mengajar istri dan anak untuk bersama-sama mengamalkan pengetahuannya, dengan menjalankan ibadah yang wajib dan sunah. (hal. 94)

Tentu masih banyak peran, tugas, dan tanggung jawab yang wajib ditunaikan suami, diantaranya menggauli istri dengan baik, menjadi pengayom dan pelindung, dll. Sekali lagi, tugas suami terberat adalah menyelamatkan anak istri dari api neraka. Sehingga, bukan hanya wajib memenuhi kebutuhan materi tapi juga kebutuhan rohani. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Menjadi Suami Yang Melengkapi Kekurangan Istri

Penulis

: Rizem Aizid

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam

Tebal

: Halaman

ISBN

: 978-6022-554-99-8

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225519

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit