Buku Super Lengkap Tembus Pasar Ekspor Kerajinan dan Makanan Cetak E-mail
(2 votes)

Menembus Pasar Ekspor Bagi Pebisnis Kerajinan dan Makanan

Buku Super Lengkap Tembus Pasar Ekspor Kerajinan dan MakananJelas sebuah impian dan kebanggaan tersendiri bagi para pebisnis bila produknya bisa menembus pasar ekspor. Terlebih apabila barang-barang tersebut merupakan hasil dari sebuah kerja kreatif, seperti makanan dan kerajinan. Tentu, selain bangga keuntungan yang bisa dikeruk sangat besar.

Namun begitu, masih banyak para pebisnis yang belum mampu membawa produknya ke level internasional. Bukan karena faktor kualitas, tapi lebih karena adanya kendala teknis. Kendala itu biasanya berupa tidak punya cukup keberanian untuk mengekspor produk tersebut ke luar negeri atau pun punya keberanian tapi tidak punya cukup pengetahuan untuk melakukannya. Nah, hadirnya buku ini akan mencoba mengatasi dua masalah tersebut.

Dalam bidang kerajinan, ada banyak jenis yang bisa dijadikan komoditas ekspor, di antaranya kerajinan berbasis kain perca, kain flannel, kerajinan dari kayu atau bambu, dari barang bekas, dan dari daur ulang kertas.

Kerajinan dari kain perca yang paling menjanjikan adalah sprei dan selimut. Pasalnya, orang-orang di berbagai negara yang selalu mengikuti tren mode senantiasa merubah penampilan interior rumah mereka, termasuk penampilan sprei dan selimutnya, menyesuaikan dengan tren yang ada. Terbukti, pada tahun 2013 ada 90 eksportir Indonesia yang berhasil mengekspor produk mereka. (hal. 18) Selain seprai dan selimut, produk kerajinan berbahan kain perca yang menjanjikan lainya adalah kerajinan tas unik, souvenir cantik, kain bantal dan guling, dan perabot rumah tangga.

Tentu agar produk kerajinan tersebut bisa menjadi komoditas ekspor ada beberapa hal yang mesti dilakukan para pebisnis. Misalnya pada kerajinan sprei dan selimut untuk bisa diterima di pasar manca, pebisnis harus gencar memasang iklan lewat berbagai media, menyediakan berbagai warna serta motif untuk konsumen terutama warna dan motif yang sedang digandrungi di negara tujuan ekspor, usahakan produk tersebut paling menarik di kelasnya, jualah di Ruko atau Gerai yang mudah dijangkau konsumen. (hal.19)

Pada bisnis kerajinan souvenir cantik, cara mudah menguasai dan menembus pasar luar negeri adalah dengan mendirikan gerai atau ruko yang khusus menjual souvenir tersebut dengan konsep yang menarik, desailah souvenir itu dengan sentuhan yang unik, serta jangan lupa buatlah website untuk mempromosikan produk kerajiana tersebut. (hal.24-25)

Kerajinan dari bambu atau kayu juga ternyata bisa menembus pasar internasional dan terbilang sangat menjanjikan. Produk-produknya pun beragam, seperti kerajinan meja dan kursi, miniatur rumah adat, hiasan lampu atau lampion, patung-patung binatang, dan bentuk kerajinan lainnya.

Kita ambil contoh pada kerajinan meja dan kursi misalnya. Bisnis ini dikatakan selalu menjanjikan karena margin keuntungan cukup tinggi, yakni kurang lebih 30% dan dapat kembali modal dengan segera. Terlebih meja dan kursi yang bermotif ukiran.

Toh begitu, untuk bisa menembus pasar ekspor, ada hal-hal yang harus dilakukan pelaku bisnis di bidang ini, diantaranya membuat kursi atau meja yang membuat kagum konsumen dari segi kualitas, sistem pelayanan yang prima, membuat harga yang sesuai dengan standar harga internasional, dan meaikan harga secara berkala untuk meningkatkan brand image setelah produk ramai dicari konsumen. (hal42-43)

 Tak kalah menarik dan menjanjikan dari kerajinan lain adalah kerajinan dari barang-barang bekas. Bila produk dari barang bekas ini telah sanggup diekspor tentu keuntungan yang diraup sangat besar. Beberapa jenis produk dengan memanfaatkan barang bekas adalah bunga plastik, miniatur kendaraan, aksesories wanita, tas sekolah, tas belanja, dll.

Di pasar internasional, minat konsumen akan kerajinan bunga pastik misalnya akhir-akhir ini cenderung meningkat. Dan untuk bisa menguasai pasar yang menjanjikan tersebut, para pebisnis kerajinan ini dapat melakukan beberapa hal penting, diantaranya ikut berpartisipasi dalam membangun negara tujuan ekspor dengan cara menumbuhkan jiwa wirausaha melalui kemitraan usaha, memberi kepuasan konsumen dengan produk-produk berkualitas, memberi pelayanan yang unggul, selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal. (hal.52-53)

Buku setebal 192 halaman ini juga mengupas peluang-peluang menguasai pasar internasional dalam bisnis jenis makanan, serta beragam langkah-langkah promosi yang praktis-efektif demi untuk  mengusai pasar tersebut. mulai dari bisnis makanan jenis camilan, seperti kripik singkong, kripik tempe, gula kacang, dll., sampai binis makanan dan oleh-oleh khas Indonesia.

Indonesia bukan saja kaya akan sumber alam, tapi juga kaya akan kreatifitas yang menghasilkan produk-produk berkualitas, baik dalam bidang kerajinan atau pun kuliner. Dan dunia internasional mengakuinya. Tinggal mampukah kita membawa kekayaan kita ke pasar dunia dan memanfaatkan peluang tersebut menjadi sebuah kekayaan yang berkontribusi nyata bagi kemakmuran bangsa ini? Semua adalah tanggung jawab kita bersama selaku bangsa. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Buku Super Lengkap Tembus Pasar Ekspor Kerajinan dan Makanan

Penulis

: Akifa P. Nayla

Penerbit 

: Laksana

Tahun

: 2014

Genre 

: Bisnis

Tebal

: - Halaman

ISBN

: 978-6022-553-25-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29366181

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit