Maksiat-Maksiat Penutup Rezeki & Hidup Hina Cetak E-mail
(6 votes)

Maksiat Menjadi Penghalang Rezeki

Maksiat-Maksiat Penutup Rezeki & Hidup HinaRezeki setiap manusia telah diatur oleh Allah Swt. dengan sangat adil dan tidak akan mungkin tertukar. Tugas masing-masing orang adalah berusaha pantang menyerah menjemput rezekinya sendiri-sendiri dan senantiasa berdoa agar diberi kemudahan dalam meraihnya. Rezeki yang dimaksudkan di sini tentu saja rezeki yang diperoleh dengan cara-cara halal yang tak melenceng dari syariat Islam.

Selain itu, agar rezeki dapat turun dengan lancar dan berkah, maka setiap orang harus berusaha mengiringinya dengan ketakwaan, amal-amal kebaikan, dan menghindari segala perbuatan maksiat. Terkait hal ini, Allah telah memberikan jaminan kepada hamba-Nya yang bertakwa, berupa jalan keluar dari beragam masalah dan akan dilapangkan jalan rezekinya.

Buku yang disusun oleh Rizem Aizid ini mengulas jenis-jenis perbuatan maksiat yang dapat menutupi pintu rezeki, bahkan membuat pelakunya hidup dalam kehinaan di dunia maupun kelak di akhirat. Harapan penulis, buku ini dapat menjadi bahan referensi sekaligus introspeksi, sehingga kita dapat terhindar dari segala bentuk kemaksiatan yang akan membuat hidup kita menjadi sengsara.

Di antara perbuatan maksiat yang dapat menutup pintu rezeki adalah syirik (menyekutukan Allah). Syirik merupakan perbuatan dosa yang sangat dibenci oleh Allah. Para ulama bersepakat bahwa sesuatu yang menggelincirkan tauhid seseorang adalah perbuatan syirik. Selain menjadi penyebab tertutupnya pintu rezeki, perbuatan syirik juga menyebabkan seseorang hidup dalam kehinaan (hal 11-25).

Durhaka terhadap kedua orang tua juga termasuk perbuatan maksiat yang menyebabkan seseorang tertutup pintu rezekinya dan hidupnya akan jauh dari kemuliaan. Durhaka kepada kedua orang tua termasuk dosa besar setelah syirik. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw., “Maukah kamu saya terangkan sebesar-besar dosa besar? (beliau mengucapkannya sampai 3 kali). Mereka, para sahabat, lalu menjawab, ‘mau, ya Rasulullah!" Maka beliau kemudian bersabda, ‘Yaitu menyekutukan Allah, durhaka kepada kedua orang tua” (hal 49-51).

Perbuatan durhaka kepada orang tua yang harus dihindari banyak sekali bentuknya, antara lain mengucapkan atau melakukan hal-hal yang membuat hati orang tua sakit (misalnya membentak atau menghardik), menyebutkan kejelekan orang tua di depan publik, malu mengakui orang tuanya di depan umum, bermuka masam atau cemberut di hadapan orang tua, bakhil atau tidak mau mengurusi orang tuanya dengan harta yang dimilikinya, dll (hal 52-54).

Rasulullah pernah berkata, “Bukan termasuk dari golongan kami orang yang diperluas rezekinya oleh Allah lalu ia kikir dalam menafkahi keluarganya.” Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Thabrani, Rasulullah menjelaskan bahwa sesungguhnya aroma surga itu dapat tercium dari jarak perjalanan seribu tahun. Tetapi, ada beberapa golongan yang tak dapat mencium baunya surga, di antaranya adalah orang yang durhaka dan memutuskan tali silaturahmi (hal 55-57).

Sifat kikir atau bakhil ternyata juga menjadi salah satu penyebab tertutupnya pintu rezeki. Karena kikir termasuk sifat tercela yang ditimbulkan dari rasa egoisme yang berlebihan. Penyakit kikir dapat menyebabkan malapetaka besar di tengah masyarakat, seperti memunculkan rasa iri dengki di dalam diri orang-orang fakir miskin. Maka tak heran bila orang kikir tidak disukai dan dikucilkan masyarakat.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, dijelaskan bahwa tidak akan masuk surga orang yang suka menipu, orang bakhil, dan orang-orang yang suka mengharapkan pemberian dari orang lain. Orang yang bakhil jauh dari Allah, jauh dari surga, dan jauh dari manusia (hal 105-109).   

Maksiat-maksiat selanjutnya yang dapat menjadi penghalang turunnya rezeki adalah tamak atau rakus, suka mencuri dan mengingkari amanah yang telah diberikan kepadanya, gemar menggunjing atau membicarakan aib orang lain, mabuk-mabukan, dan lain-lain. Semua bentuk maksiat tersebut akan dipaparkan dengan cukup tajam berdasarkan dalil-dalil yang bersumber dari Alquran dan hadits-hadits nabi. (Sam Edy Yuswanto).

***

 

Judul

: Maksiat-Maksiat Penutup Rezeki & Hidup Hina

Penulis

: Rizem Aizid

Penerbit 

: DIVA Press

Tahun

: 2013

Genre 

: Islami

Tebal

: 196 Halaman

ISBN

: 978-6027-968-36-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28794006

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit