1 Menit Mengatasi Rasa Percaya Diri Anda Cetak E-mail
(1 vote)

Cara Tepat Meningkatkan Kepercayaan Diri

1 Menit Mengatasi Rasa Percaya Diri AndaApa pun profesi dan posisi kita sekarang, perrcaya diri adalah kunci dari segala bentuk keberhasilan dan kesuksesan. Namun begitu, percaya diri itu tidak diperjualbelikan, Ia hanya bisa dilatih dan dipraktikkan hingga menjadi sebuah kebiasaan.

Rasa minder atau tidak percaya diri ditimbulkan oleh banyak faktor, misalnya karena merasa tidak memiliki wajah yang rupawan, memilki catat pada anggota tubuhnya, tidak memiliki status sosial yang bisa dibanggakan, bukan golongan orang berkantong tebal, tidak sudi menyesuaikan dengan lingkungan, atau faktor-faktor lain yang serupa. (hal.19-32)

Parahnya, sering rasa tidak percaya diri itu muncul pada saat-saat penting pada saat kita membutuhkan kepercayaan diri penuh, ambil contoh misalnya saat kita harus berkomunikasi dengan orang yang baru kita kenal atau saat kita harus mempresentasikan sebuah produk. Namun bukan berarti itu tidak bisa teratasi. Kehadiran buku setebal 176 ini akan membahas tuntas cara dan strategi jitu meningkatkan rasa percaya diri dalam tempo satu menit saja.

Banyak orang minder atau merasa rendah diri ketika harus berkenalan dengan orang baru. Padahal, rasa rendah diri itu itu malah akan memberi kesan buruk di mata orang baru tersebut. Untuk mendongkrak rasa percaya diri atau menepis rasa rendah diri tersebut, semisal saat berkenalan dengan teman baru di sekolah, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan. Dalam 5 detik pertama kita harus tersenyum, lalu 5 detik selanjutnya menyapa dengan akrab, kemudian sampai satu menit ke depan kita harus berjabat tangan, berdiri dan melangkah maju, membuang suara-suara negatif, melupakan kekurangan diri, bertanya sederhana, melakukan kontak mata, dan menceritakan pengalaman menarik. (hal.33-37)

Ketidakpercayaan diri pun sering menghantui saat kita harus berbicara di depan publik. Misalnya saat ditunjuk menjadi salah satu pembicara di seminar. Untuk menghilangkan rasa minder tersebut, ada beberapa langkah yang mesti dilakukan. Dalam 10 detik pertama, kita harus melakukan olah napas, lalu 5 detik selanjutnya harus menghindari kontak mata. Dan, kemudian harus tersenyum penuh, baru menyapa para audience, bercerita lucu, dan menambahkan candaan yang lucu. (hal.177-120). Sementara saat posisi kita adalah sebagai motivator, maka pada 5 detik pertama, kita harus berdiri tegak, lalu 5 detik berikutnya bersikap tenang dan menarik nafas dalam-dalam, kemudian menghapus segala pikiran negatif, berjalan kesana kemari, menyampaikan detik sedetail-detailnya, dan fokus, melakukan improvisasi. ( hal.121-123) 

Rasa minder pun bisa menyergap saat kita harus mempresentasikan sesuatu, semisal produk atau materi perkuliahan. Untuk mengatasi grogi dan tak percaya diri saat harus memaparkan materi perkuliahan, kita harus berpikir positif, bersikap tenang, melemparkan kelakar segar, dan diusahakan sejelas mungkin dalam bicara. (hal. 136-138)

Sementara bila presentasi itu berisi penawaran kerja sama binis, pertama-tama kita harus menarik nafas dalam-dalam, berdoa sejenak dalam hati, berbicara dengan penuh optimis dan meyakinkan, berbicara dengan suara perut, dan mengomunikasikan keunggulan bisnis. (hal.142-144). Sedang saat kita menawarkan produk, bila kepercayaan diri anjlog, untuk mendongkraknya cukup melakukan afirmasi, lalu dilanjutkan dengan menenangkan diri sejenak, berdiri dengan sigap, berbicara dengan keras dan tegas, serta diam sejenak, lalu diakhiri dengan melontarkan pertanyaan datar. (hal.146-148)

Selain itu masih banyak tips dan trik menarik untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadapi situasi dan dalam menyelesaikan setiap tugas dan tangtangan, seperti saat interview kerja, saat bertemu dengan pasangan baru, saat berkomunikasi dengan oang lain, dll. Yang menarik, semua trik di dalam buku ini cukup dipraktekkan dalam waktu satu menit, dan rasa percaya diri dijamin segera melejit.

Dengan rasa rendah hati, kita akan bisa meloncati setiap orang yang tinggi hati, sementara rasa rendah diri membuat kita tak bisa meloncati diri sendiri.

(Moh. Romadlon)

 

Judul

: 1 Menit Mengatasi Rasa Percaya Diri Anda

Penulis

: John Afifi

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Pengembangan Diri

Tebal

: 176 Halaman

ISBN

: 978-6022-791-18-8

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25229936

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit