Temanmu, Bahagiamu; Langkah Pasti Menemukan Teman Sejati Cetak E-mail
(2 votes)

Langkah Pasti Menemukan Teman Sejati

Temanmu, Bahagiamu; Langkah Pasti Menemukan Teman SejatiSebagai mahluk sosial, manusia pasti saling membutuhkan. Kenyataan inilah yang menuntut seseorang untuk berinterakasi dengan sesama. Dari situlah pertemanan dan permusuhan timbul. Secara sederhana, musuh dan teman sebetulnya dipisahkan oleh sekat tipis berupa kenyamanan. Setiap manusia yang merasa nyaman saat berinteraksi dengan seseorang maka ia akan menganggapnya teman. Begitu juga, bila saat bersinggungan merasa gerah, bahkan terancam, maka ia pun menganggap musuh. 

Setiap manusia pasti menginginkan sebuah kenyamanan hati, di mana pun dan kapan pun. Hal ini akan terwujud ketika seseorang tak salah langkah dalam berinteraksi dengan sesama, yakni berhubungan dengan orang yang benar, yang bisa dijadikan teman bergaul, ataupun teman untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

Mencari teman sejati memang tak semudah membalikkan tangan, terlebih di zaman penuh kemunafikan seperti sekarang. Hanya agamalah yang bisa menjadi pedoman dalam melangkah mencari teman sejati. Dan, lewat buku ini penulis mencoba mengupas petunjuk agama dalam memilih teman. Semua yang dikupas, didasarkan pada al-Qur’an dan hadits nabi.

Mencari kawan sebetulnya tak sesederhana –yang mungkin kita kira. Kenal dan jadian, selesai. Karena, disadari atau tidak, teman kita sangat kuat dan sangat cepat dalam mempengaruhi sifat dan sikap kita. Bila kita berteman dengan orang baik, maka kita akan menjadi orang baik. Sebaliknya, bila berteman dengan orang jelek, kejelekaanya pun akan segera menulari kita. Parahnya, pengaruh jelek yang dibawa oleh seorang teman, jauh lebih kuat dibanding kebaikan yang mungkin kita serap dari teman yang baik. Sehingga, sifat baik yang mungkin kita miliki akan segera hilang terganti oleh sifat jelek yang ditularkan teman. Selaksa bara yang dimasukkan ke dalam abu, akan segera padam.

Oleh karena itu, penulis dalam pengantarnya menasehati agar jangan bergaul atau berteman sesuai keingin pribadi kita. Akan tetapi, haruslah sesuai dengan perintah dan tuntunan Allah. Kita berteman karena Allah, dan kita menjauh dari seseorang juga karena Allah. Ini karena pergaulan sangat mempengaruhi nasib kita di dunia dan akherat (hal. x). Terkait hal itu, Rasullullah mengingatkan dalam salah satu sabdanya; Seseorang akan bersifat seperti temannya, hendaklah kalian memperhatikan siapa yang akan ia jadikan teman.” (hal.2)

Ternyata, tidak hanya bergaul dengan sesama yang memberi pengaruh, bahkan pergaulan dan kedekatan seseorang dengan binatang pun akan berpengaruh. Ada banyak hadits yang menjelaskan ini. Kedekatan dengan unta misalnya, karena jika berjalan sambil mendongakkan kepala, maka mewariskan sifat sombong. Sedang kedekatan dengan kambing yang merumput dengan tenang dan jauh dari keramaian, maka akan mempengaruhi pemiliknya untuk senantiasa tenang dan suka menjauhi keramaian. (hal.4-5)

Banyak kisah-kisah nyata yang memberi pelajaran pada kita betapa besarnya pengaruh teman pada kepribadian seseorang. Misalnya pengaruh Ja’far bin Sulaiman terhadap Abdurrahman bin Humam Ash-Sha’ani. Pertemuan Abdurrahman dengan tokoh syiah bernama Ja’far ternyata sangat berpengaruh terhadap pandangan beliau tentang Syiah. Beliau yang aslinya bermadzab Sunni akhirnya menerima Syiah karena mengenal Ja’far sebagai orang yang baik, ramah, dan mulia. (hal. 9)

Mengingat betapa besar bahaya dan dampak negatif teman yang jelek perangainya, tentu banyak ayat Allah dan hadits nabi yang memberi arahan dan memberi batasan tentang orang yang tidak selayaknya dijadikan sahabat. Di antaranya perintah untuk menjauhi fitnah dan meninggalkan tempatnya, perintah untuk mengeluarkan laki-laki yang menyerupai wanita, dan perintah menjauhkan diri dari para ahli bidah, dll.(hal.17-30)

Teman yang jahat merupakan kaki tangan setan. Tak heran bila ia selalu berusaha memalingkan kita dari jalan kebenaran, sehinga kita enggan melakukan kebajikan. Memang kita pun mesti sadar, tak ada satu pun jalan kebaikan kecuali di sana ada setan yang senantiasa menghalangi dan berusaha memalingkan manusia dari jalan itu. Maka, jika ada seseorang yang berusaha istiqomah dalam kebaikan, ia pun akan menemui teman-teman yang akan menakut-nakuti dan membuatnya merasa berat dalam memegang keteguhan iman. (hal.56-58)

Lebih lanjut, buku setebal 170 halaman ini mengupas secara detail dan dalam tentang dampak-dampak buruk dan juga pengaruh positif dari seorang teman sejati. Bila kita ingin mengetahui baik buruknya seseorang, tak perlu bertanya langsung pada orangnya, tapi cukup lihat siapa teman terdekatnya, siapa sahabat karibnya. (Moh. Romadlon)

 
 

Judul

: Temanmu, Bahagiamu; Langkah Pasti Menemukan Teman Sejati

Penulis

: Syekh Mustafa al-Adawi

Penerbit 

: Tinta Medina

Tahun

: 2013

Genre 

: Islam

Tebal

: 170 Halaman

ISBN

: 978-6029-211-94-8

 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 26323290

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit