Makan Sekali Sehari Cetak E-mail
(3 votes)

Tetap Sehat dengan Makan Sekali-Sehari

Makan Sekali SehariSelama ini kita menganggap bahwa perut kosong atau dalam keadaan lapar akan berbahaya dan berakibat buruk bagi tubuh dan kesehatan. Maag adalah penyakit yang sering ditenggarai muncul karena seseorang tidak bisa menjaga pola makan.

Ketika lapar, umumnya perut akan berbunyi. Dan, saat itulah kita akan segera makan dengan lahap dan porsi yang banyak. Padahal, menurut dokter Yoshinori Nagumo, ketika perut berbunyi karena lapar, sel-sel baru justru akan tumbuh sehingga dapat meremajakan tubuh.

Dalam buku Makan Sekali Sehari, Yoshinori Nagumo, ketua Asosiasi Kedokteran Anti-Aging Internasional, menjelaskan banyak hal tentang bagaimana menjaga pola makan yang baik dan bermanfaat bagi tubuh. Pola makan yang dimaksud adalah sekali-sehari yang ternyata mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Umumnya, manusia makan tiga kali-sehari. Pagi, siang dan malam. Hal itu sudah menjadi lumrah dan banyak dipraktikkan oleh banyak orang. Namun, justru Yoshinori membuat sebuah pernyataan berdasarkan penelitian dan pengalaman pribadinya, bahwa makan sekali-sehari juga bisa menyehatkan. Karena, menurut dokter asal Jepang itu, makan tiga kali-sehari belum tentu baik bagi kesehatan. Justru, menurutnya, sedikit sekali gen vitalitas yang bekerja ketika seseorang makan berlebihan. Karena itu, orang yang terserang penyakit akibat pola hidup tidak sehat, salah satunya adalah makan berlebihan, akan lebih cepat meninggalkan dunia.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa empat penyakit penyebab kematian tertinggi di negara mana pun (kanker, penyakit jantung, stroke, dan diabetes melitus) terkait dengan pola makan yang buruk dan kegemukan akibat makan berlebihan. Maka, jika kita ingin tetap sehat, terlihat muda, dan memiliki kesehatan yang baik hingga usia lanjut, mungkin sudah saatnya untuk memperbaiki pola makan sehari-hari dan menghentikan kebiasaan makan berlebihan.

Memang, akan sangat sulit memulai kebiasaan makan sekali-sehari. Tetapi, dengan berbagai latihan, itu akan menjadi kebiasaan yang baik. Lewat buku ini penulis akan memandu banyak hal yang berkaitan dengan bagaimana mengubah pola makan dari tiga kali-sehari menjadi sekali-sehari. Sesuatu yang nampak sederhana, namun besar sekali manfaatnya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengurangi porsi makan, yaitu dengan menyiapkan peralatan makan yang biasa dipakai anak-anak. Dengan begitu, porsi makan kita sudah mulai berkurang. Namun begitu, tetap memerhatikan lauk-pauk yang dimakan. Misal, tetap dengan mengonsumsi sayur, sup, nasi putih, nasi merah dan semacamnya (halaman 50).

Lalu, mulailah mempraktikkan makan sekali-sehari dengan beberapa hal yang perlu dipraktikkan. Ketika bangun terlalu siang dan dikejar waktu, kita terkadang sarapan sambil berlari ke stasiun atau di dalam kendaraan pribadi. Dalam keadaan seperti itu, menurut Yoshinori Nagumo, lebih baik kita tidak makan; cukup minum air, apalagi jika kita terlalu banyak makan pada malam sebelumnya sehingga perut terasa berat. Dari sudut pandang ilmu kedokteran, kita lebih baik berpuasa untuk mengistirahatkan perut ketika mengalami keadaan seperti itu. Karena itu, kita cukup minum air saja.

Apabila kita lapar, maka cukup kita makan sebuah kue. Kue yang terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, dan bahan-bahan lain mengandung gizi yang hampir lengkap. Tepung terigu memiliki gizi yang seimbang sehingga baik untuk dikonsumsi (halaman 52-53).

Lebih lanjut dokter Yoshinori menyarankan, agar jangan pernah nekat memakan camilan manis, sebab porsi yang sedikit pun akan merangsang produksi hormon insulin, meningkatkan lemak tubuh, dan memperburuk kondisi pencernaan sehingga kita akan merasa cepat lapar.

Lalu, jika ingin makan siang, yang diperlukan adalah makan dengan porsi kecil. Jangan sampai kita makan berlebihan sebab hal itu akan membuat kita mengantuk. Jika ingin makan, yang sangat dianjurkan adalah memilih makanan yang tidak menaikkan kadar gula (glukosa) darah dengan cepat. Kita bisa memilih makanan dengan indeks glikemik terendah sebagai acuan. Memakan nasi merah atau gandum lebih baik daripada memakan nasi putih atau roti putih. Menu yang mengandung banyak protein lebih baik daripada menu yang mengandung banyak gula dan tepung.

Dari buku 184 halaman ini kita bisa belajar bagaimana seharusnya menjaga kesehatan dengan memerhatikan pola makan yang baik. Juga, makanan jenis apa yang seharusnya dikonsumsi untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit dalam beraktivitas. Bahwa makan sedikit (sekali-sehari), tapi memerhatikan menu yang baik bagi tubuh, tidak akan pernah menyebabkan seseorang kurang gizi. Sebaliknya, makan berlebihan justru awal dari munculnya sebuah penyakit. (*)

(Untung Wahyudi)

 

Judul

: Makan Sekali Sehari

Penulis

: Dr. Yoshinori Nagumo

Penerbit 

: Qanita

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan

Tebal

: 184 Halaman

ISBN

: 978-6021-637-15-9

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25231018

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit