Balita pun Hafal Al-Qur’an Cetak E-mail
(1 vote)

Kisah Para Penjaga Wahyu Ilahi

Balita pun Hafal Al-Qur’anSalah satu bukti kemukjizatan al-Qur’an adalah mudahnya untuk dihafal. Dalam artian, ribuan ayat-ayat tersebut sanggup ditangkap dan diserap oleh siapa pun dalam usia seberapa pun, termasuk oleh para balita yang belum bisa baca dan tulis sekali pun. Hal yang mustahil dilakukan pada teks-teks lain selain al-Qur’an.

Dalam buku setebal 298 ini memuat lebih dari 20 biografi inspiratif dari bocah-bocah super ajaib tersebut. Selain itu, juga mengupas perjuangan luar bisa para lansia dan orang-orang yang berkebutuhan khusus yang mampu menghafal seluruh aayat-ayat al-Qur’an. Keseriusan, kekukuhan, dan perjuangan mereka merupakan pelajaran besar dan motivasi tersendiri bagi seluruh umat islam untuk selalu belajar membaca, menghafal, menelaah, memahami sekaligus mengamalkan kandungan al-Qur’an.

Buku edisi premium ini merupakan bentuk ulang dari buku yang sama, yang terbit pada tahun 2013. Sejak peluncuran yang pertama, telah mengalami berulang kali naik cetak. Untuk memenuhi permintaan dan agar lebih menggungah emosi pembaca untuk mengikuti jejak-jejak para penjaga Wahyu tersebut, dalam edisi kali ini bukan saja ukuranya yang diperbesar, tapi konsep visualnya pun dibuat jauh elbih elegan. Pembahasanya pun lebih mendalam, yakni dengan menghadirkan cara-cara menghafal.  

Salah satu bocah ajaib itu adalah Abdullah Fadhil Asy-Syaqiiq. Pada usia 7 tahun bocah kelahiran Saudi Arabia ini telah mampu menghafal 30 jus. Bahkan sejak usia dua tahun ia sudah mampu menghafal jus-30 secara penuh. Bakat istimewa ini, bukan lahir begitu saja, tapi merupakan rencana yang di canangkan Ayah dan bundanya sebelum dan selama masih di kandungan. Sebelum mengandung, sang ayah berusaha selalu dalam kondisi suci, dan ibunda selalu  membaca wirid dan dzikir harian, mengerjakan sholat sunnah, dan membaca al-Qur’an. Sedang memasuki masa kehamilan, sang bunda melakukan program Qur’ani, dengan membaca aya-ayat dan surat yang sudah terprogram sedemikian rupa. Program-program it uterus berlanjut hingga anak itu betul-betul menjadi hafidz.

Kemamupan bocah 7 tahun ini, bukan saja dalam menghafal, tapi mengerti betul tentang pengetahuan dan kandungan  al-Qur’an. Kemampuan ini ditunjukan ketika ia mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh para ahli dalam bidang al-Qur’an. Atas prestasinya, dalam usia 7 tahun ia pun berhak menyandang gelar doctor.(hal.22-49)

Bocah ajaib selanjutnya adalah Abdurrahman Farih. Bocah kelahiran al-Jazair ini sudah mampu menghafal al-Qur’an pada usia 3 tahun. Yang luar biasa, saat pertama bisa berbicara kalimat yang pertama keluar adalah surat al-Kahfi. Dalam Abu Sayyid (2012), Ibunda Farih menuturkan rahasia kemampuan sang anak. Beliau mengatakan, “Sebenarnya, sejak masih dalam kandungan aku selalu membaca al-Qur’an. Setiap malam Jum’at, aku selalu membaca surat Kahfi...” Beliau juga mengungkapkan proses dalam menghafal. Awalnya, si anak menghafal al-Qur’an melalui chennel Al-Afasy. Lewat saluran ini dia mendengarkan ayat-ayat al-Qur’an yang dilantunkan oleh Syekh Misyari Rasyid al-Affasi.(hal.72-82).

Selain mereka berdua, masih ada beberapa bocah istimewa lainnya yang dibuat buku ini, seperti Tabarak, Yazid, Zainal, Muhammad Jauhari, dll. Kemampuan bocah-bocah luar biasa tersebut tidak lepas dari peran ayah dan ibunya, dan tentu sangat membahagiakan keduanya.

Dari balita-balita itu kita belajar bahwa, usia bukan persoalan dalam menghafal al-Qur’an. Dan hal ini pun dipertegas oleh para lansia yang akhirnya bisa menghafal al-Qur’an. Diantaranya yang ada dalam buku ini adalah sopir berusia 60 tahun bernama Malik Muhammad Abdullah Malik, Muhammad Musa (usia 70 tahun), Ummu Shalih (80 tahun) dll.

Tak mau kalah dengan para orang yang sehat secara fisik, para penyandang cacat pun banyak yang tercatat sukses menghafal Al-Qur’an. Keberhasilan mereka juga mepertegas bahwa keterbatasan bukan satu penghalang.

Biograf singkat sebagian para penjaga wahyu Tuhan yang dimuat dibuku ini tentu membuat kita kagum, tercengang, haru, sekaligus terinspirasi. Banyaknya para penjaga wahyu tersebut juga merupakan bentuk penjagaan kemurnian al-Qur’an yang langsung dilakukan Allah sesuai janji-Nya. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Balita pun Hafal Al-Qur’an

Penulis

: Salafuddin Abu Sayyid

Penerbit 

: Tinta Medina

Tahun

: 2013

Genre 

: Islam

Tebal

: Halaman

ISBN

: 978-6029-211-84-9

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28303562

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit