Ibuku Berbeda; Dia Punya Lebih Dari Sekadar Cinta Cetak E-mail
(6 votes)

Kasih Ibu Sepanjang Masa

Ibuku Berbeda; Dia Punya Lebih Dari Sekedar CintaPepatah bijak mengatakan “Kasih ibu sepanjang masa”. Sebuah pepatah yang memang tak diragukan lagi kebenarannya. Ya. Ibu adalah sosok perempuan yang memiliki andil besar dalam kehidupan ini. Melalui rahimnya, lahirlah anak-anak yang diharapkan dapat menjadi penerus generasi sebelumnya.

Perjuangan serta pengorbanan orang tua, khususnya ibu, dalam membesarkan anak-anaknya memang tak dapat digantikan dengan hal apa pun. Berapa pun harta yang dikeluarkan oleh seorang anak untuk membalas jasa-jasa orang tuanya, maka itu masih belum dianggap cukup. Terkait hal ini, syariat Islam jauh-jauh hari memerintahkan kepada setiap anak untuk senantiasa berbakti kepada kedua orang tuanya, terlebih ibu.

Buku setebal 239 halaman ini merangkum berbagai kisah nyata tentang perjuangan dan pengorbanan para ibu ketika membesarkan putra-putrinya. Meski setiap ibu mempunyai cara yang tidak sama dalam merawat putra-putrinya namun pada hakikatnya setiap ibu menginginkan hal terbaik untuk mereka. Dan sebagai seorang anak, terkadang baru bisa merasakan dan menyadari betapa maha beratnya perjuangan orang tua ketika dia telah tumbuh menjadi manusia dewasa atau ketika telah menikah dan memiliki anak.

Masih lekat dalam ingatan Budi. Sewaktu masih kecil, ia merengek minta dibelikan es dawet pada ibunya. Bukannya membelikan, ibu malah bilang kalau es dawet itu rasanya tidak enak. Belakangan, ketika usianya menginjak remaja, baru ia menyadari bahwa sebenarnya bukan es dawetnya yang tidak enak, tapi karena ibu pergi ke pasar dengan uang pas-pasan dan hanya cukup untuk membeli kebutuhan rumah. Perekonomian keluarga waktu itu memang serba pas-pasan. Ayah hanyalah seorang tentara berpangkat rendah dengan gaji minim. Tak heran bila malam harinya, ayah bekerja menjadi tukang ojek untuk menambah penghasilan.

Lebih mengejutkan lagi ketika akhirnya Budi mengetahui bahwa dirinya bukanlah anak kandung ayah dan ibu yang selama ini telah membesarkannya dengan kasih sayang dan penuh keikhlasan. Dan yang membuat Budi merasa trenyuh dan haru, di akhir hayatnya, ibu angkatnya tak pernah menceritakan hal yang sebenarnya, karena ibu selalu menganggap Budi adalah anak kandungnya sendiri (hal 102-103).

Bagi Ravilia, ibu adalah sosok paling berarti dalam hidupnya. Pengorbanan ibu sejak kecil hingga dewasa benar-benar ia rasakan. Satu hal yang tak bisa terlupakan adalah ketika tengah malam Ravilia mendadak sakit. Sekujur tubuhnya serasa lemas semua seperti kehilangan energi. Ibu sampai membopong tubuh Ravilia menuju jalan raya untuk mencari taksi. Namun, hingga beberapa saat, taksi tak kunjung datang. Akhirnya ibu mencoba menyetop mobil angkot yang sudah tak ada penumpangnya. Untunglah pak sopir mau membantu ibu mengantarkan menuju rumah sakit.

Sesampainya di rumah sakit, ternyata ibu lupa membawa uang. Mungkin ibu terlalu panik melihat kondisi anaknya yang harus segera mendapat pertolongan ahli medis. Akhirnya ibu menggadaikan cincin yang ada di jarinya agar bisa membayar biaya rumah sakit. Setelah mendapat penanganan dokter, ternyata Ravilia mengidap penyakit demam berdarah. Untung saja ibu tak terlambat membawa Ravilia ke rumah sakit (hal 148-150).  

Ada sebuah kejadian yang tak pernah bisa dilupakan oleh Retno tentang kesalahan yang pernah ia lakukan kepada ibu kandungnya. Dulu, ketika ia sedang asyik bermain dengan temannya, ibu datang dan menyuruhnya untuk makan siang terlebih dulu. Namun, ia tak memedulikan kata-kata ibunya. Tak heran bila kemudian ibu mencubit paha anaknya yang bandel. Bukannya takut dan menurut, ia justru menangis sejadi-jadi hingga menyebabkan kursi kayu di sebelahnya terguling dan menimpa kaki ibu. Selama seminggu, bayang-bayang kesalahannya pada ibu tak kunjung hilang dari ingatan. Hingga akhirnya Retno memutuskan untuk meminta maaf pada ibu (hal 153-155).

Puluhan kisah nyata lainnya tentang sosok ibu dapat ditemukan dalam buku inspiratif yang merupakan hasil dari lomba menulis bertema ibu ini. Buku yang ditulis secara keroyokan oleh beberapa penulis ini layak dijadikan bacaan bermutu untuk para remaja Indonesia. Harapannya ke depan, setiap anak akan semakin menghormati dan menghargai perjuangan para orang tua, terlebih ibu, yang telah merawat, mendidik serta membesarkan anak-anaknya dengan segunung kasih sayang tanpa kenal lelah. (Sam Edy Yuswanto).

***

 

Judul

: Ibuku Berbeda; Dia Punya Lebih Dari Sekadar Cinta

Penulis

: Nurul, Anita, dkk.

Penerbit 

: de TEENS

Tahun

: 2013

Genre 

: Non Fiksi Umum

Tebal

: 239 Halaman

ISBN

: 978-6022-553-60-1

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NON FIKSI UMUM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27612976

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit