Satrio Piningit, Siapakah? Cetak E-mail
(1 vote)

Menakar Calon Pemimpin 2014

Satrio Piningit, Siapakah?Pemilu 2014 tinggal menghitung hari. Seperti pada jelang pemilu-pemilu sebelumnya, lembaga-lembaga survai di Indonesia pun terus bergerak cepat untuk melakukan survai atas nama-nama yang dimungkinkan akan diusung oleh parpol peserta pemilu. Sekaligus menakar peluang mereka untuk jadi pemenang dalam pesta akbar tersebut.

Selain diramaikan oleh hasil-hasil survai tersebut, ramalan Jayabaya tentang akan datangnya Satrio Piningit di bumi Nusantara juga kembali mengemuka. Dalam ramalan tersebut, Satrio Piningit disiratkan sebagai seorang yang peduli pada rakyatnya, ingin mengabdi pada bangsanya. Berilmu tinggi, tapi rendah hati. Diyakini dialah yang akan membawa bangsa ini pada kemakmuran, keadilan, dan kemajuan dalam segala hal.

Dan, dari penafsiran ini muncullah beberapa nama, diantaranya Joko Widodo, Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Mahfud MD, Dahlan Iskan, Surya Paloh, dan Wiranto. Yang menarik, dari ketujuh nama tersebut, yang memiliki ranking tertinggi justru para tokoh yang terbilang muda, tokoh yang masih sekedar menjadi capres wacana, karena sampai saat ini belum ada satu pun partai peserta pemilu yang mengusungnya.

Salah satunya, Joko Widodo. Selama memimpin Jokowi memperlihatkan kinerja positif dan prestasi prestisius. Tak mengherankan bila ia selalu menduduki ranking satu dari semua hasil survai lembaga survai di Indonesia. Mesti begitu ia masih merupakan capres wacana. PDIP, partai yang menjadi kendaraan politiknya pun belum meminta kesediaannya untuk dicalonkan.

Bahkan, Jokowi diprediksi mampu meraih lebih dari 45 % suara. Prediksi ini dilandaskan pada hitung-hitungan; 50% warga DKI akan memilihnya karena puas akan gaya kepemimpinannya, sebagian besar warga Jawa Timur akan memilihnya karena banyak kerabatnya di sana, belum lagi dukungan dari warga Jawa Tengah (50%), Sumatera utara (28%), Kalimantan Barat, Maluku, dan Bali karena daerah-daerah itu  merupakan basis PDI. (hal 39-40)

Tokoh lainnya yang tak kalah tangguh adalah Mahfud MD. Meski belum ada partai yang resmi meminangnya, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini akhirnya menyatakan kesediaannya untuk dicalonkan sebagai capres pemilu 2014 setelah mendapat dawuh, restu, dan dukungan dari para kiai sepuh se-Jawa.

Tentang alasan para kiai sepuh mendukung Mahfudz MD karena mereka melihat titik masalah bangsa ini terletak pada lemahnya penegakkan hukum dan mereka menilai Mahfudz MD mempunyai kemampuan, kekuatan dan kemauan untuk menangani hal itu. (hal.122-123)

Sementara, masalah peluang beliau dalam pemilu mendatang, menurut salah satu lembaga survai Indonesia, meski pun sudah mendapatkan dukungan dari para kiai, jika Mahfudz ingin serius maju menjadi calon presiden dari partai berhaluan Islam itu belum cukup karena sejauh ini kekuatan partai Islam hanya sepuluh persen. Oleh karenanya, mengutip Agung Nugroho, pengamat politik, selain mendekati partai Islam, Mahfudz MD juga harus merapat ke partai yang berhaluan nasionalis. Pasalnya bangsa Indonesia sepertinya telah berubah zaman ke zaman nasionalis. Dan partai nasional yang ideal didekati adalah PDIP dan Gerindra. (hal.124-125)  

Dahlan Iskan adalah sosok kuat berikutnya. Meski pun ia masih menampik setiap wacana terkait pencalonan dirinya pada pemilihan presiden mendatang, namun bangsa Indonesia sepertinya mencatat sepakterjang dan prestasi-prestasinya yang memang terbilang luar biasa. Sehingga wajar bila di setiap survai dia masuk jajaran calon ideal yang digadang dan dirindu banyak masyakarat. Bahkan Dahlan mampu duduk di ranking tiga, dua tingkat di bawah Jokowi.

Bila ia akhirnya betul dicalonkan, banyak kalangan yang menyakini bahwa nama Dahlan akan bersinar dan sangat diperhitungkan. Ini tak lepas dari kinerja, popularitas, dan elektabilitasnya selama menjabat CEO PLN dan menteri BUMN. Dan sepertinya partai Demokrat yang terpikat mencalonkan dirinya. Peluang Dahlan pun untuk memenangi pemilu 2014 masih terbuka lebar, terlebih didukung penuh oleh SBY yang masih cukup kuat di mata masyarakat. (hal. 154-156)

Siapakah yang akan menjadi Satrio Piningit negeri ini? Semua memang masih prediksi, masih merupakan ramalan, tapi hadirnya buku setebal 194 halaman ini setidaknya akan membantu pembaca untuk mengenali lebih dalam tentang profil, latar belakang, pendidikan, prestasi, dan sepakterjang para tokoh yang mungkin akan bertarung di gelanggang demokrasi mendatang.

(Moh. Romadlon)

 

Judul

: Satrio Piningit, Siapakah?

Penulis

: John Afifi

Penerbit 

: Palapa

Tahun

: 2014

Genre 

: Sosial & Politik

Tebal

: 194 Halaman

ISBN

: 978-6022-554-10-3

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
SOSIAL & POLITIK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29367252

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit