I am The Best I am The Winner Cetak E-mail
(1 vote)

Meneladani Semangat Orang Cacat

I am The Best I am The WinnerOrang cacat/handicap seringkali tidak dihargai oleh banyak pihak. Diskriminasi juga sering mereka terima, sehingga menyebabkan orang-orang cacat merasa minder. Padahal, mereka pasti tidak ingin dilahirkan dalam keadaan cacat. Sebagaimana orang pada umumnya, mereka juga ingin terlahir dengan kondisi fisik yang normal.

Namun, apa yang dilakukan Hermes Fortune patut menjadi contoh. Meskipun terlahir dalam keadaan cacat, laki-laki yang bernama asli Andrean Pradipta itu berusaha tetap optimis menghadapi hidup. Ia terlahir dengan kondisi fisik yang megalami sedikit tantangan. Dalam istilah kedokteran, urat tendon achilles kedua kakinya pendek sehingga ia tidak bisa merangkak. Karenanya, ketika diajak pergi oleh keluarga, ia hanya digendong.

Kedua kaki Hermes dioperasi pada saat ia berumur empat dan delapan tahun. Setelah kedua operasi itulah ia baru mulai bisa merasakan berjalan, meskipun tidak sempurna. Ia berjalan dengan berjinjit dan tidak bisa berdiri tanpa pegangan.

Meskipun sudah bisa berjalan, bukan berarti Hermes bebas dari diskriminasi. Tantangan mulai muncul ketika ia mulai masuk sekolah. Ibunya mengalami kesulitan untuk mencarikan sekolah untuknya. Banyak sekolah, baik negeri maupun swasta, yang menolak kehadirannya ketika ibu menceritakan kondisi fisik Hermes kepada kepala sekolah setempat. Mereka beralasan tidak mempunyai bangku kosong untuk Hermes, takut ia didorong oleh anak-anak lain, dan tidak mau bertanggungjawab jika ada sesuatu yang terjadi pada diri Hermes.

Akhirnya ia bisa bersekolah di sebuah SD negeri dekat rumahnya. Akan tetapi, itu tidak berlangsung lama. Adanya pelecehan berbau rasial di sekolah itu akhirnya membuat ia pindah ke SD Melania III. Ia pun menempuh pendidikan dasar di sekolah tersebut.

Tantangan demi tantangan terus dihadapi Hermes, hingga ia masuk sebuah perguruan tinggi. Berbekal sikap optimis dan kerja keras untuk membiayai kuliahnya sendiri, akhirnya ia bisa lulus kuliah dalam 3,5 tahun dengan IPK 3,8. Sebuah pencapaian yang di luar dugaan orang-orang normal. Itu adalah buah dari pikiran positif yang terus dipupuk oleh Hermes.

Selain itu, berbagai prestasi juga pernah diraih Hermes. Ia adalah orang handicap pertama di Indonesia yang mendapatkan sabuk cokelat aikido dari Institut Aikido Indonesia. Ia juga dicalonkan untuk mengambil sabuk hitam (Dan 1) Internasional di Suginami, Aikikai, Jepang. Berkat prestasi dan kemampuannya bermain sulap, ia juga kerap diundang menjadi bintang tamu di beberapa acara televisi, di antaranya The Master (RCTI), Ceriwis (Trans TV), Sekitar Kita (Global TV).

Dalam buku I am The Best I am The Winner ini Hermes menjabarkan pemikirannya sehingga bisa memiliki semangat luar biasa dan meraih keberhasilan.

Ada beberapa formula khusus yang dilakukan Harmes untuk meraih segenap keberhasilan yang selama ini diraihnya. Salah satunya dengan belajar bermimpi besar dan tidak pernah sekali pun membatasi impian. Seringkali orang yang memiliki pikiran negatif mengatakan, kalau punya impian jangan yang tinggi-tinggi. Padahal, menurut Hermes, dengan impian besar, sebenarnya kita telah berhasil meraih 50% keberhasilan dalam tujuan hidup. Sisanya 10% adalah strategi dan 40% adalah melakukan strategi dengan tepat dan pantang menyerah (hlm. 38).

Maka, beberapa langkah besar yang dapat seseorang lakukan dalam menghasilkan impian yang luar biasa antara lain; pikirkan impian besar yang spesifik dan langkah untuk meraihnya, sediakan waktu untuk meraih impian tersebut, fokus terhadap satu impian dan berjuang terus sampai mendapatkannya, dan yakin impian tersebut akan diraih.

Berbagai trik meraih sukses dalam buku ini dibahas penulis dalam beberapa bab, di antaranya “Trik Cepat dalam Meraih Kesuksesan Sejati”, “Bekerja Cerdas”, “Bagaimana Mengenali Diri Anda Sendiri”, dan bagaimana membangun “Semangat dan Optimis”. Semua dibahas dengan pembahasan yang ringan namun praktis.

Yang terpenting dalam menjalani berbagai trik yang disampaikan Hermes dalam buku 170 halaman ini adalah bagaimana kita membangun semangat dan optimis dalam diri kita sendiri. Jangan memercayai bakat turunan dan hoki. Karena, sesungguhnya dua hal itu tidak pernah ada. Kesuksesan itu bisa diraih dengan kerja cerdas, ulet dan penuh semangat. Apa gunanya jika seseorang memiliki bakat yang bagus, tetapi dia tidak semangat dan bermalas-malasan dalam hidup? Bisa-bisa hasilnya menjadi kosong.

Orang sukses di dunia ini memiliki berbagai macam latar belakang. Namun, kesamaan yang muncul dari orang-orang sukses adalah mereka bersemangat dalam mewujudkan mimpi mereka. Orang sukses selalu memikirkan segala sesuatu yang menantangnya untuk maju. Dia akan melakukan yang terbaik dan mengerjakannya dengan penuh rasa optimis.

Optimisme hidup yang dilakukan Hermes akan menyadarkan dan membuka mata kita bahwa, tak sepantasnya kita menganggap remeh apalagi bertindak diksriminatif terhadap orang-orang yang terlahir cacat. Mereka juga punya hak untuk menjalani hidup sebagaimana orang normal.

Sementara, bagi para penyandang cacat, perjuangan dan kerja cerdas yang dilakukan Hermes bisa menjadi contoh sekaligus cambuk semangat bahwa cacat fisik bukanlah akhir segalanya. Orang cacat juga memiliki berbagai kelebihan yang harus terus digali sampai potensi yang tersembunyi itu bisa mencuat. Sehingga mereka juga bisa berkata, “Orang cacat juga bisa sukses!”. (*)

(Untung Wahyudi)

 

Judul

: I am The Best I am The Winner

Penulis

: Hermes Fortune

Penerbit 

: Metagraf

Tahun

: 2013

Genre 

: Motivasi

Tebal

: 170 Halaman

ISBN

: 978-6029-212-80-8

 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28563516

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit