Ajaran-ajaran Spektakuler Bung Karno & Pak Harto Cetak E-mail
(1 vote)

Belajar dari Kepemimpinan Bung Karno dan Pak Harto

Ajaran-ajaran Spektakuler Bung Karno & Pak HartoDi penghujung Tahun 2013 ini sudah saatnya kita perlu bersiap-siap untuk memilah-memilih calon pemimpin kita hingga lima tahun mendatang. Pemimpin yang sejati seharusnya bisa mengendali-fungsikan pemerintahan dan warga negaranya untuk menuju suatu kesejahteraan bersama. Bukan pemimpin yang meraup kekayaan negara demi kepentingan politiknya sesaat. Disinilah Kepemimpinan seseorang dipertaruhkan.

Pemimpin ibarat seperti pilot yang akan mengudara dan mendarat, demi mengantarkan penumpangnya (rakyat), yakni untuk mencapai keselamatan dan kesejahteraan bersama. Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya”. Maksud dari hadis tersebut, secara tidak langsung menyatakan bahwa kemajuan dan kemunduran suatu negara itu ditentukan oleh pemimpinnya, termasuk Indonesia.

Dalam diskursus sejarah politik kepemimpinan di Indonesia, banyak hal yang sepatutnya menjadi sebuah kebanggan bangsa dengan memiliki dua tokoh pemimpin yang spektakuler dengan ajaran-ajarannya. Kedua tokoh ini adalah Ir. Soekarno dan H.M. Soeharto. Di era kepresidenan masing-masing, mereka menorehkan tinta emas dalam sejarah kebangkitan bangsa ini, terlepas dari segala kontroversi yang muncul dikemudian hari.

Melalui buku karangan Suwelo Hadiwijoyo inilah akan lebih jelas diungkapkan mengenai ajaran-ajaran spektakuler Bung Karno dan Pak Harto. Menurut penuturan penulis, Bung Karno dan Pak Harto adalah dua sosok pemimpin yang berjiwa kepemimpinan kuat. Salah satu bukti jasa-jasa yang diabdikan mereka, Contohnya, pada saat mereka menjabat menjadi presiden. Negara Kesatuan Republik Indonesia menajadi negara yang paling disegani oleh kelas dunia negara lain yang kemudian dijuluki sebagai Macan Asia.  Hal inilah yang menurut Suwelo bahwa apa yang dilakukan Bung Karno dan Pak Harto untuk Indonesia kiranya layak untuk dicontoh oleh rakyatnya, terutama bagi kita sebagai calon pemimpin masa depan. (hal 8)

Bung Karno merupakan tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan dan proklamasi, serta memiliki peran besar dalam perumusan dasar dan falsafah negara, Pancasila dan UUD 1945. Di bagian pertama buku ini dijelaskan sembilan ajaran dari Bung Karno yang ditanamkannya kepada diri bangsa ini, seperti Nasionalisme, Pancasila, Marhaenisme,Antikolonialisme,Antielitisme, Persatuan nasional, Berdikari (berdiri di atas Kaki sendiri), Ganyang Malaysia, dan Spritualisme. (hal 20-40).

Ajaran demi ajaran bung Karno jika kita tarik ke masa sekarang,  tentunya mengandung relevansi dengan realitas kekinian. Salah satunya Relevansi Ajaran Nasionalisme Bung Karno dengan saat ini. Adapun Nasionalisme yang diajarkan Bung Karno mengandung arti cinta dan bangga terhadap NKRI. Namun, dalam realitas saat ini, nasionalisme sepertinya menjadi sikap yang sulit ditemui, contoh sederhana saja kita melihat di zaman sekarang ini, banyak masyarakat lebih tertarik dengan produk-produk luar negeri dibandingkan produk asli mereka sendiri (dalam negeri). Mereka telah tercampuri budaya-budaya barat mulai dari cara berpakaian atau Fashion, bertutur sapa yang dicapuradukan dengan istilah-istilah asing hingga ke gaya hidup yang kebarat-baratan. (hal 94)

Sementara, di masa kepemimpinan Pak Harto, Indonesia berhasil menekan jauh inflasi yang semula membawa negara ini menuju keterpurukan. Selain itu, pembangunan besar-besaran dilakukan pada berbagai aspek sehingga Indonesia menjadi macan Asia yang disegani di dunia.
Buku ini hadir untuk membawa kita mengenal kedua tokoh ini lebih dekat (hal.130)

Lebih jauh, membaca buku ini seperti mengulas ajaran dan nilai-nilai yang mereka bawa dalam sepak terjang sebagai negarawan maupun kehidupan sehari-hari. Berbagai nilai tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap bangsa ini, seperti antikolonialisme dan antiimperialisme yang dicetuskan oleh Bung Karno, atau nilai-nilai hidup orang Jawa yang ditanamkan oleh Pak Harto, seperti “andhap asor kalawan rakyat”. Ajaran-ajaran spektakuler mereka seyogianya kita teladani pada masa sekarang agar bangsa ini bangkit dan mampu mengulang, bahkan melampaui, kejayaan masa lalunya. Selamat membaca!

(Nursodik El-Hadee)

 

Judul

: Ajaran-ajaran Spektakuler Bung Karno & Pak Harto

Penulis

: Suwelo Hadiwijoyo

Penerbit 

: IRCiSoD (Diva Press)

Tahun

: 2013

Genre 

: Sosial & Politik

Tebal

: 208 Halaman

ISBN

: 978-6022-553-44-1

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
SOSIAL & POLITIK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28289161

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit