Menguak Fakta Sejarah Penemuan Sains dan Teknologi Islam Cetak E-mail
(6 votes)

Fakta Sejarah Penyelewengan Sains dan Teknologi Islam oleh Barat  

Menguak Fakta Sejarah Penemuan Sains dan Teknologi IslamFakta sejarah telah membuktikan bahwa begitu banyak hasil temuan para ilmuwan Islam (baik di bidang sains maupun teknologi) yang sengaja disembunyikan bahkan diklaim sebagai hasil penemuan orang-orang Barat. Akibatnya, generasi muslim sekarang ini (bahkan masyarakat dunia pada umumnya) kerap menelan mentah-mentah fakta sejarah yang secara sengaja diselewengkan oleh orang-orang Barat.

Betapa dunia Barat telah melupakan, mencampakkan dan membelokkan fakta sejarah. Sehingga yang terbaca oleh masyarakat dunia hingga hari ini sangat jauh berbeda dengan fakta aslinya. Misalnya, saat ini dunia Barat tidak mau mengakui bahwa peradaban ilmu pengetahuan mereka sangat dipengaruhi oleh peradaban ilmu pengetahuan yang ditemukan oleh para ilmuwan muslim. Padahal, dunia Barat tidak akan mencapai kejayaan peradaban ilmu pengetahuan seperti sekarang ini jika tidak menginduk pada intelektualitasme para ilmuwan muslim.

Klaim serta pemyembunyian orang-orang Barat terhadap sains dan teknologi Islam memang sengaja dilakukan karena mereka menyadari betul bahwa kerbelakangan dan ketertinggalan mereka tidak dapat dihilangkan, kecuali dengan cara berinteraksi dengan Islam. Maka, kaum Barat banyak melakukan interaksi dengan dunia Islam sehingga menyebabkan adanya sentuhan peradaban sains dan teknologi Islam terhadap mereka. Dan proses interaksi dunia Barat dengan dunia Islam tak hanya dilakukan dengan cara damai sebagaimana terjadi di Andalusia. Akan tetapi juga dilakukan dengan cara-cara yang sangat ekstrem. Misalnya, melalui konflik-konflik bersenjata, sebagaimana dalam Perang Salib (hlm. 124-125).   

Banyak sekali bukti-bukti sejarah yang memaparkan kelicikan kaum Barat. Misalnya, seorang pendeta terkemuka di Roma, Italia, bernama Roger Bacon. Ia lahir pada tahun 1214 dan meninggal tahun 1292 M. Pada waktu itu, ia sengaja belajar di universitas Islam untuk menguasai bahasa Arab. Dengan memahami bahasa Arab, maka ia akan dengan mudah dapat mempelajari banyak buku yang ditulis oleh para ilmuwan muslim.

Roger Bacon lantas menerjemahkan buku-buku karya ilmuwan muslim ke dalam bahasa Inggris. Dan liciknya, ia kemudian mengklaim bahwa karya-karya terjemahan tersebut adalah hasil karyanya. Padahal, karya tersebut sebenarnya diambil dari buku-buku karangan ilmuwan muslim. Salah satu contoh, buku karya ilmuwan muslim yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh ilmuwan Barat adalah Al-Manadzir yang ditulis oleh Ali al-Hasan Ibnu Haitsam (lahir pada tahun 965 dan wafat tahun 1038 M). Buku tersebut menjelaskan tentang teori mikroskop dan mesiu (hlm. 111-117).           

Ibnu Rusyd, adalah salah satu ilmuwan muslim yang sangat mempengaruhi peradaban sains Barat. Di Barat, Ibnu Rusyd dikenal dengan nama Averroes. Ia lahir di Kordoba (Spanyol) pada tahun 520 H atau 1128 M dan wafat tahun 1198 M. Salah satu karyanya yang begitu memukau dunia adalah buku berjudul Kulliyat Fith Thibb. Dalam versi bahasa Indonesia-nya karya tersebut bermakna Aturan Hukum Kedokteran. Buku yang sangat tebal itu terdiri dari 16 jilid.

Eropa dan Amerika mulai mempelajari karya Ibnu Rusyd sejak tahun 1225 M, yaitu ketika Kulliyat Fith Thibb diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul General Rules of Medicine. Beberapa abad kemudian Kulliyat Fith Thibb diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di Eropa dan Amerika (hlm. 120-121).         

Fakta-fakta lainnya dapat Anda temukan dalam buku ber-genre Pengetahuan Populer ini. Buku yang disusun oleh Abdul Waid ini dapat dijadikan sebagai referensi penting oleh sekolah-sekolah dan universitas di negeri ini. Harapannya ke depan, generasi muda Islam dapat mengetahui siapa penemu sains dan teknologi yang sebenarnya. (Sam Edy Yuswanto)

***

 

Judul

: Menguak Fakta Sejarah Penemuan Sains dan Teknologi Islam

Penulis

: Abdul Wahid

Penerbit 

: Laksana

Tahun

: 2014

Genre 

: Sejarah Islam

Tebal

: 206 Halaman

ISBN

: 978-6027-724-37-2

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
SEJARAH ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29046087

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit