Buku Lengkap Pertolongan Pertama pada Beragam Penyakit Cetak E-mail
(3 votes)

Cara Cepat Dan Tepat Melakukan Pertolongan Pertama

Buku Lengkap Pertolongan Pertama pada Beragam PenyakitKapan pun dan dimana pun, sebuah kecelakaan bisa saja terjadi, tanpa ada satu orang pun yang tahu. Begitu juga, berbagai penyakit ringan maupun berat bisa saja mendadak menyerang atau kambuh. Pada saat itu, dibutuhkan adanya pertolongan pertama dalam rangka mencegah timbulnya hal yang lebih parah lagi sebelum mendapat pertolongan medis.

Pertolongan pertama merupakan hal penting di saat genting. Namun, sejauh ini banyak orang yang kurang paham bagaimana cara memberi pertolongan pertama yang benar pada korban kasus kecelakaan atau serangan berbagai penyakit. Padahal, bila pertolongan pertama tidak dilakukan dengan baik dan benar, alih-alih meringankan penderitaan si korban, justru akan memperparah kondisi si korban, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Maka, kecepatan dan ketepatan bertindak merupakan syarat mutlak dalam melakukan pertolongan pertama.

Ulasan buku ini memaparkan langkah-langkah tepat dalam memberi pertolongan pertama pada berbagai penyakit berat dan ringan, serta beragam kasus kecelakaan, seperti keseleo, tenggelam, luka bakar, dan sejenisnya.

Secara garis besar, ada beberapa tujuan yang hendak dicapai saat melakukan pertolongan pertama, di antaranya untuk menyelamatkan jiwa penderita, mencegah atau meminimalisir terjadinya cacat pada korban semisal karena kecelakaan atau gigitan binatang, memberi rasa aman, dan juga membantu proses penyembuhan. Tentu tujuan itu sesuai dengan kasus yang ditangani. (hal. 15-16)

Untuk bisa mencapai tujuan di atas, bagaimana pun pertolongan harus tetap dilakukan dengan tenang. Perhatikan sekitar tempat kejadian, kalau ada orang lain yang bisa membantu, mintalah mereka untuk segera membantu . Bila penderita masih sadar, yakinkan ia bahwa lah yang akan menolongnya. Setelah pertolonngan sudah dirasa cukup,  juga harus bisa segera mengusahakan transportasi untuk membawa korban ke klinik atau rumah sakit terdekat. Tentu, jangan lupa untuk mengamankan barang milik korban lebih dahulu. (hal.17-18)

Pertolongan pertama pada penyakit berat semisal serangan jantung adalah dengan mengenali gejalanya terlebih dahulu. Setelah itu segeralah mendatangi, menghubungi, atau membawa si pasien ke tenaga kesehatan terdekat.

Namun bila serangan jantung terjadi di tempat umum, mintalah agar orang-orang yang ada di sana tidak berkerumun di sekitar korban, lalu rebahkanlah korban secara terlentang di tempat dengan permukaan keras, semisal lantai. Cek nadi karotis yang ada di leher untuk mengetahui denyut jantung, lalu cek pernapasannya. Jika tak ada denyut jantung segera lakukan RJP dengan menekan daerah jantung sebanyak 7 kali dan berilah jeda. Setelah itu beri napas buatan. Proses pemompaan bisa dihentikan ketika sudah ada penanganan medis atau sudah dilakukan 20 kali tapi belum ada perbaikan. (hal. 24-25)

Sedang tindakan pertama pada penderita stroke adalah; jika penderita stroke yang sampai terjatuh itu masih sadar, biarlah ia tetap ditempatnya. Jangan sampai memindahkannya karena dapat membuat pecahnya pembuluh darah halus di otak. Namun bila sudah tak sadar dan mungkin juga disertai muntah-muntah, baringkan dengan posisi miring ke kiri agar ia bisa muntah dengan mudah, kepala pasien pun tidak boleh diangkat dan berikan nafas buatan.  (hal.33-34)

Adapun pertolongan pertama pada penyakit ringan semisal sakit gigi pada hakekatnya adalah bentuk pengobatan untuk mengurangi rasa nyeri. Ada banyak bentuk pengobatan yang bisa dicoba, semisal dengan memberi es batu, garam dapur, jahe, tepung lada, atau jeruk nipis, dll. (hal.52-55)

Untuk menolong penderita diare adalah dengan memberikan oralit. Selain itu juga dapat teratasi dengan semisal minum sari daun biji, atau dengan kunyit dan salak. Tapi bila terus berlanjut, maka segeralah bawa ke klinik kesehatan terdekat (hal.71-74)

Selanjutnya, bila dihadapkan pada sebuah kecelakaan, sebelum melakukan pertolongan, ada beberapa tahapan penting yang harus dikuasai. Ini penting, karena bila salah dapat berakibat fatal bahkan bisa mengakibatkan kematian. Tahapan-tahapan itu antara lain, jangan panik, pastikan keadaan aman untuk menolong, jaukan korban dari kecelakaan berikutnya, pastikan kesadaran korban, berikan tekanan pada dada, dan berikan nafas buatan, hentikan pendarahan bila ada, serta perhatikan t-t shock. (hal 92-97)

Buku setebal 192 halaman ini juga mengupas cara memberi pertolongan pertama pada penderita asma, luka, keracunan makanan, gigitan binatang, patah tulang, keguguran, dll. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Buku Lengkap Pertolongan Pertama pada Beragam Penyakit

Penulis

: Adi D. Tilong

Penerbit 

: Flash Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Kesehatan

Tebal

: 192 Halaman

ISBN

: 978-6022-553-96-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236811

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit