Rhapsody Cetak E-mail
(2 votes)

Mengenalkan Pariwisata Lewat Novel

RhapsodyMasalah dan musibah adalah dua hal yang takbisa dihindari dalam kehidupan manusia. Keduanya senantiasa menyapa kehidupan manusia di dunia. Namun begitu, manusia selalu dituntut untuk tegar menghadapi pelbagai masalah dan musibah yang terjadi. Yang terpenting adalah bagaimana manusia bisa “move on”, bangkit dari keterpurukan untuk kembali berjuang menghadapi kenyataan hidup yang memang penuh risiko.

Musibah demi musibah yang menimpa Al membuatnya benar-benar terpuruk. Ayah dan ibunya meninggal dalam jarak yang berdekatan. Satu-satunya anggota keluarga yang dimilikinya adalah Siska, kakak perempuan satu-satunya. Mereka hidup berdua dengan menjalankan usaha peninggalan keluarga. Siska membuka sebuah salon, sedangkan Al mengurus hostel yang merupakan gedung hotel rintisan ayahnya sewaktu masih hidup.

Pengalaman Al berkeliling dunia dengan menjadi traveler memberikan inspirasi untuk “menyulap” gedung hotel itu menjadi hostel. Awalnya, Siska tidak setuju dan bermaksud menjual bangunan itu untuk modal usaha. Tetapi, Al tetap bersikukuh bahwa dia bisa menjalankan usaha yang selama ini memang menjadi salah satu impiannya.

Sebagaimana umum diketahui, keberadaan hostel sangat membantu para wisatawan dari berbagai mancanegara yang berkunjung ke negara lain. Sebagai traveler, tentu mereka tidak mungkin harus menginap di hotel-hotel berbintang yang harga sewanya mahal untuk ukuran kantong traveller. Maka dari itu, Al berusaha merintis usaha hostel itu dengan bekal ilmu perhotelan yang dipelajarinya di bangku kuliah. Semata-mata demi membantu dan memudahkan para traveler mencari penginapan yang nyaman dengan biaya terjangkau (halaman 10).

Namun, keberadaan hostel yang diberi nama Makassar Paradise itu tidak serta-merta ramai pengunjung. Sesekali hanya pernah disewa turis dan beberapa rombongan yang sedang ada acara di Makassar. Selebihnya, pengunjung tidak sesuai dengan target yang diharapkan. Al sempat berpikir untuk menutup hostelnya.

Hingga pada suatu hari, datang seorang laki-laki Spanyol yang mencari Al. Laki-laki itu mengaku mengenalnya dari sebuah foto yang ditinggalkan mendiang ibunya. Al tak habis pikir, bagaimana mungkin laki-laki itu rela berkunjung ke Indonesia hanya sekadar untuk mencari orang yang pernah menolong ibunya mengangkut sebuah kotak lemari rapuh yang tidak berharga di mata Al?

Namun, penjelasan laki-laki Spanyol bernama Miguel Carrion itu membuat Al harus menerima kedatangan tamu bulenya. Miguel bermaksud tinggal di Makassar dalam waktu yang tidak tentu (halaman 33).

Di luar dugaan Al, Miguel ternyata benar-benar serius ingin membantu mengurus hostel Makassar Paradise. Sebuah ide yang selama ini belum terpikirkan oleh Al akhirnya terlontar dari pikiran Miguel. Untuk menarik pengunjung hostel, laki-laki itu menyarankan Al untuk mendaftarkan hostelnya ke sebuah situs terkenal yang biasanya banyak dikunjungi para wisatawan dari mancanegara. Awalnya Al tidak setuju karena biaya iklannya sangat mahal. Tetapi, Miguel tetap menyemangatinya dan menawarkan pinjaman separuh dari biaya yang dibutuhkan untuk promosi hostel itu.

Dan, keajaiban pun terjadi. Berkat ide cerdas Miguel, Makassar Paradise dipadati pengunjung. Mereka yang berkunjung ke Makassar untuk menikmati keindahan pantai Losari, yang berencana diving (menyelam) ke pulau Selayar, atau yang sekadar berpariwisata, biasanya menginap di Makassar Paradise. Al benar-benar senang. Begitu juga Bebi, cowok kemayu bernama asli Bambang mantan karyawan Siska, yang selama ini dengan penuh setia membantu melayani tamu hostel (halaman 60).

Al benar-benar besyukur karena hostel yang dirintisnya itu telah mempertemukannya dengan orang-orang baik. Tidak hanya itu. Di luar dugaan Al, hostel itu juga kedatangan tamu seorang perempuan dari masa lalu Al; Sari. Perempuan itu datang mengejutkan Al. Mereka pernah pacaran, meskipun hanya seumur jagung. Hingga Sari pindah ke Jakarta, ikut ayahnya yang bertugas di sana.

Rhapsody, novel kedua karya Mahir Pradana ini berkisah tentang perjuangan seorang pemuda yang berusaha bangkit dari keterpurukan. Berbagai kisah di dalam novel ini akan membuat mata kita terbuka, bahwa tidak selayaknya kita terlalu lama berkubang dalam kesedihan. Musibah adalah salah satu cara Tuhan menguji makhluk-Nya untuk menjadi manusia yang lebih tegar, tidak rapuh dengan berbagai cobaan yang memang tidak bisa dihindari.

Novel 322 halaman ini juga berusaha menampilkan kebudayaan serta bagaimana memajukan pariwisata Indonesia yang sarat dengan kekayaan alam, terutama Makassar. Kota yang menjadi setting novel terbitan Gagasmedia ini. Bahwa sebagai orang Indonesia, sepantasnya kita bangga dan turut-serta memajukan pariwisata Tanah Air dengan berbagai cara yang kita bisa. (*)

(Untung Wahyudi)

 

Judul

: Rhapsody

Penulis

: Mahir Pradana

Penerbit 

: GagasMedia

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Romantis

Tebal

: 322 Halaman

ISBN

: 979-780-65-61

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL ROMANTIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28557815

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit