Generasi Penipu; Panduan Berselancar di Dunia Maya Cetak E-mail
(3 votes)

Mengenal Manfaat dan Bahaya Internet  

Generasi Penipu; Panduan Berselancar di Dunia MayaDewasa ini, dengan segala kecanggihannya, internet telah berhasil membuat segala sesuatu yang sulit menjadi mudah. Mengubah hal-hal mustahil menjadi mungkin. Perkembangan dunia internet, bahkan, telah mengubah hidup manusia menjadi lebih praktis dan dinamis.

Hal ini terbukti dengan adanya fasilitas publik yang takbisa dipisahkan dari dunia internet. Dunia perbankan, misalnya. Kita tidak bisa membayangkan bagaimana rumitnya transaksi nasabah tanpa adanya fasilitas internet yang menyertainya.

Internet juga sudah menjadi gaya hidup modern. Hal ini karena kita bisa mendapatkan berbagai informasi dari internet. Adanya berbagai situs atau portal berita online kita bisa mengunduh berbagai informasi, tanpa harus banyak mengeluarkan biaya. Dengan internet, dunia global bisa kita jamah dengan sekali sentuh.

Dalam buku Generasi Penipu; Panduan Berselancar di Dunia Maya, Sinyo akan berbagi informasi seputar internet. Selain menyajikan informasi sejarah singkat internet, dalam buku ini penulis juga secara detail menjelaskan tentang pesona internet, sehingga banyak orang yang tertarik menggunakannya. Selain itu, manfaat dan bahaya internet juga dipaparkan dengan pembahasan yang lengkap, meskipun buku ini terbilang tipis.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari internet antara lain adalah, kita bisa membaca sekaligus mengunduh berbagai berita. Saat ini, media informasi cetak (koran, buletin, tabloid) dalam kehidupan sehari-hari banyak dicari masyarakat. Dengan hadirnya dunia internet, maka banyak perusahaan yang menerbitkan media cetak mulai merambah ke dunia maya. Akhirnya, kini banyak bertebaran website yang menyediakan konten berisi informasi layaknya media cetak di dunia nyata (hlm. 31).

Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi salah satu pesona yang membuat orang tertarik menggunakannya. Saat ini, pengguna situs yang menjadi fasilitas pertemanan di dunia maya itu tidak hanya digandrungi kalangan tertentu, tapi juga berbagai elemen masyarakat. Dari usia muda hingga yang tua. Semua seolah-olah tersihir dengan fasilitas yang banyak mendatangkan manfaat itu.

Apalagi sekarang, situs jejaring Facebook dan Twitter juga bisa menjadi sarana berbagi informasi dan promosi sebuah produk. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya usaha yang menggunakan fasilitas internet sebagai media promosinya. Toko-toko online seperti toko buku, souvenir, makanan dan yang lainnya bisa kita temukan di dunia maya (hlm. 41).

Namun, yang harus diperhatikan bahwa internet selain mendatangkan berbagai manfaat dan menyediakan berbagai fasilitas, juga bisa mendatangkan kemudaratan atau bahaya. Ini penting untuk diketahui oleh para orangtua agar bisa memantau anak-anaknya dalam penggunaan internet. Kesadaran untuk menggunakan fasilitas internet untuk hal-hal positif harus disampaikan sejak dini, sebelum anak-anak mereka lebih jauh berkelana di belantara internet yang tanpa batas.

Salah satu fasilitas yang banyak digandrungi anak-anak sekarang adalah game online. Lewat game online, selain anak-anak dan remaja mendapat hiburan, mereka juga dapat berinteraksi dengan sesama pemakai game di mana pun. Namun, tentang game online ini, ada beberapa orangtua yang tidak peduli. Mereka berpikir lebih baik anak mereka bermain game daripada mengerjakan hal-hal yang buruk, sehingga pengawasan orangtua menjadi berkurang (hlm. 42).

Maka, sangat penting bagi orangtua untuk juga peduli terhadap perkembangan dunia komunikasi yang saat ini berkembang dengan pesat. Apalagi, fasilitas internet saat ini sudah bisa diakses di handphone-handphone canggih. Untuk menggunakan internet, anak-anak sekarang sudah bisa mengaksesnya dari rumah dengan biaya data yang cukup murah.

Di sini pentingnya untuk ditanamkan kejujuran dan kesadaran dalam pikiran generasi muda agar menggunakan fasilitas internet dengan sebaik-baiknya. Sekadar hiburan penghilang jenuh setelah dikepung kegiatan belajar di sekolah, itu sah-sah saja dilakukan oleh anak muda. Tapi, yang sangat disayangkan adalah, jika mereka tidak bisa memilah antara waktu bermain di dunia maya dengan waktu belajar. Apalagi jika mereka sampai tergoda untuk mengakses situs-situs terlarang seperti pornografi dan sejenisnya yang sangat mudah untuk didapatkan dari internet.

Tak hanya itu, internet juga seringkali menjadi “markas” penipuan yang belakangan marak terjadi. Tak sedikit orang yang tertipu dengan iming-iming hadiah undian yang disebar melalui jaringan internet.

Buku ini sangat bermanfaat untuk dijadikan panduan memahami dunia internet dengan segala seluk-beluknya. Tidak hanya bagi anak muda yang ingin mengenal internet dengan segala fasilitas dan kecanggihannya. Tapi, juga berguna bagi orangtua atau guru yang peduli akan perkembangan dunia informasi yang saat ini sudah menjadi gaya hidup sehari-hari. (*)

(Untung Wahyudi)

 

Judul

: Generasi Penipu; Panduan Berselancar di Dunia Maya

Penulis

: Sinyo

Penerbit 

: Qibla

Tahun

: 2014

Genre 

: Internet

Tebal

: 92 Halaman

ISBN

: 10-602-249-510-5

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
INTERNET

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203312

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit