Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerja Cetak E-mail
(6 votes)

Mengelola Waktu dengan Baik  

Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerja

Waktu merupakan nikmat Allah yang diberikan kepada setiap manusia, namun kerap sekali dilalaikan. Terkait hal ini, Rasulullah Saw. pernah bersabda: “Ada dua kenikmatan yang membuat banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang.” Setiap umat Islam, siapa pun dia, dituntut untuk menjaga sekaligus menggunakan waktunya dengan baik selayaknya menjaga harta benda.

Waktu akan tetap jadi nikmat selama kita bisa membagi dan mengelolanya dengan baik. Dan sebaliknya, waktu akan berubah menjadi bencana bila kita tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Waktu ibarat benda berharga. Artinya, bila digunakan dengan benar maka akan mendatangkan kebahagiaan dan bila disia-siakan atau disalahgunakan maka akan mendatangkan kesengsaraan (halaman 12).    

Waktu datang dan pergi. Tidak ada seorang pun yang dapat menahan lajunya waktu meskipun barang sedetik atau sekejap mata. Begitu pula, tidak ada seorang pun yang mampu mempercepat lajunya sang waktu. Dalam syariat Islam, orang-orang yang menyia-nyiakan waktu yang dimiliknya maka termasuk golongan orang-orang yang merugi.

Rasulullah Saw. adalah orang yang sangat menghargai waktu dan sangat hati-hati dalam menggunakannya. Beliau pernah berpesan kepada umatnya agar senantiasa menjaga 5 hal sebelum datang 5 hal yang lainnya. Yaitu, jaga masa mudamu sebelum tuamu, jaga masa sehatmu sebelum datang waktu sakit, jaga masa kayamu sebelum jatuh miskin, jaga masa lapangmu sebelum sempit, dan jaga masa hidupmu sebelum datang hari kematian.   

Nikmat waktu sejatinya tidak berbeda dengan nikmat harta, nikmat sehat, nikmat ilmu dan lain sebagainya yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Setiap orang Islam dituntut untuk mengisi waktunya dengan hal-hal positif yang bermanfaat, baik manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Dan penting untuk diingat bahwa banyak sekali amalan-amalan yang bersifat keduniawian tetapi dapat menjadi amalan ibadah (amalan akhirat) jika diniati ikhlas lillahi ta’ala (karena Allah swt).

Waktu mengharuskan manusia untuk mengisinya dengan baik. Membuang-buang waktu sama saja dengan menyia-nyiakan nikmat yang telah dikaruniakan Allah kepada kita. Orang yang panjang umurnya bukanlah orang yang lama hidupnya, tetapi dia yang mampu mengisi waktunya dengan hal-hal bermanfaat meskipun usianya tidaklah panjang (halaman 19). Rasulullah Saw. pernah bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang panjang usianya dan bagus amalnya” (halaman 46).

Kehidupan yang dijalani Rasulullah Saw. adalah contoh kehidupan seimbang yang patut diteladani. Beliau mampu melaksanakan bejibun aktivitas yang sangat padat dengan baik dan proporsional. Beliau beribadah di waktu-waktu yang telah ditentukan dan bekerja pada waktu-waktu yang telah dijadwalkan. Beliau juga memiliki waktu yang cukup untuk mengurus keluarga dan para umatnya. Bagi beliau, tidak boleh ada waktu yang terbuang percuma untuk hal-hal yang tidak bermanfaat (halaman 121-121).

Orang yang terbiasa menunda-nunda pekerjaan berarti telah menyia-nyiakan waktu luang yang dimiliki. Ini tentu bukan kebiasaan baik dan dilarang oleh Rasulullah Saw. Beliau pernah bersabda: “Jika engkau di waktu sore, maka janganlah menunggu pagi, dan jika engkau di waktu pagi maka janganlah menunggu sore. Dan, pergunakanlah waktu sehatmu sebelum engkau sakit dan waktu hidupmu sebelum engkau mati (halaman 34). 

Buku ini mengulas sisi kehidupan Rasulullah Saw. dalam mengatur waktunya dengan baik dan bermanfaat. Melalui buku sederhana ini, setiap orang bisa mendapatkan keteladanan dari beliau untuk selanjutnya dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa menghargai waktu, sulit bagi kita untuk mengelola waktu dengan baik (Sam Edy Yuswanto, Kebumen).

***

 

Judul

: Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerja

Penulis

: M. Sanusi

Penerbit 

: Najah

Tahun

: 2014

Genre 

: Islam

Tebal

: 200 Halaman

ISBN

: 978-6022-791-14-0

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (1)add comment

sanoesy said:

 
Ass. isi bukunya sangat bagus untuk kita pedomani dalam kehidupan dunia untuk akhirat
October 21, 2014

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25208733

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit