Middle School; The Worst Years of My Life Cetak E-mail
(2 votes)

Middle School; The Worst Years of My LifeMasa-masa di sekolah biasanya penuh dengan peristiwa-peristiwa unik  bagi tiap pelajar, lengkap dengan bumbu-bumbu kenakalan khas anak baru gede (ABG). 

Buku Middle School (The Worst Years of My Life menceritakan kisah Rafe Khatchadorian yang mau menjadi trouble maker di sekolah setingkat SMP Hills Village Middle School (HVMS),  Amerika Serikat (AS).

Rafe ingin  melanggar 16  peraturan  sekolah karena dianggap  memenjarakan siswa. Ia tidak suka menjadi siswa normal yang patuh. Pelanggaran pertama yang dilakukan membunyikan alarm pemadam kebakaran sampai seisi sekolah panic, (hal 37).

Ulah  Rafe ini justru dilakukan pada  hari pertama saat peraturan HVMS   dibacakan di aula oleh Mrs Stricker. Bersama  Leonardo (Leo),  tukang gambar, Rafe makin berani melanggar.

Rafe  membuat misi yang harus dirampungkan  selama di HVMS lewat  akronim namanya: Rules Arent For Everyone (RAFE). Intinya, peraturan bukan untuk setiap orang, (hal 54).

Tujuannya, tentu saja  membuktikan bahwa normal itu membosankan. Di sinilah penulis berhasil membuat kelucuan-kelucuan ala Rafe. Tidak sekadar narasi, lembaran-lembarannya juga dihiasi  ilustrasi  komikal.

Diceritakan pula tokoh Miller, siswa bermasalah yang tak suka dengan Rafe. Miller sejak awal sudah menetapkan Rafe sebagai target. Sadar dengan hal itu, niat Rafe untuk berbaur dengan Miller tak dilanjutkannya. Di HVSM, Rafe merasa semakin terpenjara. Para guru dengan senang hati memberi hukuman setiap pelanggaran dan memanggil orang tuanya.

Di rumah, Rafe tinggal bersama Mom, Georgia, dan Carl (ayah tirinya). Ia kesal dengan Carl karena selalu bersantai di rumah, sementara ibunya bekerja sampai dua shift agar mereka hidup layak. Sayangnya, masalah Rafe membuat sedih sang ibu. Mom ingin anak-anaknya menjadi normal seperti yang lain.

Puncaknya ketika Rafe melihat ibunya menangis karena ulahnya di HVSM. Ia berjanji berubah dan menghentikan misi sementara waktu. Hal ini membuat Leo kesal. Terlebih, ibu Rafe melarang anaknya tersebut bermain dengan Leo. Berubah jadi anak yang patuh membuat Rafe disenangi Jeane Galleta, gadis yang disukainya.

Mrs Donatello yang kerap menghukumnya pun ikut senang dan menyadari Rafe memunyai bakat gambar. Rafe yang sudah bersikap normal, ternyata tetap dianggap musuh oleh Miller. Anak itu berusaha memancing kemarahan Rafe yang tak menanggapi.

Lewat buku ini, pembaca disodorkan cara  menjadi baik pun harus melewati proses yang tak mengenakkan. Rafe pun demikian, Miller yang mendapat buku berisi catatan misi Rafe mengharuskan anak itu menebus dengan harga yang ditentukan, (203).

Di akhir cerita, Rafe mampu menyelesaikan masalahnya. Ia juga berhasil membuat decak kagum seisi HVSM dengan mural goresan tangannya. Tapi, ia tetap dikeluarkan dari sekolah karena nilai akademik yang tak bagus. Mrs Donatello menyarankan pindah ke Airbrook, sekolah gabungan seni visual dan akademis, (hal 309). Dari buku ini, pembaca  diajak menyadari, tidak semua anak cocok belajar di sekolah formal. Bisa saja, seseorang nyaman dan berhasil justru belajar di sekolah informal. (Elzam Zami - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

Judul

: Middle School; The Worst Years of My Life

Penulis

: James Patterson & Chris Tebbets

Penerbit 

: Noura Books

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Remaja

Tebal

: 330 Halaman

ISBN

: 978-6027-816-14-5
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL REMAJA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31883066

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit