Cara Praktis Menyusun Laporan Keuangan untuk Pemula Cetak E-mail
(1 vote)

Pintar Menyusun Laporan Keuangan Dengan Baik

Cara Praktis Menyusun Laporan Keuangan untuk PemulaKetika bisa menguasai keuangan, maka bisa meminimalisir kemungkinan kebangkrutan perusahaan. Perkataan Paull Zaine tersebut menandakan betapa pentingnya pengelolaan uang yang baik. Oleh karena itu, segala hal yang berhubungan dengan uang perusahaan, baik berupa pemasukan atau pengeluaran harus dicatat dalam bentuk laporan. Sebetulnya lingkup laporan keuangan tidak terbatas pada dua hal tersebut, tapi laporan keuangan juga erat hubungannya dengan pihak-pihak yang berkepentingan dalam penyusunan laporan tersebut.

Dalam menyusun laporan keuangan, setidaknya ada empat proses yang harus dilalui, yaitu pertama, aktivasi pencatatan, yakni proses mencatat seluruh transaksi yang terjadi di perusahaan.dalam sebuah jurnal. Kedua, proses penggolongan transaksi yang memiliki akun atau rekening yang sama ke dalam buku besar. Ketiga, peringkasan, yakni proses pemasukkan saldo-saldo dari buku besar ke neraca lajur”. Sedang prose terakhir adalah pelaporan atau pemindahan transaksi dari neraca lajur ke format standar akuntansi. (hal.12-13).

Bila dilihat dari cara kerjanya, laporan keuangan memiliki beberapa fungsi penting, antara lain sebagai alat pertanggungjawaban akan kondisi keuangan perusahaan, untuk memprediksi laba atau rugi perusahaan untuk setahun ke depan, memprediksi saham, sebagai alat merumuskan kebijaksanaan yang harus diambil oleh pimpinan ke depan, dll.

Sementara pihak-pihak yang terkait dan memanfaatkan informasi dari laporan keuangan tersebut dapat dibedakan menjadi dua, yakni pihak internal dan eksternal perusahaan. Pihak internal itu meliputi direktur, akuntan dan staff accounting, dan karyawan, sedang pihak  eksternal bisa berupa investor, kreditor, supplier, pemerintah, dan masyarakat.

Sebuah laporan keuangan bisa dikatakan baik bila laporan tersebut tidak memihak, detail dan utuh, dibuat tepat waktu, dapat dipertanggungjawabkan, penjelasanya relevan, terkait dengan laporan keuangan tahun lalu, dan mudah dipahami pihak luar. (hal.20-23).

Meski pun sebuah laporan keuangan merupakan hal penting seperti dikatakan di awal, namun di antara kelebihan-kelebihan dari laporan keuangan, ternyata terselip beberapa kelemahan-kelemahan dari laporan itu, di antaranya laporan keuangan tidak bisa disajikan secara rinci, terkadang tidak tepat waktu, tidak mudah dipahami bagi orang awam, selalu mengalami perubahan konsep tiap tahunnya, dan hanya mengacu pada obyek analisis laporan keuangan.(hal 29-33)

Dalam ilmu akuntan, laporan keuangan dibagi menjadi lima jenis, yaitu laporan laba rugi, perubahan modal, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Sesuai namanya, laporan laba rugi ini berisi catatan tentang unsur-unsur penghasilan dan beban perusahaan hingga akhirnya mencapai suatu laba atau rugi bersih.

Sedang perubahan modal itu merupakan catatan informasi tentang penyebab bertambah atau kurangnya modal selama kurun tertentu. Unsur dalam perubahan modal terdiri dari modal awal, laba/rugi bersih, prive, penambahan modal, dan hasil akhir. Lalu neraca adalah bagian laporan keuangan yang mencatat informasi tentang aset, kewajiban pembayaran pada pihak terkait dalam opersional perusahaan, dan modal pada saat tertentu. Unsur neraca biasanya terdiri dari aktiva, kewajiban, dan modal.(hal 39-40).

Bagian laporan keuangan berikutnya adalah laporan arus kas. Laporan ini berisi informasi terkait dengan aliran kas masuk dan kas keluar perusahaan dalam kurun tertentu. Unsur laporan arus kas ini terdiri dari aktiva operasi, aktiva investasi, dan aktiva pembiayaan. Dan bagian terakhir berupa catatan atas laporan keuangan itu sendiri. Tujuan dari catatan ini adalah menjelaskan segala bentuk keterangan yang tidak bisa dijelaskan di dalam laporan keuangan. (hal.43-45)

Meski pun pada prinsipnya setiap jenis perusahaan memiliki model laporan keuangan yang terbilang sama, tapi buku setebal 172 halaman ini tetap mennguraikan cara praktis menyusun laporan keuangan berdasarkan jenis perusahaan dan berdasarkan kepemilikan atau status hukum perusahaan.

Buku dengan pembahasan praktis dan taktis. Cukup penting bagi mereka yang sedang merencanakan atau sudah memulai sebuah bisnis serta untuk para mahasiswa dan siapa pun yang ingin mendalami tata cara menyusun laporan keuangan dengan baik dan efektif.  (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Cara Praktis Menyusun Laporan Keuangan untuk Pemula

Penulis

: Akifa. P Nayla, S.E.,Akt.

Penerbit 

: Laksana

Tahun

: 2013

Genre 

: Ekonomi Akuntansi

Tebal

: Halaman

ISBN

: 978-6022-553-46-5

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada kata kunci
Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28331559

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit