Kaya Seperti Nabi Sulaiman Cetak E-mail
(4 votes)
Kiat Menjadi Kaya ala Nabi Sulaiman

Kaya Seperti Nabi SulaimanDi zaman modern seperti sekarang ini, harta kekayaan seakan sudah menjadi ukuran tunggal dalam menilai kesuksesan, status sosial, bahkan kepribadian seseorang. Sehingga, kekayaan materi sudah menjadi muara dari segala rencana dan setiap bentuk usaha kebanyakan manusia modern. Siapa yang paling kaya dialah yang paling berkuasa. Harta pun dianggap sebagai solusi dari segala problematika.

Sementara di sisi lain, untuk mengejar  kekayaan di alam yang dipenuhi oleh beragam kompetisi jelas bukan hal gampang. Tak mengherankan bila akhirnya banyak manusia yang menempuh segala cara asalkan bisa kaya. Mereka akan jauh lebih malu bila harus hidup dengan sederhana dan apa adanya. Dan, akan lebih bangga bila hidup bergelimang harta mesti hasil korupsi misalnya.

Bagaimanapun, sebagai manusia yang hidup di era bendawi seperti sekarang, tentu kebutuhan akan kekayaan sudah tak tertawarkan. Islam pun tak pernah membatasi seseorang dalam hal harta. Bahkan, Islam lebih suka memiliki umat yang kaya, dermawan dan pandai besyukur, dari pada umat yang melarat, hanya pandai menghujat dan bisanya hanya meminta-minta. Islam hanya menekankan pada pentingnya proses yang benar agar seberapa pun harta yang kita miliki akan memberi keberkahan.

Dan ribuan tahun silam, dalam soal kekayaan, rupanya Allah telah menyiapkan satu tauladan untuk manusia modern sekarang, yaitu dengan ditakdirkannya satu utusan-Nya untuk menjadi seorang terkaya, bukan saja pada zamanya tapi terkaya sepanjang masa. Dialah Nabi Sulaiman, sang raja yang kekuasaannya tak  terbatas di kalangan manusia saja tapi  meliputi jin, binatang, dan makhluk hidup lainnya. Meski begitu kekayaannya tak sedikit pun membuatnya sombong. Bahkan, tak sedikit pun mengurangi komitmennya untuk selalu beribadah pada Allah SWT.

Nama-nama seperti Bill Gates, Carlos Slim Helu, Warren Buffet, dan Amancio Ortega memang terkenal sebagai miliader kelas dunia. Meski para miliader itu memiliki kekayaan yang sangat mencengangkan di mata orang modern, tapi sejarah telah mencatat bahwa manusia terkaya di muka bumi adalah Nabi Sulaiman. Kekayaannya tak akan pernah tertandingi, karena membentang dari Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, hingga Asia Barat. (hal. 84)

Bahkan, sebagian peneliti menyakini -setelah meneliti data-data yang tersedia tentang jenis harta, baik yang bergerak atau tidak, bahwa untuk ukuran saat ini, total kekayaan Nabi Sulaiman berkisar USS 500 miliar atau setara dengan Rp. 5000 triliun. Itu berarti, andai kekayaan seratus orang terkaya versi Forbes tahun 2013 dikumpulkan belum mampu menandingi kekayaan Nabi Sulaiman. (hal. 85-86)

Dari keistimewaan Nabi Sulaiman berupa kekayaan ada beberapa prinsip dasar yang patut kita teladani, salah satunya adalah tidak pernah menjadikan kekayaan sebagai tujuan. Bagi beliau kekayaan hanya sebatas sarana atau alat untuk menebarkan kebenaran (hal. 99). Dalam satu riwayat, Rasulullah berkara; “Permintaan yang diajukan Nabi Sulaiman As untuk mendapatkan pemerintahan yang besar dan meluas bertujuan agar ia bisa mengalahkan kefasidan dan kerusakan para setan.”

Prinsip dasar berikutnya adalah mendahulukan ilmu. Bagi Nabi Sulaiman ilmu itu jauh lebih penting dari harta. Dengan mengusai ilmu, ia berhasil mengusai kekayaan, bukan justru dikusai kekayaan.  Rasulullah bersabda; “Sulaiman diberi pilihan antara harta, kerajaan, atau ilmu. Maka, Sulaiman memilih ilmu. Lalu dengan sebab memilih ilmu (pada akhirnya), ia diberi kerajaan dan harta.” (hal. 101)

Prinsip-prinsip dasar lainnya yang tetap dipegang teguh oleh Nabi Sulaiman di tengah-tengah bergelimang harta adalah senantiasa bertakwa dan bertawakal pada Allah, tidak lalai untuk beribadah dan bersyukur pada-Nya, rajin bersedekah, berbakti pada orang tua, dan  selalu beristighfar.

Selain mengupas tuntas hal-hal diatas, buku setebal 188 halaman ini juga memaparkan beragam doa-doa dan dzikir pelancar rezeki, seperti doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan, doa Nabi Sulaiman untuk mensyukuri nikmat Allah, doa pembuka rezeki, doa agar keluar dari jeratan utang, dll.

Meski jelas kita tak akan bisa sekaya Nabi Sulaiman, karena kekayanya merupakan sebuah mukjizat. tapi dengan menelaah semua prinsip-prinsip beliau setidaknya akan membuat hati kita kaya. Kekayaan hati inilah yang merupakan pangkal dari segala bentuk kekayaan duniawi.***

(Moh. Romadlon)
 
 

Judul

: Kaya Seperti Nabi Sulaiman

Penulis

: Ahmad Zaenal Abidin

Penerbit 

: Sabil

Tahun

: 2013

Genre 

: Islam

Tebal

: 188 Halaman

ISBN

: 978-602-255-407-3
 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28559960

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit