Buku Pintar Pijat Bayi Cetak E-mail
(3 votes)

Kiat Praktis Merawat Buah Hati

Buku Pintar Pijat BayiSetiap orang tua tentu menginginkan buah hatinya dapat tumbuh berkembang dengan optimal. Tercapainya pertumbuhan dan perkembangan yang optimal merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling berkaitan. Antara lain faktor genetika, lingkungan, perilaku, dll. Ilmu kesehatan modern telah membuktikan secara ilmiah bahwa terapi sentuhan dan pijat pada bayi memiliki banyak sekali manfaat, terutama jika dilakukan sendiri oleh orang tua bayi.

Pijat bayi adalah terapi sentuh tertua dan terpopuler yang dikenal manusia. Pijat bayi telah lama dipraktikkan oleh masyarakat seluruh dunia, termasuk Indonesia dan diwariskan secara turun temurun (hal 8). Sebuah penelitian di Australia (sebagaimana diungkapkan Lana Kristiane F. Flores) membuktikan bahwa bayi yang dipijat oleh orang tuanya memunyai kecenderungan peningkatan berat badan, hubungan emosional dan sosial yang lebih baik (hal 9). Layaknya makanan yang baik untuk bayi, pijat bayi sama pentingnya seperti sebuah vitamin dan mineral. Dalam masyarakat Jawa, tentu tak asing dengan profesi ‘dukun pijat bayi’ yang memiliki keahlian khusus memijat bayi.

Pijat bayi sangat baik untuk memperlancar peredaran darah, meningkatkan rasa percaya diri orang tua, mengurangi depresi dan ketegangan, menstimulasi pertumbuhan, dan yang terpenting mempererat ikatan kasih sayang antara orang tua dan buah hatinya (hal 15-16). Menurut Soedjatmiko, pijatan pada bayi bermanfaat untuk membantu sistem kekebalan tubuh bayi, melatih relaksasi, membuat tidur lebih lelap, serta dapat membantu pengaturan sistem pencernaan dan pernapasan. Namun yang harus diperhatikan, pijatan untuk bayi harus dibedakan dengan pijatan untuk orang dewasa (hal 22-23).

Banyak orang tua merasa ragu-ragu dan takut untuk memijatkan bayinya pada orang lain. Dengan dalih masih terlalu kecil dan tulang bayi belum cukup kuat untuk dilakukan pemijatan. Keraguan ini sebenarnya harus segera ditepis, karena memijat bayi tentu berbeda dengan memijat orang dewasa yang membutuhkan lebih banyak tenaga dan tekanan. Pijat bayi dapat dilakukan melalui usapan-usapan halus tanpa tekanan (hal 45). Ketika memijat, dibutuhkan toleransi dengan mulai beberapa gerakan, sedikit demi sedikit, dengan durasi waktu bertahap, mulai dari 2-3 menit hingga 5-10 menit (hal 13).

Memijat bayi dapat mulai dilakukan sejak umur 1 bulan – 1 tahun. Waktu memijat yang baik antara lain pagi hari sebelum mandi, malam hari sebelum tidur, dan 1-2 jam setelah makan atau minum susu. Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memijat antara lain tangan dalam kondisi bersih dan hangat tanpa perhiasan, ruangan hangat dan tidak pengap, matras kasur, minyak zaitun, dll (hal 49-50).

Untuk mendapat manfaat yang lebih optimal, pemijatan bayi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada teknik serta rambu-rambu yang harus diperhatikan. Bab selanjutnya diulas teknik-teknik tepat memijat bayi yang dapat dipelajari oleh para orang tua. Pada bayi umur 0-1 bulan, gerakan memijat lebih mendekati usapan-usapan halus. Sebelum tali pusat bayi lepas, sebaiknya tidak melakukan pemijatan di daerah perut.

Bayi umur 1-3 bulan, gerakan memijat dilakukan dengan halus disertai tekanan ringan dalam waktu yang lebih singkat. Bayi umur 3 bulan hingga anak umur 3 tahun, seluruh gerakan pemijatan dilakukan dengan tekanan dan waktu yang semakin meningkat. Total waktu pemijatan disarankan sekitar 15 menit. Lumurkan minyak atau baby oil yang lembut sebelum dan selama pemijatan. Lakukan gerakan pembukaan berupa sentuhan-sentuhan ringan di sepanjang sisi muka bayi, atau dengan cara mengusap rambutnya. Beragam teknik memijat bayi, berikut contoh gambar-gambar ilustrasinya, diungkap detail pada bab ini. Seperti teknik memerah susu, gerakan jari berjalan, gerakan menggulung, dan lain sebagainya (hal 51-98).

Merawat bayi memang bukan hal sederhana. Banyak kerepotan yang cukup menyita waktu. Memandikan, memberi makan, dan menidurkan misalnya, harus benar-benar dijalankan dengan baik, telaten, dan penuh kesabaran. Selain itu, diperlukan pengetahuan tentang cara merawat bayi yang benar, sehingga dapat memberikan yang terbaik untuk si buah hati.

Bab berikutnya, dipaparkan mitos-mitos yang terlanjur berkembang di masyarakat selama ini. Misalnya, mitos tentang larangan memotong kuku bayi sebelum usia 40 hari. Tentu hal ini tidak tepat dan seharusnya tidak usah diterapkan. Sebab jika kuku bayi tidak dipotong, maka akan tumbuh semakin panjang dan berisiko melukai wajah dan kornea mata, bahkan bagian-bagian tubuh lainnya. Yang terpenting, dalam memotong kuku, gunakan gunting kuku khusus bayi (hal 99-104).

Kiat-kiat praktis merawat bayi secara tepat juga menjadi bahasan buku ini. Seperti kiat mengatur pola tidur bayi, mengatur posisi bayi yang aman ketika tidur, mengatasi bayi yang kerap menangis, cara merawat kulit bayi agar tetap sehat dan lembut, dll. Buku ini layak dibaca oleh setiap orang tua yang mendambakan buah hatinya senantiasa sehat dan berkembang dengan baik. (Sam Edy Yuswanto, Kebumen)

 

Judul

: Buku Pintar Pijat Bayi

Penulis

: D.S. Prasetyono

Penerbit 

: Buku Biru

Tahun

: 2013

Genre 

: Kesehatan Bayi

Tebal

: 196 Halaman

ISBN

: 978-6022-553-48-9

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28331459

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit