Hidupmu Sengsara? Cermati Dosa-Dosa Harian ini Cetak E-mail
(1 vote)
Mencermati Dosa Yang Membuat Hidup Sengsara

Hidupmu Sengsara? Cermati Dosa-Dosa Harian iniWaspada jika hidup tak kunjung bahagia, damai, dan sejahtera. Jika lecut derita tak jeda membilur biduk rumah tangga. Setelah peras keringat, banting tulang, tingkat ekonomi pun tak kunjung membaik. Pintu rezeki terasa begitu pelit untuk sedikit saja terbuka lebih lebar. Maka, tak ada jalan lain, selain mencurigai diri kita sendiri. Tak ada yang perlu dipersalahkan, karena memang kita hanya butuh instropeksi diri, melihat ke hati, coba menimbang dosa-dosa yang telah dan tengah kita lakukan, lalu “mengelapnya” dengan taubat yang sungguhnya.

Memang, secara kodrati manusia tak akan luput dari dosa, tempatnya salah dan lupa. Namun bila salah dan dosa itu dilakuka dengan kesadaran, itulah yang akan mendapatkan balasan di akherat kelak maupun di dunia sekarang. Memang Allah maha Pengampun tapi bukan berarti kita lantas seenaknya berbuat dosa dan memilih waktu sesukanya untuk bertaubat. Sungguh, tak ada yang menjamin waktu pertaubatan itu akan datang. Dan, andai pun datang tak ada yang menjamin taubat kita diterima di sisi-Nya.

Lewat buku ini penulis mengajak bersama-sama mencermati diri, mencari bilahan khilaf dan tumpukan debu dosa yang menebal dalam kebeningan hati kita. Siapa tahu debu-debu itulah yang mengunci pintu rezeki, yang menjelma sebilah “pecut” atau “tombak” yang membuat leluka nestapa dan derita tak berkesudahan dalam diri dan keluarga kita.

Dosa pertama yang perlu dicermati adalah dosa karena meninggalkan shalat. Shalat sebagai sebuah ibadah paling utama, penentu dari semua ibadah lainnya, tentu memiliki fungsi kunci bagi agama dan juga bagi hamba secara pribadi. Oleh karenanya, ibadah fardlu ini bila ditegakkan tentu akan mendatangkan keberkahan, baik di dunia terlebih di akherat kelak. Sebaliknya, bila ditinggalkan, tanpa ada udzhur yang dibenarkan agama, maka kesengsaraan pun akan segera dipetik oleh kita.

Dalam kitab Fadhailul A’mal dijelaskan enam bentuk siksaan yang akan ditimpakan di dunia bagi orang-orang yang meninggalkan shalat, yaitu dicabut keberkahan umurnya, dihapus tanda keshalihan dari wajahnya, tidak diberi pahala atas segala amal perbuatannya, doanya tidak diangkat ke langit, tidak dapat bagian dari doa orang-orang shalih, dan tidak beriman saat ruh tercabut dari badan.

Siksa yang akan ditimpakan di alam kubur ialah kubur akan menghimpit hingga tulang-tulang berserakan, kuburnya terasa terbakar sepanjang siang dan malam, dan tubunya akan diserahkan pada ular bernama syujaul agra.  Itu belum cukup, masih ada tiga siksaan yang akan dirasakan ketika bersua dengan Allah, yaitu akan diikat dengan rantai yang dimasukkan dari mulut hingga tembus ke dubur, Allah tidak memandangnya, serta Allah tak sudi mensucikannya. (hal 29)

Memakan harta riba adalah bentuk dosa yang juga membuat hidup sengsara. Sepintas praktek riba memang terlihat sebagai mesin pencetak uang yang efektif, yang akan mendatangkan kesejahteraan dan kebahagiaan. Tapi betulkah begitu? Dengan riba uang boleh banyak tapi keberkahan lenyap. Sedang uang tanpa keberkahan tak akan memberikan apa pun, selain kesengsaraan, kegersangan, dan rasa kurang yang tak berujung.

Bukan Islam saja yang mengejam praktek keji ini, tapi juga seluruh agama samawi. Banyak hadist dan ayat al-Qur’an yang mengacam pemakan riba, salah satunya adalah surat al-Baqarah: 278-279. (hal.47).

Bentuk dosa selanjutnya adalah durhaka pada orang tua. Berbakti pada keduanya merupakan kunci kesuksesan hidup, karena akan.mendatangkan pahala besar dan kemudahan hidup. Sehingga, durhaka pada mereka adalah pangkal dari bencana. Allah akan mengancam dengan menyegerakan siksaan sebelum pendurhaka meninggal, disulitkan segala urusan hidup dan disempitkan pintu rizki atas dirinya. (hal. 67-74).

Korupsi juga merupakan laku dosa pembawa sengsara. Penghancur karier tercanggih itu dalam Islam sangat dikecam. Di akherat ancaman berat telah menunggu mereka, sedang siksaan di dunia telah terlihat begitu nyata. (hal.159-163)  

Masih banyak ragam dosa penyebab hidup sengsara yang mesti kita cermati, di antaranya dosa karena berputus asa dari Rahmat-Nya, memakan harta anak yatim, mabuk-mabukan, zina, berjudi, sumpah palsu, dan sebangsanya.

Buku penuh renungan yang mengajak kita untuk lebih aktif lagi “menyambangi” jiwa dan hati kita. Mencari butiran-butiran dosa yang mungkin selama ini tak terasa karena saking lamanya mengeras sehingga menutup kesempatan kita untuk mengenyam kebahagian di dunia terlebih di akherat kelak. Buku yang mengajak kita untuk bertaubat! (Moh. Romadlon)

 

Judul

: Hidupmu Sengsara? Cermati Dosa-Dosa Harian ini

Penulis

: Agus Nur Cahyo

Penerbit 

: Sabil

Tahun

: 2013

Genre 

: Islam

Tebal

: Halaman

ISBN

: 978-6022-552-03-1

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27176464

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit