The Secret of Business Plan Cetak E-mail
(1 vote)

Making Plan for the Business..

Perencanaan dalam bisnis merupakan hal yang mutlak dilakukan terlebih di era sekarang, dimana tingkat persaingan kian ketat. Begitu urgent-nya tak heran bila dikatakan bahwa perencanaan yang matang sudah merupakan setengah dari keberhasilan itu sendiri. Sebaliknya, seorang pengusaha yang tidak bisa membuat perencanaan, sebenarnya sedang merencanakan kegagalan.

Toh begitu, masih ada yang menganggap bahwa business plan hanya akan menghambat kreativitas saja. Memang tak seutuhnya salah, tapi dengan melakukan perencanaan seorang calon pengusaha akan lebih cermat dalam melakukan setiap tindakan bisnis, terutama memahami resiko-resiko yang dihadapi. Bahkan, bagi sebuah usaha yang sudah berjalan, business plan memiliki manfaat lebih luas dari itu, di antaranya mempermudah datangnya kucuran permodalan dari investor, membantu keputusan dalam setiap langkah bisnis, mempermudah pengembangan ide, mengantisipasi kendala-kendala yang timbul, dan juga memberi gambaran tentang target konsumen dan investor baru.

Business plan sendiri berupa dokumen tertulis yang mendiskripsikan bisnis yang ingin mulai dan bagaimana mengupayakan agar bisnis itu menguntungkan. Untuk bisa menyusun business plan yang berkualitas diperlukan sebuah pemahaman, keahlian khusus dan keseriusan. Tak heran, bila banyak pengusaha yang menyerahkan pembuataan business plan tersebut pada orang-orang tertentu yang memiliki keahlian dalam bidang ini, karena menyangkut banyak hal spesifik dan rigid.

Meski ada kesan gampang-gampang susah, sebenarnya tidak harus menyewa seseorang untuk menyusun business plan. Kita sendiri sangat mampu membuatnya asal mau memperhatikan langkah-langkah penting dan menghindari berbagai kesalahan saat membuatnya.

Dalam menyusun business plan salah satu yang perlu diperhatikan adalah persiapan yang meliputi kejelian melihat peluang bisnis, menetapkan dan memantapkan tujuan, serta mengumpulkan data dan informasi yang terkait dengan bisnis yang akan dijalankan.

Sementara kesalahan yang mesti dihindari, pertama adalah soal persepsi. Kebanyakan para calon pebisnis menganggap business plan layaknya sebuah dokumen, yang pertama dibuat lalu didokumentasikan. Padahal, ia adalah rancang bangun bisnis dari awal, berjalan, dan kemudian bertahan hingga akhir waktu. Kesalahan kedua, melakukan semua dalam sekali waktu, dalam sekali duduk tanpa didukung data-data yang memadai. Kesalahan lainnya adalah tujuan yang terlalu luas, menganggap business plan adalah dokumen yang sangat rahasia, memalsukan detail, membuat perkiraan yang tidak masuk akal, dll. (hal. 40-47)

Sedang poin-poin yang harus tertuang dalam business plan adalah, pertama membahas ringkasan eksekutif. Poin ini kian penting bagi mereka yang menginginkan pencairan dana dari pihak luar, baik investor maupun Bank. Karena bagian inilah yang pertama kali dibaca oleh pihak luar. Ringkasan ini biasanya berisi konsep bisnis, kesempatan bisnis, serta strategi perusahaan dalam mengelola bisnis. Selain itu, ringkasan in juga harus menggambarkan target yang dituju, biaya yang mesti dikeluarkan, keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh, serta tim yang akan terlibat dalam rencana bisnis. (hal. 65-66)

Kedua, membuat deskripsi umum perusahaan yang berisi visi, misi, usaha yang dijalankan beserta barang atau jasa yang dihasilkan, tujuan yang akan dicapai, serta strategi pencapaiannya. Deskripsi dari itu semua akan memungkinkan investor mengetahui ukuran dan lingkup bisnis secara pasti. (hal. 77-78).

Ketiga, membuat analisis pasar yang mencakup lokasi, luas, sifat, serta karakteristik pasar. Poin ini akan membantu dalam menentukan strategi pemasaran. Analisis pasar ini memiliki arti penting mengingat perkembangan pasar yang semakin hari kian kompetitif dan atraktif. Poin selanjutnya meliputi perencanaan pemasaran, membuat struktur manajemen, menyusun analisa perkembangan masa depan usaha, serta membuat perencanaan keuangan.

Selain menguraikan tentang teknis pembutan business plan, buku setebal 237 halaman ini juga menjelaskan teknik pembuataan analisis keuangan sebagai sebuah kelengkapan dari perencanaan keuangan.

Menyusun business plan merupakan salah satu kunci utama kesuksesan entrepreneur, khususnya di era globalisasi. Ia ibarat peta pemandu yang membantu pengusaha menuju kesuksesan. Maka tak berlebih kiranya bila presiden Amerika ke 34, Dwight E. Eisenhower mengatakan, rencana tidak memiki harga atau manfaat, tetapi perencanaan adalah segalanya. (Moh. Romadlon)

 

Judul

: The Secret of Business Plan

Penulis

: Aryo Bogadenta

Penerbit 

: Laksana

Tahun

: 2013

Genre 

: Manajemen Bisnis

Tebal

: 237 Halaman

ISBN

: 978-6022-553-17-5

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MANAJEMEN BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28297866

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit