Athirah Cetak E-mail
(1 vote)

AthirahAthirah adalah seorang wanita berkulit putih dari Bone, Sulawesi Selatan. Dia tak lain wanita yang melahirkan seorang saudagar, Jusuf Kalla. Athirah jelas menempa Jusuf sehingga menjadi negarawan. Athirah, novel karya Alberthiene Endah, menghadirkan kisah betapa berartinya seorang Athirah bagi Jusuf.

Sebagai anak lelaki tertua dalam keluarga, dalam usia yang begitu muda, Jusuf telah mengemban tugas besar untuk menjaga ibunda. Maklum, sewaktu Jusuf masih SMP, ayahnya menikah lagi. Athirah dimadu. Sebagai wanita biasa, Athirah limbung diperlakukan demikian oleh Haji Kalla. Athirah dan anak-anak menjadi gundah menghadapi kenyataan Kalla kawin lagi.

Perasaan Athirah dapat ditangkap dari pernyataan berikut. "Kehilangan Bapak membuatku sedih. Sama sedihnya ketika kusadari, aku pun sesungguhnya hendak melawan. Kau bisa mengatakan itu sebagai tak ikhlas. Aku lebih mengatakannya sebagai tak siap" (hal 67).

Dengan inspirasi bersumber dari Jusuf Kalla, penulis berhasil merangkai kisah Athirah menjadi sebuah buku yang menyajikan kedalaman makna cinta, kesabaran, perjuangan, dan keikhlasan. Dengan tetap menelan pil pahit kenyataan bahwa dirinya dimadu, Athirah pada akhirnya menyadari hidup tidak berakhir hanya karena dimadu.

Perjuangan Athirah mengarungi kehidupan pernikahan dengan setengah kepala keluarga justru menjadi arena pelajaran kehidupan tersendiri bagi Jusuf. Menyaksikan sendiri kisah ibunya, membuat cinta Jusuf berlipat-lipat. Athirah pun akhirnya berhasil menemukan kembali kepercayaan diri, bahkan menjadi pebisnis mandiri sukses. Jusuf juga belajar memahami makna menjaga hati seorang wanita. Hal itu dapat terbaca dari ungkapan ini.

"Aku akan tetap ada di Ujungpandang, satu kota dengan ibuku. Itu menjadi tekadku. Biarlah adik-adikku bisa menjelajah dunia, menuntut ilmu ke negeri-negeri yang mereka impikan. Bapak pasti mampu membiayai itu. Tapi aku akan berada di Ujungpandang sebagai penjaga ibuku" (hal 239).

Selain mengisahkan Athirah, novel ini juga menceritakan seorang wanita lain yang juga besar artinya dalam kehidupan Jusuf. Mufidah namanya, seorang gadis asal Sumatra yang berhasil mencuri hati Jusuf. Sejak SMA, Jusuf dan Mufidah sudah saling mengenal. Proses perkenalannya pun cukup menggelitik.

Mufidah tidak begitu saja menerima segala perhatian Jusuf. Namun, bukan Jusuf namanya jika langsung menyerah tanpa berjuang menaklukkan sikap tak acuh yang ditunjukkan pujaan hati. Dia juga cinta pertama yang akhirnya berhasil disunting menjadi istrinya. Lihat saja kalimat Jusuf, "Aku harus mengenal gadis itu kurang dari 1x24 jam. Lebih cepat, lebih baik" (hal 180).

Membaca novel ini seakan mendengarkan Jusuf Kalla berkisah. Beberapa guyonan khasnya muncul dalam dialog yang membuat buku semakin menarik. Pembaca dibuat menangis dan tertawa bersama, seolah ikut mencecap pahit manis pengalaman hidup yang dialami salah satu mantan Wakil Presiden Indonesia ini.

Novelisasi biografi ini mengajarkan kembali makna cinta dan kehidupan. Kisah menjadi sangat berguna karena tokoh yang difiksikan dalam cerita sesungguhnya memang ada dalam kenyataan. (Marisa Agustina - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Athirah

Penulis

: Alberthiene Endah

Penerbit 

: Noura Books

Tahun

: 2013

Genre 

: Novel Biografi

Tebal

: 404 Halaman

ISBN

: 978-602-7816-67-1

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL BIOGRAFI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27236711

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit