Catatan Sang Pemenang Cetak E-mail
(1 vote)

Catatan Sang PemenangKetangguhan dan keuletan mengantarkan para pemenang meraih puncak dalam kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia. Keberhasilan para juara olah raga dunia tidak diraih dalam waktu singkat, tapi ada sejarah panjang dan juga inspirasi. Demikian juga untuk bidang-bidang lain. Setiap piala dan penghargaan disertai perjuangan dan kerja keras.

Buku Catatan sang Pemenang me-review jalan naik dan langkah-langkah yang dilakukan para juara dalam menggenggam prestasi. Antologi ini dibagi dalam: Hasrat yang Paling Membakar, Kesetiaan pada Ikrar, Semangat Pantang Menyerah, Peluang Menaikkan Level, serta Pembelajaran dan Bonus.

Seorang ibu yang memiliki anak dengan deretan angka merah, sepanjang anak telah berusaha, tidak perlu risau. Adakalanya mereka berprestasi setelah dewasa. Kisah dari Joko Pamungkas dalam Nekad Saja! Dapat menjadi wacana tentang munculnya sebuah prestasi (hal. 31-37).

Joko Pamungkas adalah pemuda yang lahir di Purwokerto. Pada masa sekolah dasar, rapornya banyak angka merah dan kurang percaya diri dalam pergaulan. Dia tidak memiliki kemampuan public speaking.

Titik balik dialami ketika dia mati-matian berusaha memenangi sebuah kompetisi dan berhasil. Kemudian, kompetisi menjadi candu. Satu demi satu kemenangan diperoleh, termasuk beasiswa ke Jerman.

Manusia tidak mengetahui seberapa dekat jaraknya dengan sebuah keberhasilan, dikisahkan Hadi Susanto. Dia telah mengalahkan mental block yang diciptakan lingkungan, sejak usia dini. “Untuk apa ke kota? Anak petani tentu akan menjadi petani”, begitu kata-akta orang tuanya yang bercerai.

Rumah dan tanah dijual untuk sekolah. Tapi dia pantang menyerah sampai meraih anugerah Ganesha Prize dari ITB Bandung. Kini, dia mengajar pengajar di School of Mathematical Science, University of Nottingham Inggris (hal. 57-61).

Lain lagi cerita Mulya Sitanggang, seorang atlet kempo, peraih medali emas embu beregu SEA Games 2011. Mulya jatuh bangun berusaha mendapat kesempatan ikut SEA Games. Ketika kesempatan itu datang, ibu yang menjadi penyemangat meninggal (hal. 2-12).

Jangan pernah berputus asa terhadap anak. Lihat saja contoh Dhiya Azka Nafisa, seorang bocah pendiam, kurang berinteraksi dengan lingkungan sekolah. Saking malunya, dia hanya menerima pelajaran di balik pintu.

Hebatnya, dia mampu menjadi juara dalam beberapa kontes yang memerlukan kepercayaan diri tinggi (hal. 196-203).

Selalu bersyukur diajarkan oleh Yaya, seorang penderita penyakit jantung bawaan. Pada umumnya, penyakit ini berakhir dengan kematian. Ketika dikaruniai umur panjang, umumnya ada cacat badani dan perlu jiwa besar untuk menjalani hidup. Yaya berhasil melaluinya hingga menjabat direktur dan menorehkan banyak prestasi (hal. 132-137).

Sebuah kisah dari Sukimah Yono. Keterbatasan finansial berhasil melecut Sukimah Yono meraih nilai akademik tinggi, yang mengantarkannya pada pertemuan jodoh. Semangat, konsistensi menjalankan puasa sunah menjadi bagian dalam langkah-langkahnya menuju keberhasilan (hal. 186-193).

Secara keseluruhan, terdapat 35 kisah nyata dalam Catatan sang Pemenang yang inspiratif. Dari kisah yang disuguhkan tampak setiap pemenang harus konsisten, ulet, dan no regret. Meskipun sarat hikmah, buku 320 halaman ini terasa ringan. Bahasanya mengalir, tidak hanya untuk konsumsi orang dewasa, tetapi juga kaum remaja yang mencari inspirasi.(Emy Relastsari - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

Judul

: Catatan Sang Pemenang

Penulis

: Tuti Sitanggang, dkk and , Indscript Creative

Penerbit 

: PT Elex Media Komputindo

Tahun

: 2013

Genre 

: Kisah Nyata

Tebal

: 340 Halaman

ISBN

: 978-6020-209-27-2

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KISAH NYATA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27964071

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit