Agar Bacaan Al-Qur’an Tak Sia-sia Cetak E-mail
(0 votes)

Agar Bacaan Al-Qur’an Tak Sia-siaAl-Qur’an merupakan kalamullah (firman Allah) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw., dan termasuk ibadah bagi yang mau membacanya. Al-Qur’an menjadi sumber utama syariat Islam. Di dalam kitab suci Al-Qur’an terkandung hidayah bagi setiap umat Islam dalam menjalani kehidupan agar selamat sekaligus dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Selama ini, masyarakat pada umumnya hanya mengenal nama Al-Qur’an. Padahal, sejak diturunkan, Al-Qur’an telah mempunyai sejumlah nama seperti; Al-Kitab, Asy-Syifa, Al-Furqan, Adz-Dzikr dan At-Tanzil. Dinamakan Al-Kitab karena Al-Qur’an mengumpulkan dan menghimpun beragam persoalan kehidupan pada masa dahulu, kini, yang akan datang, baik yang gaib maupun yang tampak; yang kecil maupun yang besar.

Dinamakan Asy-Syifa (obat), karena Al-Qur’an dapat menjadi obat bagi beragam jenis penyakit yang menyerang manusia, baik penyakit lahir (fisik) maupun batin (psikis). Zaman dulu, pernah ada sebuah kejadian; seorang tokoh masyarakat tersengat binatang namun tak kunjung sembuh padahal sudah dicarikan beragam obat ke mana-mana. Dan setelah salah seorang sahabat nabi meniup bekas sengatan binatang tersebut dengan membaca surat Al-Fatihah, seketika tokoh masyarakat tersebut sembuh seperti sedia kala.

Dinamakan Al-Furqan (pembeda), karena Al-Qur’an menjadi pembeda antara perkara yang haq (benar) dan perkara yang batil (salah). Dinamakan Adz-Dzikr (pemberi peringatan), karena ayat-ayat Al-Qur’an banyak mengingatkan umat manusia tentang adanya siksa Allah bagi hamba yang mendurhakai perintah dan melanggar larangan-Nya. Dan dinamakan At-Tanzil (yang diturunkan), karena Al-Qur’an memang diturunkan dari Tuhan semesta alam (halaman 5-10).

Al-Qur’an adalah pedoman hidup manusia. Maka secara otomatis seluruh umat Islam dituntut untuk dapat memahami Al-Qur’an dengan baik dan benar. Untuk dapat memahami, seseorang harus mengawalinya dari belajar membacanya. Mulai alif, ba, tsa sampai belajar isi dan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kalau sudah memahami, seseorang dituntut untuk mengajarkannya kepada orang lain.

Untuk memompa semangat belajar Al-Qur’an , seseorang perlu mengetahui fadhilah atau  keutamaan membaca sekaligus mengamalkan Al-Qur’an. Sebagaimana hadits nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari, mengamalkan dan mengajarkannya.” Keutamaan lainnya antara lain; Al-Qur’an dapat menjadi syafaat bagi pembacanya, mendapat pahala berlipat bagi yang mau membacanya, dll (halaman 79-85).

Tak ada kata terlambat untuk belajar membaca kitab suci Al-Qur’an. Bagi yang sudah dewasa atau yang telah berusia lanjut tetapi belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, tak perlu merasa sungkan dan malu untuk belajar kepada yang lebih ahli, semisal dengan memanggil guru ngaji ke rumah. Setelah mampu mmebaca, belajarlah untuk memahami setiap ayat Al-Qur’an dengan cara mengetahui artinya. Toh, terjemah dan tafsir Al-Qur’an telah banyak beredar di pasaran. Selain itu, bila menemui kesulitan dalam memahami Al-Qur’an, hendaknya segera menanyakan kepada ahlinya.

Terbitnya buku ini dapat memberikan motivasi bagi siapa saja yang ingin mempelajari, memahami sekaligus mengamalkan Al-Qur’an. Membaca buku ini, akan semakin menumbuhkan kecintaan kita kepada Al-Qur’an yang menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. (Sam Edy Yuswanto, Kebumen)

 

Judul

: Agar Bacaan Al-Qur’an Tak Sia-sia

Penulis

: Irfan Supandi

Penerbit 

: Tinta Medina

Tahun

: 2013

Genre 

: Islam

Tebal

: 152 Halaman

ISBN

: 978-6029-211-75-7

 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28559957

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit